Home » » Batik Menemaniku Sejak SD Hingga Sekarang

Batik Menemaniku Sejak SD Hingga Sekarang

Written By Planet Pengetahuan on Senin, 28 Januari 2013 | 1/28/2013 01:36:00 PM

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pagi ini lagi browsing kesana kesini, clingukan kesana kesini dan akhirnya berhenti disini hehehe. Ini nih berhenti di pembuatan artikel tentang batik. Tadi waktu browsing tiba-tiba ‘jlep’ baca informasi dari Butik batik  www.berbatik.com yang lagi menyelenggarakan lomba blog tentang "Aku Berbatik". Coba nih liat aja bannernya? Bener kan? Asli gak pake bohong. Bener-bener cinta Indonesia nih hehehehe
 

Ini pertama kalinya ada yang menyelenggarakan lomba blog dengan tema seperti ini. Sumpah aku seneng banget. Ini berarti ada tanda kepedulian yang besar terhadap batik donk dari  Toko batik www.berbatik.com. Selain mereka menjual batik online yang cantik-cantik, mereka juga perduli akan batik itu sendiri. Jadi tak hanya memikirkan soal penjualan aja. Kalian mau lihat berbagai macam batik yang cantik-cantik dengan harga yang terjangkau? Coba deh gabung sama fanspage nya Berbatik di https://www.facebook.com/berbatikcom atau Follow twitter nya https://twitter.com/berbatikcom
 
Dijamin gak bakal nyesel deh. Soalnya batiknya unyu-unyu banget. Harganya juga masih terjangkau kok kalo menurutku. Tenang, tak hanya baju kok. Segala macam barang dengan corak batik juga ada. Misalnya seperti tas. hihihihi malah promo nih.
Aduh aduh intronya kepanjangan ya?? hehehe langsung yuk cap cus ke artikel aja. Ntar pembaca keburu kabur nih gara-gara aku kelamaan berkicau hehehe.
 
Kenalin namaku Agnes Dwi Radiktiani
Kenal gak? Ya kenal donk kan udah nyebutin nama hahaha.

"Awal kenal batik"
Sebenarnya kalau jaman kayak gini masyarakat Indonesia ditanya soal batik, pasti mereka udah pada kenal. Tapi kalo jaman dulu kala bagaimana? Bukan jaman purba hehehehe Maksudnya ketika masih kecil unyu-unyu gitu hehehe. Kayak aku. Ketika waktu aku masih SD, dulu aku mengenal batik dari pelajaran di sekolah. Aku dibekali dengan Sejarah batik, Jenis-jenis batik dan Asal batik itu sendiri darimana. Kalian udah pada tau belum awal mula batik itu sendiri bagaimana?

Sejarahnya sih gini :
batik berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam” yang diaplikasikan ke atas kain untuk menahan masuknya bahan pewarna. Dari zaman kerajaan Mataram Hindu sampai masuknya agama demi agama ke Pulau Jawa, sejak datangnya para pedagang India, Cina, Arab, yang kemudian disusul oleh para pedagang dari Eropa, sejak berdirinya kerajaan Mataram Islam yang dalam perjalanananannya memunculkan Keraton Yogyakarta dan Surakarta, batik telah hadir dengan corak dan warna yang dapat menggambarkan zaman dan lingkungan yang melahirkan.batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motik abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri.

Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari pohon mengkudu, tinggi, soga, nila dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur. Kerajinan
batik ini, di Indonesia telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga kerajaan berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke XVIII atau awal abad ke XIX.batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke XX. Dan batik cap dikenal baru setelah usai perang dunia kesatu atau sekitar tahun 1920. Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam keraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak pengikut raja yang tinggal di luar keraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar keraton dan dikerjakan di tempatnya masing-masing.
Gimana udah tau belum sobat tentang itu?
Ya kalo yang udah tau biar sedikit tambah inget ya hehehe yang belum tau alhamdulillah udah tau sekarang.
Setelah mengetahui sejarah batik, sekarang kita kenalan dulu ya sama ragam batik itu sendiri. Seperti jaman dulu aku SD hehehe.
batik Madura
batik Medan

batik Kalimantan
batik Madura
batik Medan
Macam-Macam batik Kota Batu
Aneka batik Madura
batik Tuban
batik Jayapura
Tuh banyak bukan ragam batik? Dari setiap daerah punya corak sendiri-sendiri. Berati kaya banget ya Indonesia? Nah tak hanya coraknya saja hlo. Tapi juga ada namanya sendiri-sendiri. Ada sesuatu yang menarik sewaktu aku SMK kelas 2. Saat itu aku lagi prakerin. Aku prakerin di kantor Gubernur Jawa Tengah. Sewaktu aku masuk ke kantornya Pak Wakil Gubernur, aku melihat sebuah lemari besar dengan beragam corak dan motif batik disana. Bahkan ada namanya juga hlo. Bagus banget pokoknya. Sayangnya saat itu aku gak sempat ambil fotonya. Jadi gak bisa aku masukin disini deh. Maaf ya?
 
Tapi aku lumayan nambah ilmu tentang batik hlo sobat. Hahahaha nah lho habis nangis terus ketawa. Tak hanya sewaktu SMK aja sebenarnya. Tapi waktu SMP aku juga di ajarkan soal batik yaitu di pelajaran Seni Lukis. Hehehehe disitu aku disuruh gambar batik dengan mencotoh batik asli. Seru sih walau agak sulit hehehe.
Gimana bagus kan?
Kenapa Harga batik Tulis Mahal?
Ada cerita tersendiri sobat. Ketika aku masih SMP dan lagi jalan-jalan ke pasar sama ibuku. Aku bertanya gini "Bu, kenapa ya harga batik Tulis itu mahal banget?"
Ibukku yang lagi sibuk liat-liat batik, cuma jawab "Susah nak bikinnya"
Ya aku tanya lagi donk "Sesusah apa bu?"

Hmm habis itu gak dijawab sama Ibuku gara-gara beliau sibuk nawar. Ya sudah... aku pulang dengan pertanyaan itu di kepalaku. Kalo harga batik cap harganya dibawah harga batik tulis "I know". Aku bisa ngebayangin gimana bikin batik cap, tapi kalo batik tulis belum ada bayangan waktu itu Dan ketika aku kelas 3SMK aku sangat mengerti kenapa harga batik tulis itu mahal. Saat itulah aku belajar langsung cara membuat batik tulis dengan guru Kewirausahaanku.

Ceritanya gini sobat. Aku lagi Ujian Praktik waktu itu. Dan guru Kewirausahaanku yang bernama Bu Sub itu memberikan tugas buat bikin batik tulis satu kelompok berisi 12 orang. Kainnya 2 meter kalo gak salah.  
Itu adalah generasi pertama pelajaran batik tulis di SMK ku. Kalo sekarang udah jadi pelajaran rutin hlo. Dulu sempat diliput juga sama koran Jawa Tengah. Keren kan? hahaha pamer dikit ah. Lihat yuk keseruan SMK ku saat belajar membatik.

Apa saja alat dan bahannya?
Nah saat itu, semua alat udah disipain sama Bu Sub. Kami hanya tinggal pake (tapi tetep bayar donk) hahahaha Masak gratisan terus  
 

  1. Kompor kecil
  2. Canting
  3. Wajan kecil
  4. malam
  5. Kain putih
  6. Pensil

 
 Terus gimana proses pembuatnya?
Ayok kita belajar bersama

Aku masih ingat betul bagaimana cara buatnya sobat. 
Tahap 1 : Jadi awalnya kita buat desainnya dulu di kain putih yang kita miliki dengan pensil yang sudah disediakan. Hahahaha maklum masih awam jadi harus pakai sketsa dulu.

Tahap 2 : Ambil kompor, wajan, malam dan Canting. Nyalakan kompornya, letakkan malam pada wajan dan letakkan wajannya di atas kompor yang menyala. Jangan terlalu besar apinya biar malamnya ndak gosong hehehe

Tahap 3Gunakan Canting yang di dalamnya telah berisi malam cair untuk menggambar sesuai pola yang telah kita buat tadi pada kain putih.

Tahap 4 : Angin-anginkan biar kering.
Eh dulu ada cerita lucu sekaligus menyedihkan lho sobat saat proses ini. Aku dan kelompokku malah menjemurnya di bawah sinar matahari. Alhasil malamnya lumer karena meleleh huhuhuhu. Gagal deh.Tapi kami pantang menyerah dan mulai mencoba lagi. hehehe

Tahap 5 : Saatnya pencelupan hehehe. Disaat inilah kain tadi kita celupkan ke warna yang akan kita gunakan sebagai dasar warna batiknya. Pencelupan ada 2 tahap yakni pencelupan warna dan pencelupan untuk melepas malam yang masih menempel pada kain dengan bahan kimia tertentu. 
  
aku lupa namanya apa hehehe maaf ya.

Foto saat proses pencelupan batik di SMK ku


Tahap 6 : Kalo sudah dicelup, kemudian batik di keringkan.
Tak sampai disitu, setelah dibuat kami juga bertugas buat menjual batik yang sudah kami buat. Dan kepala sekolah kami pun menggunakan batik hasil karya anak SMK kami untuk seragam batik beliau. Hehehe itu bener-bener pengalaman yang luar biasa.
Dan sekarang aku mengerti kenapa harga batik tulis itu mahal. Pelajaran dan pengalaman itu sangat berharga buat aku. Aku bisa langsung merasakan tantangan tersendiri ketika membatik
I love it.
Bagaimana Perkembangan batik Saat Ini ?
Perkembangan batik saat ini sudah sangat WOW. Bahkan ada yang namanya hari batik nasional. Kalian tahu gak kapan hari batik nasional itu ? Pasti udah pada tau kan? HAH Apa ada yang belum tahu?
Hari gini gak tahu? Apa kata dunia? Hahahaha aku hanya bercanda kok. Hari batik jatuh pada tanggal 2 Oktober sobat. Selain hari batik, biasanya sekarang di hari Jumat perusahaan sudah bikin peraturan tentang pemakaian batik di hari itu. Wulalala cethaaar ya sobat?

Pada era yang modern ini, aplikasi batik tak hanya digunakan pada pakaian saja hlo. Bahkan bisa dituangkan dalam kreasi tas, mukena, Sepatu, hingga accesories lainnya. Gak percaya? Mau lihat pernak-pernik cantik dari batik? Coba lihat gambar di bawah ini :
 
Bagus bagus kan? Tertarik gak buat beli? Hehehehe Ini produk dari TOKO batik online http://www.berbatik.com lho. Cucok kan sobat?

Daritadi ngomongin batik, tapi Sudah tahu belum sobat kalo batik sudah ditetapkan sebagai Budaya resmi Indonesia oleh UNESCO hlo?
Jadi beritanya begini :
Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membawahi masalah kebudayaan, UNESCO, telah menyetujui batik sebagai warisan budaya tak benda yang dihasilkan oleh Indonesia. Keberhasilan itu telah dilaporkan oleh Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin.

Menurut Menko Kesra, peresmian batik sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO itu akan diselenggarakan pada suatu rangkaian acara pada 28 September 2009 hingga 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
"Kami telah menerima pemberitahuan dari UNESCO bahwa batik diakui sebagai satu warisan dunia yang dihasilkan dari Bangsa Indonesia," ujarnya.

Warisan budaya tak benda kemanusiaan merupakan satu dari tiga daftar yang dibuat di bawah Konvensi UNESCO 2003 mengenai Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan. Indonesia telah menjadi negara pihak di dalam konvensi tersebut.

Sejak 2008, pemerintah telah melakukan penelitian lapangan dan melibatkan komunitas serta ahli batik di 19 provinsi di Indonesia untuk menominasikan batik sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan dari UNESCO. Menurut Menko Kesra, UNESCO menilai batik sebagai ikon budaya bangsa yang memiliki keunikan serta simbol dan filosofi yang mendalam mencakup siklus kehidupan manusia. "Bukan hanya batik dianggap budaya asalnya dari Indonesia, tetapi diakui sebagai satu representasi dari budaya tak benda dari kemanusiaan," ujarnya.
Sebagai kain tradisional, lanjut dia, batik kaya akan nilai budaya sebagai kerajinan tradisional yang diwarisi secara turun temurun.
Jadi bagaimana? Sekarang sudah tahu bukan sobat? Ini bikin aku tambah bangga jadi anak Indonesia. Kamu udah punya batik belum? Aku udah punya sob.
Berbicara soal perkembangan batik di Tahun 2013 ini sudah kreatif banget ya? Banyak sekali batik yang ditambahkan sentuhan modern di dalamnya. Atau kebalik ya? hehehe Bahkan untuk Gadget pun sudah ada batiknya hlo. Gak percaya? Coba aja lihat di toko-toko sobat. Banyak yang jual tas laptop dengan motif batik, casing HP juga dengan sentuhan batik dan masih banyak lagi.

Jadi masih tidak tertarik dengan batik? Hahahaha makanya yuk capcus langsung belanja batik di Butik batik "Berbatik". Banyak pilihannya disana.
 

Referensi :
batikday
http://www.antaranews.com/berita/1252320992/unesco-setujui-batik-sebagai-warisan-budaya-indonesia
Bagikan Artikel Ini :

28 komentar:

  1. saya pengiiin banget batik dengan motif hewan-hewan yang galak. ada nggak ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg ada kupu-kupu batik...
      klo yg galak sih tinggal yg kingkong batik aja.

      Hapus
    2. hahahahaha kingkong mah serem.. :)

      Hapus
  2. Batik ... saya awam sekali dengan hal ini ... nyimak aja mbak .. sekalian biar tahu apa itu batik dan sejarahnya ... SMK nya kreatif ya ..

    BalasHapus
  3. aku pake batik kalo kondangan doang
    padahal tiap cuti ga pernah bareng sama acara hajatan temen
    makanya aku pake batik ga nemu setaun sekali
    hiks..

    BalasHapus
  4. Panjang banget yah hihi..tapi jadi tahu sejarahnya,lengkap banget.

    Kalo soal batik, saya juga sering pake mba, kalo suruh milih batik, saya seneng yang batik Kalimantan, padahal saya wong jawa hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini aja belum lengkap.. mau saya tambah lagi artiklnya hahaha ada saran?

      Hapus
  5. jadi tau kalau mbatik itu dari penggalan kata amba dan titik dan hasil dari mbatik itu disebut batik tanpa hurup m kayanya gitu y?

    BalasHapus
  6. kalau saya sering pake batik sob, nggak hanya pas kondangan saja, namun untuk sehari hari saya juga sering pakai, sekarangkan sudah banyak batik yang di beri sedikit sentuhan modern....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget.. udah gak kalah sama baju2 tren sekarang.. :)

      Hapus
  7. Setiap daerah mempunyai corak tersendiri ya ? Kalau saya pakai baju batik kadang diledekin teman, katanya bergaya tua :D

    BalasHapus
  8. lengkap banget informasi batik di sini mbak

    BalasHapus
  9. Di hari-hari tertentu kita juga pakai batik kok... Soalnya coraknya mantab

    BalasHapus
  10. wah keren banget artikelnya mbokde.. hehhe semoga bisa menang ya di kontes blognyah.. Amiiin

    BalasHapus
  11. SD sya gk pernah pae bati ,,,, SMP dan SMK az bru pake

    BalasHapus
  12. Pertahankan, batik merupakan busaya yang harus kita jaga, dengan memakainya kita termasuk mencintai budaya sendiri.. sukses ya !

    BalasHapus
  13. Sejak usia dini kita semua sudah mengenakan batik atau dikenalkan dengan busana batik, dari sejak lahir saja pasti kita bisa merasakan seorang ibu menggendong anaknya dengan kain batik, dengan berbagai kebutuhan :) nice posting,www.tinyurl.com/a8s7xh5 <<-- kunjungu yah..
    Sukses.. salam kenal !

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger