Home » » Domain .ID dimata orang Awam Internet

Domain .ID dimata orang Awam Internet

Written By Planet Pengetahuan on Minggu, 03 Februari 2013 | 2/03/2013 12:14:00 PM


Assalamu'alalikum Wr. Wb.

Selamat siang sobat.. Siang ini sebenernya aku lagi ngerjain pekerjaan rutinku sebagai admin di salah satu perusahaan swasta. Dan seperti biasa, karena aku menempati kantor cabang, aku harus mengirimkan laporanku via Email ke pusat. Terus apa? Ya bukan apa-apa sih. hehehe

Nah setelah laporan selesai aku kirim, aku clingukan liat-liat twitter dan aku liat informasi yang menarik hati. Apakah itu? Taraaa... lomba blog dengan tema Penggunaan domain .ID

Aku sebagai seorang yang tak paham benar mengenai domain berfikir untuk mengikuti lomba ini dengan tujuan memberitahukan kepada orang lain tentang penggunaan domain .ID dari kacamata orang-orang awam sepertiku. Walau tak munafik aku juga 'ngiler' ama hadiah yang ditawarkan hehehe.

Baik masuk ke kalimat awal ketika seorang yang tak paham akan domain ditanya "Domain itu apa sih menurutmu?"

Nah lho. Dulu sih aku pernah dapat sedikit penjelasan dari guru internetku. Tapi itu udah lama. Dan jujur aja kalo sekarang aku ditanya seperti itu ya jawabanku cukup sederhana yakni  
"Ya itu tu kayak .com, .co.id , .ac dan bla bla bla bla"

Terus si penanya gak puas ama jawabanku dan ditanya lagi. "Itu kan contohnya. Aku tanya domain itu apa?"

 
"Lha apa? aku mah juga gak tau" jawab orang awam sepertiku.

Belum puas sama jawabannku, si penanya yang jago sama dunia hosting tanya lagi "Kenapa kamu bisa gak tau? Bukannya kamu sering mengakses internet? Emang yang kamu akses itu apa aja?"

 
"Kalo macam orang awam kayak aku ya paling sosial media seperti facebook.com terus twitter.com dan email"

 
"Hari gini kagak ngerti domain? Padahal sering gunain ya?"

Jadi langsung aja ya? Bagi seorang ahli dalam dunia website maupun hosting, domain bukanlah hal baru lagi. Kalo orang awam macam aku hanya tau contoh-contohnya saja. Bukan mengerti tentang arti domain itu sendiri. Dan jujur aku baru ngerti juga setelah ikutan lomba ini hehehe. Jadi bagi kalian yang juga awam soal kayak ginian, kita bisa saling berbagi ilmu.
Lalu apa sih domain itu?
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
sumber: Wikipedia
Jujur sebagai orang awam tetap aja masih gak ngerti karena dalam hal ini setiap kosa kata yang diberikanpun juga masih asing ditelingaku. Maaf ya? Namun yang pasti aku mulai mengerti domain itu dari singkatan-singkatannya. 
Misalkan dari .com itu commercial
.id itu indonesia
.us itu amerika
ya dari seperti itulah aku mengerti.

Tapi berbeda lagi nih dari kacamata orang ahli di dunia website. Jelas ketika dia tahu penuturan orang awam macam aku pastinya ekspresi yang akan dia perlihatkan adalah seperti ini 

 
Ckckckckc..
Bukan. Bukan sesederhana itu sebenarnya.

Nah ini dia waktunya orang yang lebih tau mengubah mainset atau cara berfikir orang-orang awam seperti aku. Aku pernah di protes "Dari tadi sampe sekarang yang kamu sebutin terlebih dahulu itu adalah domain dari negara lain yakni .com"

Ketika mendapat protes seperti itu aku hanya bisa menjawab mungkin karena di telinga masyarakat domain yang paling akrab adalah .com.

Ya memang benar seperti itu. Hal itu tak terbantahkan. Aku ditanya lagi "Sebagai orang yang sering menggunakan email, ketika masuk ke alamat email kamu, kamu gunain .com atau .id?

Aku jawab .id Alasannya adalah ketika menggunakan URL dengan akhiran .id aku lebih paham karena manggunakan bahasa Indonesia.


Itulah jawabannya.

Jadi orang awam macam aku sekarang baru sadar, ketika mengakses alamat semisal email seperti hal nya Yahoo. Yahoo ada 2 yang aku kenal. Yakni yahoo.com dan yahoo.co.id
Ketika aku mengakses yahoo.com yang muncul adalah tampilan yahoo dalam bahasa internasional karena memang itu adalah domain commercial. Berbeda halnya ketika aku mengakses yahoo.co.id maka yang akan muncul adalah yahoo dalam bahasa Indonesia.

Aku bukan sedang promosi kok. Ini adalah cntoh yang paling mudah membuat orang awam sepertiku mengerti akan domain.
Untuk lebih memahaminya, aku mencoba mencari jasa web hosting. Dan ternyata ketika aku lihat, di dalam website yang aku singgahi, ada 2 macam domain yakni :
  1. Domain Nasional
  2. Domain Internasional
Lalu aku mulai cari tahu satu persatu dimulai dari Domain Nasional. Coba lihat macam-macam nama Domain Nasional. Yakni .ID


Bisa kita lihat satu persatu. Pada gambar di atas semuanya berakhiran .ID. Itulah ciri domain nasional kita yakni Indonesia. Sedangkan untuk macam-macam domain internasional bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Nah pertanyaannya sekarang adalah kenapa aku harus repot-repot menyebutkan nama domain internasional padahal yang akan kita bahas adalah Domain Nasional yakni .ID
Mudah saja. Jawabannya adalah :

"Jika domain diibaratkan sebagai sebuah buku, maka kalian tak akan melihat indahnya domain tersebut jika kalian hanya melihat Cover nya tersebut tanpa membaca isi dari buku tersebut. Namun ketika kalian sudah membaca isi buku tersebut, kalian akan tersadar bahwa seindah-indahnya isi buku yang kalian baca, masih lebih menarik COVER dari buku tersebut"

Jadi maksudku adalah COVER itu diibaratkan domain .ID sedangkan isinya adalah domain internasional. Ketika kita hanya melihat dan mengetahui domain Nasional saja tanpa mengetahui domain internasional, kalian tak akan mengerti akan kelebihan domain nasional.
Jadi inilah alasan kenapa aku juga mengusung sedikit penjelasan tentang domain internasional.

Baiklah mari sekarang kita mulai membahas tentang Domain Nasional yakni .ID

Macam-macam domain .ID

1. .co.id

Domain .co.id biasanya digunakan oleh perusahaan swasta yang memiliki badan hukum yang legal, persyaratan untuk registrasi domain .co.id berupa KTP, NPWP, SIUP, dan surat pendaftaran merk atau hak paten jika digunakan untuk menjual produk yang diproduksi sendiri

2. .go.id
Domain .go.id digunakan oleh instansi pemerintahan atau institusi milik pemerintah resmi persyaratan yang dibutuhkan untuk registrasi domain .go.id adalah SK dari kepala instansi atau pejabat setara eselon 2, struktur organisasi dari isntansi tersebut dan nama instansi harus dijadikan sebagai nama domainnya contoh kemdiknas.go.id merupakan domain milik kementrian pendidikan nasional

3. .ac.id
Domain .ac.id biasanya digunakan untuk lembaga pendidikan atau kursus dengan jenjang minimal setara diploma 1, contoh ui.ac.id merupakan domain Universitas Indonesia. Untuk domain ac.id dibutuhkan surat izin berupa SK pendirian lembaga dari Kementrian Pendidikan Nasional, SK Rektor, surat kuasa dari rektor dan KTP penanggung jawab domain.

4. .net.id
Domain .net.id dipergunakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasi yang legal atau memiliki izin, untuk proses registrasi diperlukan salinan izin penyelenggaraan jasa telekomunikasi dari pemerintah dan KTP penanggung jawab domain

5. .or.id
Domain .or.id digunakan untuk organisasi atau komunitas resmi yang memiliki izin. Dibutuhkan surat izin organisasi dn KTP penanggun jawab domain saat proses registrasi

6. .sch.id
Domain .sch.id digunakan oleh lembaga pendidikan setingkat SD-SMA, penggunaan domain .sch.id memerlukan surat pengajuan resmi dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dan KTP penanggung jawab domain

7. .web.id
Domain .web.id dipergunakan untuk pemilik website atau blog pribadi, tidak diperlukan surat izin apa-apa dalam penggunaannya harga sewanyapun relatif murah yaitu 25-30 ribu setahun. Hanya dibutuhkan KTP dari pemilik website atau blog tersebut.

Nah untuk persyaratan yang lebih detail sendiri, aku juga baru mengetahuinya dari website resmi PANDI disini http://pandi.or.id/index.php/domain/biaya-dan-persyaratan


Inilah domain kita. Harusnya kita bangga kalo punya domain .ID. Aku punya pengalaman unik nih seputar domain. Dulu aku pernah ikut lomba blog. Nah Alhamdulillah sih dapat hadiah hosting gratis + Domain selama 1 Tahun.
Aku coba minta domain .co.id karena sepertinya artikel dan informasi yang akan berikan adalah dengan bahasa Indonesia. Tapi dipersulit. Katanya lebih mudah .com. Yah karena sebel akhirnya sampai sekarang domain tersebut nganggur deh. Padahal yang mengadakan adalah orang Indonesia sendiri hlo. Sayang memang ya? Tapi mau gimana lagi hehehe. 

Nah ada berita menarik hlo sobat mengenai perkembangan penggunaan domain ID. Gini berita yang aku baca di http://inet.detik.com/read/2012/12/22/131002/2125196/398/pengguna-domain-indonesia-diklaim-meningkat-pesat :

Pengguna Domain Indonesia Diklaim Meningkat Pesat

Jakarta - Pertumbuhan internet yang pesat di Indonesia juga berdampak pada meningkatnya nama domain Indonesia, .id. Menurut catatan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), hingga 19 Desember 2012 terdaftar 103.882 nama domain. Jumlah ini melonjak 62,5 persen dari jumlah domain .id akhir tahun 2011 sebesar 63.930 domain. Angka tersebut menurut PANDI sangat luar biasa, bahkan bisa dikatakan sebagai rekor tertinggi dalam sejarah pertumbuhan domain .id. "Kami berharap dalam satu tahun ke depan domain .id dapat melewati jumlah domain negara-negara lain di Asia Tenggara," kata Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah. Di 2013 PANDI memperkirakan jumlah pengguna domain .id akan kembali meningkat, setidaknya tumbuh sampai 170% hingga akhir 2013 mendatang.

"Akan terdaftar sekitar 300 ribu nama domain," tambah Andi, dalam keterangan yang diterima detikINET, Sabtu (22/12/2012).

Di penghujung 2012 ini, PANDI juga merilis dua Second Level Domain (SLD) baru, biz.id, dan my.id. Domain biz.id ditujukan untuk kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sedangkan my.id ditujukan untuk pengguna personal. Satu bulan sejak dirilis, tercatat pendaftaran 216 domain biz.id dan 586 domain my.id.
 ***
Terus di berita TV pun tak kalah heboh beritanya :

Liputan6.com, Jakarta : Melonjaknya jumlah pengguna internet di tanah air juga berdampak pada pertumbuhan nama domain .id (dot id) di Indonesia. Tercatat hingga 19 Desember 2012, ada sebanyak 103.882 nama domain yang telah terdaftar.
Menurut Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), jumlah ini melonjak 62,5 persen dari tahun sebelumnya. Di akhir tahun 2011, jumlah domain dot id tercatat hanya mencapai 63.930 domain.
Chairman PANDI Andi Budimansyah, dalam jumpa pers siang tadi di Jakarta, Jumat, (21/12/2012) mengatakan, kenaikan nama domain tahun ini adalah yang tertinggi sepanjang sejarah domain .id.
"Kami berharap dalam satu tahun ke depan doamin .id dapat melewati jumlah domain negara-negara lain khususnya di Asia Tenggara," ujar Andi.
Di penghujung tahun 2012 ini, PANDI juga meliris dua nama domain baru yaitu biz.id, dan my.id. Domain biz.id ditujukan untuk kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sedangkan my.id ditujukan untuk pengguna personal. Sampai saat ini tercatat sudah lebih dari 216 domain biz.id dan 586 domain my.id yang terdaftar sejak diliris satu bulan lalu.
Dalam kesempatan lain, Andi juga menyampaikan bawha perpindahan sistem registry dari Single Point Registry System (SPRS) menjadi Shared Registry System (SRS) akan selesai sepenuhnya pada 31 Desember 2012. SPRS adalah sistem yang menggabungkan fungsi registri dengan fungsi registrar. Dengan perubahan ke sistem SRS, PANDI tidak lagi melakukan fungsi registrar dengan menjual domain. (UBD/DEW)

Kalau mau baca langsung di sumber beritanya bis nih http://tekno.liputan6.com/read/472674/akhir-tahun-pengguna-domain-id-tembus-100-ribu

Masih kurang? Lihat beberapa hasil pencarianku di mesin pencari mengenai perkembangan domain .ID ini
Gimana? Pengguna domain .ID sudah sangat besar hlo. Gak perlu takut dan bingung buat gunain domain ini.

Jadi intinya aku sebagai orang awam yang baru ngerti, sekarang udah mulai paham. Nah setelah mengetahui akan fakta tersebut, aku berifikir berarti kalo seandainya aku buat domain dengan .ID itu berarti aku cinta produk Indonesia ya? :D Ya kan? Ini namanya cinta sama produk dalam negeri. Aku juga patut bangga karena memiliki ciri khas sendiri. Menggunakan bahasa ibu dalam menulis artikel di website itu. Terus ada nilai plus plus nya lagi nih. Berarti ntar setiap artikel yang aku buat sasarannya bisa tepat ya ke orang Indonesia ^^. Oke deh. Yuk cap cus.. Siapa mau ngikut?

Semoga artikelku yang sederhana ini bisa bermanfaat ya buat semua.
Wassalamu'alalikum Wr. Wb.
Bagikan Artikel Ini :

6 komentar:

  1. kebetulan q pake .co.id wah ane cinta bnget ma indo berati.. hehehe

    BalasHapus
  2. Wah mentep nih, next posting bahas hostingan ya ? ditunggu

    BalasHapus
  3. ass
    maaf baru sempet kesini lagi apa kabarnya nih

    BalasHapus
  4. wahh mantap, itu gimana daftarnya?

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger