Home » » Kelebihan dan Kekurangan Website Liputan6.com

Kelebihan dan Kekurangan Website Liputan6.com

Written By Planet Pengetahuan on Senin, 03 Juni 2013 | 6/03/2013 08:10:00 PM

Liputan 6, aku memang sering melihat secara langsung acara berita yang satu ini di SCTV. Tapi melihat antusisme masyarakat yang sekarang tak pernah lepas dari internet, aku pun menjumpai situs yang satu ini di dunia maya ini. Well , banyak hal yang patut di acungi jempol. Awal kata akan aku bahas berkaitan dengan Mobile. Kenapa? Karena lebih banyak orang yang membuka internet dengan menggunakan gadget HP mereka. Dan Liputan6 mengerti akan hal yang satu ini. Yang kedua akan aku bahas mengenai desain dari website http://www.liputan6.com/ . Kemudian yang ketiga adalah tentang isi berita yang aktual, tajam dan terpercaya. Berita terbaru, Berita terkini dan Berita hari ini ada disini.

Kelebihan

Baiklah masuk kelebihan-kelebihan dari http://www.liputan6.com/ . Dimulai dari yang pertama yakni :

1. Pengunjung Via Mobile Patut Tersenyum

Tahu gak kenapa? Karena http://www.liputan6.com/ menyediakan zona khusus untuk para pengunjung yang berasal dari mobile. Sepertinya pihak Liputan6 sendiri sudah mengetahui fakta yang satu ini yakni :

Pada tahun 2013, jumlah pengguna Internet di ponsel dan di PC akan bersinggungan hingga mencapai angka 1,6 miliar unit namun angka pengguna ponsel akan terus bertambah pada tahun yang sama hingga jumlahnya jauh melampaui pengguna PC. Dan menurut analis tersebut, diperkirakan bahwa pada tahun 2015 nanti, pengguna ponsel akan mencapai 2 miliar unit sedangkan pengguna PC hanya mencapai 1,7 miliar unit saja. Prediksi ini cukup masuk akal mengingat perangkat ponsel saat ini telah mendukung koneksi Internet berkecepatan tinggi dan memiliki mobilitas yang jauh lebih fleksibel dibanding perangkat PC. Sedangkan untuk Indonesia sendiri Indonesia, menurut data dari Nielsen, Indonesia adalah negara jumlah pengakses Internet via handphone cukup tinggi. 48% pengguna Internet di Indonesia mengakses Internet melalui handphone. Dan, selain melalui handphone, terdapat 13% pengguna Internet di Indonesia yang mengakses Internet melalui perangkat mobile non handphone (seperti tablet).

Melihat fakta tersebut, Liputan6 ternyata sudah menyediakan fasilitas khusus untuk pengguna mobile yakni m.liputan6.com
 
Dengan adanya fasilitas yang satu ini, diharapkan pengunjung yang hanya mengakses internet melalui mobile juga mendapatkan hak yang sama dengan yang mengakses via PC yakni berita terkini. Setelah mencoba mengakses fitur yang satu ini, ternyata loadingnya sangat cepat sehingga aku tidak perlu menunggu berlama-lama untuk mengetahui berita hari ini melalui website Liputan6.

2. Desain yang Elegan

Kenapa aku bilang elegan? Dengan di balut warna putih sebagai background, pengunjung betah berlama-lama disini. Mata pun tak akan menjadi cepat lelah. Dengan background warna putih menjadikan semua warna bisa masuk ke website yang satu ini. karena seperti yang kita ketahui warna putih adalah warna netral.

Desainnya tidak ribet dan fokus terhadap konten dan isi yang disajikan.Penggolongan dalam setiap halaman pun juga rapi. Pengunjung menjadi begitu mudah memilih halaman apa yang menjadi favorit mereka. Jika aku perhatikan, background warna putih memang menjadi salah satu ciri khas sebuah website portal berita. Baik nasional maupun internasional. Mungkin dengan desain yang simple ini dimaksudkan agar website tidak menjadi terlalu berat dan semua warna bisa masuk ke dalamnya sehingga antara foto yang dipasang dengan background website tidak akan berbenturan dan menjadi sinkron. Warna putih juga membuat pengunjung fokus terhadap konten yang ada.

Dengan menggunakan warna biru untuk headline terkesan santai dan mata juga tidak capek jika melihatnya terlalu lama. Satu hal yang menjadi kelebihan disini, yakni Sistem Freeze yang digunakan untuk halaman. Tahu gak maksudnya? Silahkan buka dulu http://www.liputan6.com/ . Kemudian scroll ke halaman paling bawah. Dapat kita lihat menu utama masih muncul di bagian atas halaman. Dalam excell aku mengenalnya sebagai istilah Freeze. Dengan menggunakan sistem seperti ini, pengunjung tidak perlu harus menarik scroll ke atas untuk memilih menu lainnya.

3. Isi dan Konten Liputan6

Kenapa aku harus menjelaskan tentang isi dan konten Liputan6? Tentu itu terbesit dalam benak kalian bukan? Hampir setiap portal berita pasti memberikan isi dan konten yang sama. Tapi berbeda dengan Liputan6.com. Kenapa? 

A. Secure untuk Konten Dewasa
Sebab untuk website Liputan6, aku dikejutkan oleh tampilan pelindung alias keamanan yang dimiliki saat membaca sebuah artikel tentang kesehatan.


Dengan adanya sistem secure atau peringatan ini diharapkan tidak semua kalangan bisa mengakses halaman ini meskipun sebenernya masih ada kekurangan karena hanya dengan menekan tombol lanjutkan, usia berapapun juga tetap bisa mengakses halaman ini. Tapi patut diacungi jempol juga karena ada peringatan dini sebelum akhirnya dibaca oleh anak di bawah umur. 

B. Live Streaming
Melalui website ini, kita bisa langsung langsung terkoneksi dengan acara siaran langsung  Liputan6 di SCTV.


Walaupun ada TV Streaming, namun masih terlalu berat ketika aku hendak mengaksesnya sebab setelah aku coba ternyata butuh loading yang lama dan agak sulit menemukan sinyal.


C. Adanya Space untuk Jurnalis Warga

Space ini bernama Citizen6. Dengan adanya space ini diharapkan dapat menjadi wadah para jurnalis yang berasal dari warga biasa untuk belajar menulis dan berbagi kreatifitasnya melalui artikel nya di website Liputan6.

D. Update Berita Terkini Secepat kilat.
Yang harus di acungi jempol adalah update artikelnya yang cepat. Berita terkini, aktual dan terpercaya bisa langsung bisa kita akses. Karena yang terpenting dari sebuah portal berita adalah Update, Aktual, tajam dan terpercaya. Seperti halnya semboyan nya Liputan6 : "Aktual, Tajam, Terpercaya" Berita terkini Liputan6.com  . Untuk masalah berita, artikel dan konten yang disajikan tidak ada kekurangannya sih hehehe. Tapi kalau aku boleh ngasih saran nih ya, kalau misalnya diberi sebuah konten tentang bedah kasus atau mungkin sarana apa gitu biar ada komunikasi antara admin Liputan6 dengan pengunjung secara langsung   mungkin lebih bagus kali ya? Jadi selain pengunjung mendapatkan inormasi, pengunjung juga bisa secara langsung memberikan masukan tentang topik yang saat itu sedang dibahas. Jadi istilahnya kalau di berita TV itu via telfon, kalau ini via komen hehehe.

Kekurangan 

1. Loading Website Yang Lambat

Awal masuk ke tampilan homepage dari http://www.liputan6.com/ , aku sedikit bingung, tahu kenapa? Karena sebagai seorang pencari informasi yang pertama kali dibutuhkan adalah kecepatan akses internet. Namun ketika aku memasuki website http://www.liputan6.com/, aku membutuhkan waktu yang cukup lama hingga semua homepage terbuka sempurna.
Aku berfikir, "ini yang lemot koneksi internetku atau memang web nya yang terlalu berat ya?"


Akhirnya aku coba cek kecepatan akses website Liputan 6 dengan menggunakan 5 website pengecek kecepatan loading sebuah website. Dan ternyata memang hasilnya tepat seperti dugaanku, selain koneksi internet ku yang lemot hehehe ternyata website Liputan6 kontennya terlalu berat sehingga menjadikan loadingnya agak lama. Coba lihat hasil tes loading Liputan6 di bawah ini.

Hasil pengujian pertama "6.44 detik"

Hasil pengujian kedua "7.3 detik"

Hasil pengujian ketiga "3.45 detik"
Hasil pengujian ke empat "10.65 detik"
Hasil pengujian kelima "2.31 detik"
Hasil dari setiap pengujian loading website memang tidak pernah sama, bahkan ketika aku mencoba dengan software yang sama pun juga bisa menghasilkan kecepatan yang berbeda. Tapi rata-rata memperlihatkan lebih dari 5detik. Itu tandanya jika dibandingkan dengan website penyedia informasi berita lainnya, Liputan6 masih harus menurunkan sekitar 2 detik loading blog nya. Sebab identiknya sebuah loading website terkenal hanya membutuhkan waktu sekitar 3 detik untuk di akses. Meskipun sebenarnya hasil kecepatan juga tergantung oleh kecepatan akses internet kita. Tapi yang perlu diingat disini adalah :
"Setiap pengunjung website Liputan6 datang dari berbagai kalangan dan koneksi internet. Tidak semuanya memiliki kecepatan tinggi sehingga aksesnya pun cepat. Oleh sebab itu hal yang patut diperhatikan disini adalah mengenai masalah loading web nya. Semua pengunjung tentunya membutuhkan kecepatan akses sehingga informasi yang mereka butuhkan bisa cepat didapatkan tanpa harus menunggu terlalu lama."


Aku coba deh ganti koneksi internet dengan menggunakan jaringan yang lain dan alhamdulillah sudah mau terbuka sempurna nih homepage nya. Tapi untuk pengunjung yang lain yang memiliki koneksi internet seperti aku yang pertama tadi mohon agak bersabar ya? Pastikan kamu tidak membuka terlalu banyak halaman sehingga akses bisa lumayan cepet. Itu saranku hehehe.

Jadi mohon untuk Liputan6 agar memperhatikan hal yang satu ini. Meski tampilan sebuah website itu penting, namun yang tak kalah penting adalah kecepatan dari loading website itu sendiri. Mungkin bisa dengan memperkecil ukuran gambar atau apa gitu. Atau dengan kemunculan double konten menjadikannya agak berat.

Bisa kita lihat pada gambar di bawah ini, ada menu utama "Foto" namun di bagian bawah halaman juga ada ringkasan atau panel foto. Mungkin harus ada yang mengalah hehehe. Biar lebih ringan gitu halamannnya.

2. Kotak "Pencarian" di Website Terlihat Aneh

"Haaa?? Ini kotak pencarian untuk keyword tertentunya dimana? Masak ini? Kok mini banget?"

Mengingat akan fakta yang pertama tadi, apa mungkin ini karena koneksi internetku? Tapi sepertinya bukan. Coba deh lihat tampilan kota pencarian di bawah ini :


Tak dapat dipungkiri, sebenarnya ini adalah masalah kecil namun sangat berpengaruh. Kotak pencarian itu sangat penting bagi sebuah website. Perlu kita ingat bahwa ada kalanya pengunjung mencari infromasi berdasarkan keyword yang ia butuhkan. Tapi kalau pengunjung melihat kotak pencarian yang terlalu kecil dan bahkan terkesan terpotong, tentunya akan menjadikan kesan yang tidak baik. 

Aku coba beralih ke halaman lain untuk melihat apakah hal itu terjadi di semua halaman. Dan yang lebih parah ternyata saat aku coba mengakses halaman bisnis kotak pencarian tidak muncul. Ini sebenernya yang salah internet ku atau emang tampilah Liputan6 ya? hehehe.

Baiklah jika memang ini masalah pada koneksiku mohon untuk pihak website Liputan6 agar tampilan website bisa support untuk semua kalangan pengunjung. Tapi setelah aku coba lihat ke artikel tetangga yang mengulas tentang tampilan web Liputan6 , ternyata pada screenshot yang mereka ambil saat masuk ke halaman awal website ini, hal yang sama terjadi. Meski kotak pencarian terlihat agak lebih lebar dari yang aku lihat, tapi entah kenapa aku melihat sepertinya ada kesan terpotong pada kotak pencarian tersebut. Jadi saran keduaku adalah :
"Tolong dong agar dibikin gimana caranya supaya seluruh tampilan pada website Liputan6 support untuk semua jenis browser. Jadi pengunjung tidak terkesan dibeda-bedakan. Salah satunya tampilan kotak pencariannya"

3. Tampilan untuk bagian yang satu ini terlihat berjubel


Melihat tampilan demi tampilan memang sepertinya sudah bagus, tampilan yang fokus konten dan tidak menggunakan background yang mencolok membuat aku betah melihat dengan sangat detail setiap tampilan dari website Liputan6. Tapi tiba-tiba mata ku agak terganggu dengan tampilan link-link seperti gambar di bawah ini :


Pada bagian yang aku beri tanda kotak warna melihat, bisa kita lihat bersama bahwa teks terlihat berjubel sehingga terkesan menabrak garis pembatas. Jika kita bandingkan dengan bagian atas dan bawahnya, bisa kita lihat mungkin itu adalah pengaruh karena adanya gambar yang ikut dimunculkan. Namun alangkah lebih baik jika teks dibuat seragam saja jika 2 baris, semuanya dibuat 2 baris saja agar tidak terkesan berjubel dan menabrak pembatas. Coba tengok lagi pada bagian yang lain.


Kalau pada gambar di atas, malah terlihat lebih aneh. Yang satu ada 3 baris dan yang satu 2 baris. Padahal sama-sama ada gambarnya. Jadi intinya untuk yang ketiga aku harap di samakan settingannya ya untuk link-link yang memang dibuat seragam agar terlihat lebih rapi.

4. Halaman Baru yang terbuka di tab yang sama saat mengklik suatu headline atau berita di beranda mengurangi kenyamanan dalam membaca berita

Kenapa aku bilang begitu? Alasan pertama tentu saja ketika aku membaca sebuah artikel dan belum selesai membacanya , kemudian aku melihat ada artikel yang menarik lagi, dengan sigap pun aku langsung mengklik artikel yang baru itu berharap selagi aku membaca yang satu ini, halaman baru yakni artikel yang aku harapkan akan selesai loading ketika aku selesai membaca akan terbuka. Namun yang terjadi adalah,halaman tersebut terbuka di tab yang sama dengan yang aku buka. Ini menyebabkan aku harus melakukan klik kanan "Open link in a new tab" agar tidak mengganggu halaman yang sedang aku baca.


Oleh sebab itu alangkah baik jika yang disebut halaman "Ketika halaman tersebut di klik maka akan masuk ke tab baru bukan di tab yang sama ( atau tidak dalam satu halaman yang sama)". Sebab setelah aku teliti ulang untuk halaman-halaman di bawah ini ketika di klik akan masuk di halaman yang sama. Halaman tersebut yakni :

  • Home
  • News
  • Bisnis
  • Bola
  • Showbiz
  • Tekno
  • Health
  • Foto
  • Video
  • Streaming
  • Index

Sedangkan untuk halaman deal akan membuka ke halaman.

5. Buat halaman Untuk Berita Internasional

Kenapa aku bilang begitu? Sebab, meskipun hampir seluruh artikel menggunakan bahasa ibu yakni bahasa Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan jika orang Indonesia juga ingin mengetahui berita aktual dari Negara lain.

Sekian untuk kritik dan sarannya hehehehe. Kalau bisa, buat donk zona spesial untuk para blogger agar para blogger bisa berkumpul dan membagi artikel yang mereka buat di website terkenal seperti Liputan6. #NGarep hehehe. 

Bagikan Artikel Ini :

46 komentar:

  1. Iya Mbak, sama kayak website2 warta digital lainnya seperti Kompasiana, blog detik, Viva Log, semoga ϑĭ website Liputan 6 bisa untuk share para blogger. Terima kasih sharenya Mbak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin... :) mksh ya udh dateng hehehe

      Hapus
    2. Saran dan kritiknya untuk web SCTV ok punya.

      Hapus
    3. hahahah... kalo membahas soal kelebihannya terus,, ntar web nya gak maju2.. jadi di kasih saran aja.. :) biar semakin bagus kedepannya

      Hapus
  2. maaf lama nggak kesini. soalnya kalo ketuk pintu, yang keluar malah Mas Boku. nahh, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha itu namanya salah alamat.. :)

      Hapus
  3. Website SCTV ini memang punya arti sendiri buat saya. Insya Allah akan saya teruskan dalam artikel atau tulisan yang akan datang. Satu catatan buat saya adalah speed atau kecepatan loading memang berpengaruh juga terhadap pengunjungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul banget tuh mas.. kalo udah kelmaan dibuka, keburu pengunjung lari hahahaha

      Hapus
  4. komplit banget,infonya kak,,,,
    makasih

    BalasHapus
  5. kalau saya masih sering liat yang detiknews...cepet loadingnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku cewek.. jangan panggil mas donk hehehehe

      Hapus
  6. wah bener sob.. template mobile nya ringan di akses.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip deh... hehehehe tapi kalo web nya masih agak berat

      Hapus


  7. semakin bertambah umurnya di bln lalu..liputan6...semakin tajam dan terpacaya :)

    BalasHapus
  8. emmm itu ya mbak kelebihan n kekurangannya??
    terima kasih udah share :)
    hehe tapi biasanya WS mah jarang perhatiin hal-hal yg seperti di atas itu ketika buka web/blog di hp..karena mang ga ngerti :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha... berati HP nya canggih tuh.. :D

      Hapus
  9. Saya belum pernah ke Website SCTV , alasannya yaitu, internetku olala -olili.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama punyaku donk lemot? hehehehe unlimited

      Hapus
  10. portal berita yang saya kunjungi kalo gak detik, tempo, ya liputan6 ini.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip deh... moga ntar admin bisa mempercepat lading web nya.. :)

      Hapus
  11. kalau saya belum pernah berkunjung ke liputan 6, gak menjual banget sih websitenya, kalah marketing sama detik viva dan kompasiana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dalam hal ini marketing online juga harus pandai2 promosi... mungkin ini salah satu cara promosinya.. dengan ngadain lomba blog hahahaha

      Hapus
  12. weehh iya ya , aku jarang mengunjungi situsnya , langsung aja liat ti TV atau youtub xixix :D

    BalasHapus
  13. ini lengkap banget. semua memang punya kekurangan dan kelebihan. selamat ya

    BalasHapus
  14. wuih, benar2 seorang reviewer,, detail bgt,,

    BalasHapus
  15. wah koq tau sih sob,
    http://samboedy.blogspot.com/search/label/online%20business

    BalasHapus
  16. Mbak kalau ngecek kecepatan load blog itu jangan pakek 5 tool di atas, karena yang mereka ukur kurang luas cakupannya. Coba mbak pakek gtmetrix.com dan lihat hasilnya, makan mbak akan melihat hasil nyata dari ukuran blog mbak. :D

    Coba mbak buka link ini, ini hasil tes blog saya:
    http://gtmetrix.com/reports/remaja-muslim.com/SNWbqFr0

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh buat masukannya. kmrn aku coba kok gak bisa ya ? hehehe

      Hapus
  17. Review yang sangat bagus. Lengkap dan kritis :D

    BalasHapus
  18. Bagus bgt mba artikelnya, lengkap. terutama yg kritiknya itu bagus. Lg ga mood aj sebagus ini, apalagi kalau lg mood nih heheheehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah ngrasa kayane aku kebanyakan ngritik yak? hehehe moga Liputan6 gak marah.. :D

      Hapus
  19. wew.....
    masih bengong g bisa berkata apa pa
    *takjub
    ini artikel komplit banget, calon juara nih
    ane setuju dengan point kelebihan yang no 2
    dengan adanya menu yang ikut turun kebawah jadinya ga usah capek2 lagi scroll ke atas he he
    semangat sista....

    salam sukses dan hoki

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah si agan bikin aku melayang aja nih.. hehehe

      Hapus
  20. mbak aknes emang top deh dah beberapa kali menang lomba

    BalasHapus
  21. Selamat ya gan, atas prestasinya :)
    Memang review yang agan buat sangat lengkap. .
    Sukses selalu ^^

    BalasHapus
  22. Selamat ya, telah menjadi salah satu pemenang. Sukses selalu.

    BalasHapus
  23. kritikannya mantabh dan kalo bisa di sedrhanakan kodingnya atau apanyalah jadi bisa ringan blognya....

    BalasHapus
  24. Produk dijamin asli
    TILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://tilla-shop.blogspot.com/
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    Dijual

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 - Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
    Rp.450.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 - Black
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Acer Aspire S3-951-2364G34iss
    Rp. 1.200.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mm
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger