Home » » Indahnya Arti Bacaan Shalat

Indahnya Arti Bacaan Shalat

Written By Planet Pengetahuan on Jumat, 16 November 2012 | 11/16/2012 11:28:00 PM

Assalamualaikum Wr. Wb

Mari kita meninggalkan duniawi sejenak.
Selamat malam sahabat semua. Malam ini aku menangis. :'( Bukan karena masalah yang menimpaku di dunia ini namun karena hinanya aku di hadapan Allah SWT. Bodohnya aku hingga aku melupakan makna dan arti dalam tiap - tiap bacaan shalat. Sekarang aku mengerti kenapa aku tak pernah mersakan kekhusyukan dalam shalat. Jawabannya adalah karena aku tak bisa menjiwai arti dalam setiap bacaan shalat yang aku ucapkan. Kata demi kata yang terucap tak aku mengerti. Aku menyesal sekali. Alhamdulillah akhirnya kini aku bisa merasakan bagaimana indahnya shalat yang khusyuk itu dengan mempelajari PER KALIMAT dari masing-masing doa yang aku ucapkan. Mungkin aku belum sempurna namun semoga bisa. 

Jadi sekarang siapa dari kalian yang ingin menangis setiap kali membaca doa-doa dalam shalat?  Siapa yang dari kalian ingin mersakan shalat khusyuk itu? :) Untuk itu, aku akan berbagi sedikit ilmu yang aku dapat tentang arti bacaan shalat agar kita bisa lebih menjiwai tiap kalimat yang kita ucapkan. Tak hanya sekedar terucap namun juga tersirat dalam hati karena kita mengerti dan paham dengan artinya.

Jika kalian ingin tahu, sebenarnya semua hal yang kita inginkan dan sering kita ucapkan seusai shalat sudah tercantum dan sudah kita ucapkan ketika kita shalat. Hanya saja kita yang tak pernah mengetahui akan arti masing-masing doa yang kita ucap.

Seharusnya kita tak hanya menghafal doanya saja namun juga artinya.

Do'a Iftitah :
Salah satu do’a iftitah adalah : “Allaahu akbar kabiiraa walhamdu lillaahi katsiiraa wasubhaanallaahi bukrataw wa ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharassamaawaati wal ardha haniifam muslimaw wa maa ana minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil’aalamiin. Laa syariikalahu wa bi dzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.”

Do'a Iftitah Serta Arti/tejemahan secara keseluruhan do'a :
“Allah Maha Besar lagi Sempurna Kebesaran-Nya, segala puji bagi-Nya dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan muka hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan memberi keselamatan dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku semata hanya untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan-Nya. Dan aku dari golongan orang muslimin.”

Do'a Iftitah Serta Arti/tejemahan secara perkata/kalimat :
Allaahu akbar kabiiraa......(Allah Maha Besar lagi Sempurna Kebesaran-Nya)
walhamdu lillaahi katsiiraa......(segala puji bagi-Nya)
wasubhaanallaahi......(dan Maha Suci Allah)
bukrataw wa ashiilaa......(sepanjang pagi dan sore)
Innii wajjahtu......(Kuhadapkan muka)
wajhiya......(hatiku)
lilladzii......(kepada Dzat)
fatharassamaawaati......(yang menciptakan langit)
wal ardha......(dan bumi)
haniifam......(dengan keadaan lurus)
muslimaw......(dan memberi keselamatan)
wa maa ana minal musyrikiin......(dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin)
Inna shalaatii......(Sesungguhnya shalatku)
wa nusukii......(ibadatku)
wa mahyaaya......(hidupku)
wa mamaatii......(dan matiku)
lillaahi rabbil’aalamiin......(semata hanya untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam) 
Laa syariikalahu......(Tidak ada sekutu bagi-Nya)
wa bi dzaalika umirtu......(dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan-Nya)
wa ana minal muslimiin......(Dan aku dari golongan orang muslimin)

Do'a Rukuk:
“Subhaana Rabbiyal ‘Adhiimii wa bi hamdih”

Do'a Rukuk Serta Arti/tejemahan secara keseluruhan do'a :
Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Agung dan dengan puji-Nya.

Do'a Rukuk Serta Arti/tejemahan secara perkata/kalimat :
Subhaana Rabbiyal......(Maha Suci Rabb-ku)
‘Adhiimii......(Yang Maha Agung)
wa bi hamdih......(dan dengan puji-Nya)

Do'a I'tidal :
“Sami’allahu liman hamidah Rabbanaa lakal hamdu mil ‘us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil ‘u maa syi’ta min syai’in ba’du”

Do'a I'tidal Serta Arti/tejemahan secara keseluruhan do'a :
“Allah sungguh mendengar para pemuji-Nya, Ya Allah Tuhan kami ! Bagi-Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh barang yang Kau kehendaki sesudah itu”

Do'a I'tidal Serta Arti/tejemahan secara perkata/kalimat :
Sami’allahu liman hamidah......(Allah sungguh mendengar para pemuji-Nya)
Rabbanaa lakal hamdu......(Ya Allah Tuhan kami ! Bagi-Mu segala puji) 
mil ‘us samaawaati......(sepenuh langit)
wa mil ul ardhi......(dan bumi)
wa mil ‘u maa syi’ta......(dan sepenuh barang yang Kau kehendaki)
min syai’in ba’du......(sesudah itu)

Do'a Sujud :
“Subhana rabbiyal a’la wa bihamdih”

Do'a Sujud Serta Arti/tejemahan secara keseluruhan do'a :
“Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Luhur dan dengan puji-Nya”

Do'a Sujud Serta Arti/tejemahan secara perkata/kalimat :
Subhana rabbiyal......(Maha Suci Rabb-ku)
a’la......(Yang Maha Luhur)
wa bihamdih......(dan dengan puji-Nya)

Do'a Diantara Dua Sujud :
“Robighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’aafinii, wa’fu ‘annii”

Do'a Diantara Dua Sujud Serta Arti/tejemahan secara keseluruhan do'a :
“Ya Allah, Ampunilah aku, Belas kasihanilah aku, Cukupkanlah segala kekuranganku, Angkatlah derajatku, Berilah rezeki kepadaku, Berilah petunjuk kepadaku, Berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku”

Do'a Diantara Dua Sujud Serta Arti/tejemahan secara perkata/kalimat :
Robighfirlii ……… ( Ya Allah, Ampunilah aku…) 
warhamnii……… ( Belas kasihanilah aku … ) 
wajburnii ……… ( Cukupkanlah segala kekuranganku …)
warfa’nii………( Angkatlah derajatku … ) 
warzuqnii ……… ( Berilah rezeki kepadaku … ) 
wahdinii…………( Berilah petunjuk kepadaku … ) 
wa’aafinii ……… ( Berilah kesehatan kepadaku … ) 
wa’fu ‘annii………( dan berilah ampunan kepadaku … )

Do'a Tahiyat :
“At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatulillaah, Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiina, Asyhadu an laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaah, Allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammad Wa ‘alaa aali sayyidinaa Muhammad, Kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa Ibraahiim wa ‘alaa aali sayyidinaa Ibraahim, Wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad, Kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa Ibraahiim wa ‘alaa aali sayyidinaa Ibraahiim, Fil ‘aaalamiina innaka hamiidum majiid”

Do'a Tahiyat Serta Arti/tejemahan secara keseluruhan do'a :
“Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah, Segala keselamatan tetap untuk engkau, hani Nabi, dan demikian juga rahmat Allah dan berkahNya, Mudah – mudahan keselamatan tetap untuk kami sekalian dan untuk para hamba Allah yang shalih-shalih, Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, , Ya Allah, Limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad, Ya Allah, Limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji dan Maha Mulia”

Do'a Tahiyat Serta Arti/tejemahan secara perkata/kalimat :
At tahiyyaatul......(Segala kehormatan)
mubaarakaatush......(keberkahan)
shalawaatuth......(kebahagiaan)
thayyibaatulillaah......(dan kebaikan bagi Allah)
Assalaamu ‘alaika......(Segala keselamatan) 
ayyuhan  nabiyyu......(tetap untuk engkau, hani Nabi)
warahmatullaahi wabarakaatuh......(dan demikian juga rahmat Allah dan berkahNya)
Assalamu ‘alainaa......(Mudah – mudahan keselamatan tetap untuk kami sekalian)
wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiina......(dan untuk para hamba Allah yang shalih-shalih)
Asyhadu an laa ilaaha illallaah......(Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah)
wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaah......(Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah)
Allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammad......(Ya Allah, Limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad)
Wa ‘alaa aali sayyidinaa  Muhammad......( Ya Allah, Limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad)
Kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa Ibraahiim......(Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim)
wa ‘alaa aali sayyidinaa Ibraahim......(dan keluarganya[keluarga nabi ibrahim]) 
Wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad......(Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad)
wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad......(beserta para keluarganya[keluarga nabi muhammad.saw])
Kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa Ibraahiim......(Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim) 
wa ‘alaa aali sayyidinaa Ibraahiim......( dan keluarganya[keluarga nabi ibrahim])
Fil ‘aaalamiina......(Di seluruh alam semesta)
innaka hamiidum majiid......(Engkaulah yang terpuji dan Maha Mulia)

Do'a Salam :
Dari 'Alqomah bin Wa-il, dari bapaknya, ia berkata: Aku shalat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam maka beliau membaca salam ke sebelah kanan (menoleh ke kanan): "As Salamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh." Dan kesebelah kiri: "As Salamu'alaikum Wa Rahmatullahi." (Hadits dikeluarkan oleh Al Imam Abu Dawud)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Bagikan Artikel Ini :

53 komentar:

  1. iftitahnya pake kabiro ya
    sangat bermanfaat , terutama buat khusyu' sholatnya

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat bermanfaat, semoga bisa menjadikan iman kita lebih baik, amin!

    BalasHapus
  3. good . otak london berdada masjidil haram . saluto for agnespedrosa

    BalasHapus
  4. betul kak jika kita sholat dengan mengetahui artinya itu akan membuat lebih tenang sambil memahami maknanya

    BalasHapus
  5. Kunjugan Rutin Sobb...

    #Jangan Lupa Kunjungan Baliknya...

    BalasHapus
  6. salah satu membuat sholat kita khusuk adalah paham apa yang kita baca, bagaimana kita mau ber intarksi kalau apa yang kita ucapakan kita tidak mengerti, padahal kita yang melafalkan

    BalasHapus
  7. Haduh....hati jd tenang...dan berkaca2 mata ini......postingan yg sangat bermanfaat..semoga Allah memberkati anda....di dunia dan akhirat.......amin ya robbal allamin.......

    BalasHapus
  8. semoga di beri berkah oleh sang Maha, Allah SWT...
    alangkah bagus nya jika tdk menggunakan huruf latin...bantu saudara2 kita yg ketergantungan membaca tulisan arab dgn tidak menggunakan huruf latin...atw kalau bisa gunakan arab dan latin sekaligus...
    selalu aneh klo udah latin begini...arab tidak mengenal konsonan O..
    mungkin lama-lama generasi setelah kita bakal benar2 mlafadzkan Allah dengan Alloh ...naudzubillah...summa naudzubillah...

    BalasHapus
  9. Bener banget emang rata"orang ga mau sholat karna ga tau saat itu pula kita doa? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. entah orang orang ga mau sholat itu gara gara apa, kalo menurutku sih gara2 mereka ga tau keajaiban sholat hehehe
      dan juga mereka merasa sholat ataupun ga sholat, hidupnya (didunia) akan sama aja

      Hapus
  10. Terima kasih atas artikelnya... dari makna bacaan, sedikit banyak akhirnya saya mengetahui makana & tujuan saya shalat.... merendahkan diri kita serendah-rendahnya di hadapan Allah SWT untuk kemudian memohon sebesar-besarnya ampunan, ridho dah rahmat NYA... semoga kita semua selalu dalam lindungan & kasih sayang Allah SWT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiromi Elevenia8 Mei 2013 18.24

      Na'am ya akhi.... setuju..

      Hapus
  11. trimakasih artikelnya.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  12. Wah terimakasih bgt ,dgn membaca artikel ini aku jd makin mengerti arti sholat ,,dan membuat bersemangat untuk sholat lebih giat lg amiiin...

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Salam kenal mbak Agnes. Makasih banyak sharenya sangat bermanfaat. Semoga kita semua bisa makin khusuk sholat kita. Ditunggu artikel yang lain..

    Wassalam Wr.Wb.

    BalasHapus
  14. izin share y admin.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah....

    BalasHapus
  16. alhamdulillah,, lagi cari arti bacaan sholat. selama ini sholat masih amburadul belum ada khusyuk-2nya...
    semoga nantinya lebih baik.

    trims

    BalasHapus
  17. Terimakasih bnyak gan artikelnya, kunjungi balik gan http://jejaksangcucu.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Sholatlah Sebelum di sholatkan, gan...n

    BalasHapus
  19. izin saya salin ke blog saya, sobat...
    alfalah-fajri.blogspot.com

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah, artikel yg bnr2 bermanfaat.

    BalasHapus
  21. Terimakasih artikelnya sangat saya suka dan bermafaat bagi saya

    BalasHapus
  22. ALHAMDULILLAH....BUAT PENULIS TERIMAKSIH. MOHON IZIN UNTUK MENG COPY

    BalasHapus
  23. mungkin itu sebabnya kenapa banyak orang bilang kalau kita sedang sholat sesungguhnya kita sedang "berkasih" dengan sang pencipta..

    trims infonya mbak,sangat bermanfaat sekali.kunjungan perdana salam silaturahim....

    BalasHapus
  24. sangat bermanfaat,,,syukron kasyiron

    BalasHapus
  25. Hiromi Elevenia8 Mei 2013 18.26

    Syukran katsiran ya ukhti... berharap dengan artikel ini bisa membuat diri menjadi lbh baik, memahami bagaimana arti sholat dengan memaknai benar-benar dan menjadikan diri lebih dekat dengan Allah serta meningkatkan niat beribadah :)

    BalasHapus
  26. Subhanallah... Kebetulan sy sdg mencari arti bacaan sholat, ingin belabor utk khusyu dgn Mengetahui arti bacaan sholat itu sender... jazakillah ukh....

    BalasHapus
  27. setuju banget saudaraku,sudah seharusnya kita ngerti bacaan sholat kita.. terima kasih ya

    BalasHapus
  28. Subhanallah... bermanfaat sekali, izin share di blog saya ya :-)

    BalasHapus
  29. Aslmkm wrwb
    Admin,izin Share Tautan-nya

    BalasHapus
  30. Aslmkm wrwb
    Admin,izin Share Tautan-nya

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah artikel yang sangat bermanfaat, mohon izin copy ya admin kebetulan ana lagi cari-cari arti dari bacaan sholat.

    BalasHapus
  32. artikel yang sangat bermanfaat. syukroonn.. :)

    BalasHapus
  33. alhamdulillah, terima kasih saudaraku, ijin share ke blogku yaa..

    BalasHapus
  34. sangat bagus sangat sangat bagus, jangan cuma solat untuk bledag bledug, cuma jengkang jengking. sangat bagus. kunjungi balik ya peluang usaha rumahan bisnis tanpa modal

    muliaberbagi.blogspot.com

    BalasHapus
  35. saya boleh copas ke blog saya ya, saya sertain link sumber.
    Bermanfaat sekali

    BalasHapus
  36. Produk di Jamin Asli.
    ELECTRONIC SOLUTION-SHOP.
    Menawarkan harga Promo , Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi Tam .Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya,
    Berminat Hub: Hotline/sms: 0857-7087-2865 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://electronicsulution-shop.blogspot.com
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Toshiba
    Led tvlg>Led tv Samsung>Nikon>Canon>DLL

    Dijual,
    Ready Stock !
    Blackberry Bold 9780
    Harga Promo Rp.1.500.000,-
    Ready Stock !
    BlackBerry Bold Curve 9300,
    Harga promo Rp.1.000.000,-
    Ready Stock !
    BlackBerry Torch 9800
    Rp.1.600.000,-
    Ready Stock !
    BlackBerry Z10
    Rp.3.500.000,-
    Ready Stock !
    BlackBerry Q 10
    Rp.4.000.000,-
    Ready Stock !
    Samsung Galaxy S3 Mini
    Rp. 2.700.000,-
    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Ace
    Rp.1.400.000,-
    Ready Stock !
    Samsung Galaxy S2
    Rp.2.500.000,-
    Ready Stock !
    Samsung Galaxy S4
    Rp.4.500.000,-
    Ready Stock !
    Nokia 808 Pure View
    Rp.4.200.000,-
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 820
    Rp. 2.700.000,-
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 920
    Rp.3.400.000,-
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 620
    Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 5G 16GB
    Rp.4.100.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 4G- 32GB
    Rp.3.500.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 3G-16GB
    Rp.2.900.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S-64GB
    Rp.4.000.000,-
    Ready Stock !
    Acer Aspire one 756
    Rp.1.400.000,-
    Ready Stock !
    Acer Aspire E1-471G
    Rp.2.800.000,-
    Ready Stock !
    Acer Aspire S5 Ultrabook Core 17
    Rp.7.000.000,-
    Ready Stock !
    Toshiba Satellite C800D-1006
    Rp.2.500.000,-
    Ready Stock !
    Toshiba Satellite C800D-1003
    Rp.1.500.000,-
    Ready Stock !
    Toshiba Satellite L840-1045XR
    Rp.3.700.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Lg 42 inch LN5100
    Rp 3.500.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Lg 42 inch LN5710
    Rp. 4.000.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Lg 39 inch LN5100
    Rp. 3.000.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Samsung UA 32 inch F5000
    Rp. 2.100.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Samsung UA 32 inch F4000
    Rp.1.500.000,-
    Ready Stock !
    Nikon D5100+18-15Kit
    Rp 3.500.000,-
    Ready Stock !
    Nikon D3000 Kit 18-15mm VR
    Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock !
    Nikon D3200 Kit 18-105mm VR
    Rp 3.100.000,-
    Ready Stock !
    Canon Eos 600D Kit EF-S 18-135mm
    Rp.3.800.000,-
    Ready Stock !
    Canon Eos 70D Kit EF-S 18-55mm is stm
    Rp.4.700.000,-
    Ready Stock !
    Canon Eos 600D Body
    Rp.2.500.000,-


    Kami melakukan Pengiriman barang lewat Tiki atau Jne ,Pos,Cargo,bagi luar kota,Ongkir ditanggung pembeli
    Berkat Anda Usaha Kami Jadi Semakin Lancar,Terima kasih telah berbelanja di Electronic Solution-Shop.

    Nikmati berbagai keuntungan berbelanja di sini.
    *Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah
    *Dapat diantar ke seluruh indonesia
    *Keamanan di jamin karna setiap pengiriman di sertai asuransi proses cepat dan sederhana
    Barang di jamin 100% original baru dan bergaransi resmi.
    Selamat Berbelanja ! ! !

    BalasHapus
  37. subhanallah ALLAH-hu akbar sungguh indah arti dari bacaan sholat tersebut<<<<<....>>>>

    BalasHapus
  38. subhanallah ALLAH-hu akbar sungguh indah arti dari bacaan sholat tersebut<<<<<....>>>>

    BalasHapus
  39. subhanallah ALLAH-hu akbar sungguh indah arti dari bacaan sholat tersebut<<<<<....>>>>

    BalasHapus
  40. subhanallah ALLAH-hu akbar sungguh indah arti dari bacaan sholat tersebut<<<<<....>>>>

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger