Home » » PENGENALAN PHOTOSHOP

PENGENALAN PHOTOSHOP

Written By Planet Pengetahuan on Rabu, 09 Mei 2012 | 5/09/2012 10:43:00 PM


Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak atau program yang bekerja pada system operasi komputer. Program ini umumnya digunakan untuk memanipulasi gambar dan warna pada foto. Foto yang saya maksud di
sini tentunya bukanlah foto yang sudah tercetak pada kertas, tapi masih berupa citra digital dengan ekstensi; jpeg, bmp, png, gif, tiff, eps, raw, psd, pcx, dan masih banyak lagi. Hampir semua ekstensi file foto bisa dibaca dan diolah pada Photoshop, kecuali beberapa ekstensi file buatan para kompetitor.

Photo Editing Sederhana dengan PHOTOSHOP

Keberadaan Photoshop semakin popular setelah beralihnya dunia fotografi dari kamera roll film ke kamera digital. Saya ingat bahwa dulu saya harus minta tolong kepada tukang cuci cetak foto agar foto-foto saya yang under (kekurangan cahaya) dibuat menjadi lebih terang. Itu dulu saat kamera masih menggunakan film negatif. Sekarang, yang saya lakukan adalah memindahkan file foto dari kamera ke komputer, mengeditnya sesuka hati dengan Photoshop dan mencetaknya dengan printer foto.

Roll negative film atau biasa disebut klise foto adalah media penyimpan citra gambar untuk kamera analog sebelum zamannya kamera digital. Pada waktu itu kita harus memilih; roll film untuk foto berwarna atau hitam putih. Lalu kita juga harus memilih ASAnya dan juga memilih jumlah isinya; isi 36, untuk maksimal 36
shoot, isi 24 atau isi 18 untuk setiap roll-nya. Sekarang kita hanya perlu membeli sebuah Memory Card berdaya simpan sekian GB dan isinya bisa dihapus dan diisi ulang kembali berkali-kali sehingga tidak perlu membeli Memory Card yang lain.


Saat ini boleh dibilang saya sudah kecanduan dengan Photoshop.Semua foto hasil jepretan saya tidak akan pernah dicetak sebelum melalui proses editing dengan Photoshop, walaupun mungkin yang saya lakukan hanyalah sekedar menaik-turunkan brightness dan contrast (cahaya dan ketajaman).


Tetapi, walaupun kecanduan, saya bukanlah seorang pakar fotoediting. Masih banyak Graphic Designer dan Photo Retoucher lain yang jauh lebih baik dari saya, yang hasil karyanya membuat saya selalu terpesona.
Seperti anda, saya juga masih belajar dan mencoba-coba. Semoga suatusaat kita bisa bertukar pikiran untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Apakah anda sekarang sudah mengerti tentang Photoshop dan
kegunaanya? Apakah penjelasan saya cukup mudah dipahami? Jika ya, kita lanjutkan dengan bab berikutnya.





Bagikan Artikel Ini :

3 komentar:

  1. Lumayan, untuk skedar ganti background, ganti wajah, dll . . . .

    Just Share . . .

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat sekali, thanks sharenya, sob.
    http://samboedy.blogspot.com/search/label/online%20business

    BalasHapus
  3. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............





    agen tiket murah

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger