Home » , , » 7 Langkah Mudah Untuk Indonesia yang Lebih Baik

7 Langkah Mudah Untuk Indonesia yang Lebih Baik

Written By Planet Pengetahuan on Minggu, 04 November 2012 | 11/04/2012 11:25:00 PM

Terdengar bunyi gluduk-gluduk suara petir daritadi maghrib. Sempat was-was semoga hujan angin tak datang lagi hehehehe takutnya ntar ada pohon tumbang lagi. Namun syukurlah hujan hanya turun sebentar dan cukup untuk membuat tanaman-tanaman di depan rumahku merasakan kesegaran oleh air yang datangnya dari alam. Setelah hujan mulai reda dan suara petir mulai menghilang, aku mulai menyalakan komputer di dalam kamar untuk mengerjakan tugas kuliah. Setelah tugas kuliah selesai, aku sempatin buat browsing di internet dan taraaaa secara tidak sengaja aku lihat ada lomba blog dengan tema "Aksi untuk Indonesiaku" hehehehe. Tema lombanya benar-benar menarik minatku untuk terus membaca. Setelah membaca syarat dan ketentuan lomba yang diselenggarakan oleh Lintas.me ini aku jadi ikutan tertarik buat ikut berbagi aksi yang sudah aku realisasikan dalam kehidupan sehari-hariku untuk Indonesia lebih baik. Memang bukan aksi yang sangat besar dan langsung dapat mengubah Negara Indonesia menjadi Negara yang luar biasa namun masih berupa aksi sederhana namun aku rasa aksi ini berdampak besar jika dapat dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia.
Ada 7 aksi sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan oleh siapapun yang dapat berdampak positif bagi Indonesia. :) Aku berharap ada yang mau mengikuti beberapa aksi ini agar Negara tercinta kita ini bisa menjadi negara yang lebih baik.
  1. Menghemat Penggunaan Tisu dan Kertas
    Pertama Tisu :


    Jadi siapa sih yang gak kenal barang yang satu ini? hehehehe aku rasa siapapun dapat dengan mudah menemukan barang yang satu ini dimana saja. Bahkan di toilet sekalipun. Atau Anda sekarang juga sedang membawanya di dalam tas Anda? Iya kan? hehehehe begitu juga saya.
    Seperti yang telah kita ketahui bersama, sekarang ini sering sekali kita dengar tentang aksi penanaman seribu pohon dalam 1 hari. Jadi tentunya pasti kalian bertanya, apa hubungannya dengan kertas tisu? Eits tunggu dulu. Ada fakta menarik sekaligus menyedihkan yang harus kita ketahui bersama. Apakah Anda tahu bahwa tisu terbuat dari kayu?
    Malam itu secara tidak sengaja waktu nonton TV, aku mendapatkan informasi mengejutkan bahwa dalam satu hari ada 27.000 pohon yang ditebang untuk memproduksi tisu. Maka, jika dalam satu hari kita hanya menanam seribu pohon, apakah hasilnya tidak minus? Bukankah itu berarti masih lebih banyak penebangan daripada penanaman?



    Nah setelah aku mengetahui fakta mengejutkan tersebut, aku mulai berfikir untuk menghemat penggunaan tisu. Ada cara paling mudah yang sudah lama aku terapkan. Mungkin cara ini dapat kalian contoh jika ingin menjadikan Indonesia lebih hijau hehehehe.
    Ketika kita mencuci tangan baik itu setelah makan atau karena tangan kita kotor, usahakan mengibas-ngibaskan tangan sebanyak 10 kali. Kenapa 10 kali? Ya terserah aku donk hahahaha. Itu sebenarnya fleksibel. Mau 10 kali, 15 kali atau 20 kali terserah asalkan tangan kita sudah tidak terlalu basah. Jika sudah barulah kita gunakan tisu untuk mengeringkannya. Jadi dengan cara seperti itu, kita cukup menggunakan 1 lembar tisu karena keadaan tangan kita sudah mulai kering. Berbeda halnya jika setelah kita mencuci tangan, kita langsung mengambil tisu untuk mengeringkannya. Itu akan menyebabkan penggunaan tisu yang sangat boros. 

    Itu adalah hal paling mudah dan sederhana untuk membuat Indonesia lebih baik bahkan akan berpengaruh besar terhadap bumi kita karena secara tidak langsung, kita telah ikut ambil bagian dalam program penghijauan.

    Kedua Kertas
    Seperti halnya penggunaan tisu, kertas juga diproduksi dari kayu bukan? Coba lihat gambar di bawah ini.



    Bisa kalian bayangkan ada berapa pohon yang ditebang untuk memproduksi kertas sebanyak itu? Itu cuma dalam satu rumah lalu bagaimana dengan rumah lainnya? Berapa ratus pohon yang ada di dalam rumah Anda sekarang dalam bentuk kertas? Tentunya sangat banyak bukan? Untuk itu, mulailah untuk menghemat penggunaan kertas untuk Indonesia yang lebih hijau. Mulailah perduli terhadap lingkungan. Apalagi kita generasi muda, ubah cara hidup kita untuk Indonesia yang lebih baik. Ini juga akan berpengaruh besar terhadap bumi.
    Dengan melakukan penghematan penggunaan tisu dan kertas, sama saja kita melindungi hijaunya hutan Indonesia. Apakah kalian ingin melihat Hutan Indonesia gundul?

2. Melakukan Penghijauan di Sekitar Rumah Tinggal



Aku yang tinggal di kota padat penduduk seperti Semarang, jarang sekali menemukan pemandangan hijau terbuka. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, banjir yang akhir-akhir ini sering melanda Indonesia adalah salah satu dampak penebangan pohon yang berlebihan dan tidak seimbang dengan penanamannya. Tak usah jauh-jauh, di rumahku tak ada lahan yang cukup luas untuk menanam pohon yang besar. Semuanya telah beralih menjadi tempat tinggal. Untuk menjadikan rumahku lebih hijau sekaligus ikut berpartisipasi dalam gerakan Go Green Indonesia aku membeli beberapa pot yang aku jadikan media tanam pohon hehehehe. Walau terkesan sangat sepele, ini akan sangat bermanfaat besar bagi Indonesia lho. Gak percaya? Masih ingat efek rumah kaca? Dengan peningkatan jumlah pohon, dapat mengurangi dampak pemanasan global. Meski bukan pohon yang besar, namun lumayan bukan daripada tidak sama sekali. Coba kalo kita menanam dalam jumlah yang banyak. Pasti akan terasa bedanya. :) Misalnya saja tetangga kita juga ikut menanam pohon di lingkungan rumahnya.

Ini akan berdampak sangat besar hlo. Rumah juga akan terasa sejuk dan tentu saja mengurangi polusi udara di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Meski di kota besar sekarang sulit mendapatkan tanah hehehehe cara ini patut dilakukan. Mulai aja dari rumah sendiri. syukur-syukur kalo satu kampung mau ngikutin. Oke di mata kan?

3. Belajar Berorganisasi Sejak Dini dari Karang Taruna Remaja
Remaja  adalah generasi muda penerus bangsa yang akan berpengaruh sangat besar untuk kemajuan Indonesia. Untuk itu, sejak dini remaja harus mulai belajar bersosialisasi dan berorganisasi untuk melakukan hal-hal yang positif. Seperti yang sudah aku dan remaja kampungku lakukan yakni mengadakan Organisasi Karang Taruna. Belajar dari yang sederhana dulu, siapa tahu besok kalo udah dewasa jadi pemerintah hahahaha. Banyak acara positif rutin yang dapat dilakukan dari organisasi karang taruna seperti ketika acara bersih-bersih kampung.

Kalau di kampungku, karang taruna biasanya mempersiapkan acara perayaan 17 Agustus. Mulai mempersiapkan lomba yang digelar hingga malam dimana seluruh warga kampung akan menggelar doa bersama untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Nah di sini lah peran Karang Taruna sangat penting demi kelangsungan lancarnya acara tersebut.


 Ketika acara tersebut berjalan lancar, bagi anggota Karang Taruna ada kepuasan tersendiri. heheheeheh kan sukses dalam menggelar cara. Nah mengikuti organisasi semacam ini perlu dilakukan untuk belajar menjadi generasi penerus bangsa yang harus selalu ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial di masyarakat.

4. Mengadakan Acara Bakti Sosial untuk menjalin tali silaturahmi di antara masyarakat Indonesia
Bakti sosial itu penting. Apalagi dengan adanya Baksos dapat meringankan beban penderitaan orang lain. Mau itu di jalanan, panti asuhan, panti jompo ataupun korban bencana alam. Ini dimaksudkan untuk belajar berbagi sesama masyarakat Indonesia. Seperti halnya yang beberapa bulan lalu aku lakukan yakni bakti sosial di sebuah Panti Asuhan Cacat Ganda. Silahkan klik link http://youtu.be/m5foHakcnME
 



Banyak pelajaran berharga yang dapat diambil dari kegiatan semacam ini hlo. Mulai dari rasa syukur, persaudaraan, meringankan beban mereka dan masih banyak lagi. Jadi jika kelak kita menjadi pemerintah Indonesia, kita bisa mengerti bagaimana penderitaan orang lain. Tak hanya duduk manis dalam jabatan yang kita pegang heheehe ya kan?

5. Memanfaatkan Internet untuk Hal yang Lebih Positif
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk hal ini seperti :

a. Berani Berwirausaha Meski Kecil-kecilan
Kalo bisa berwirausaha besar syukur hehehehehe. Kalo sekarang yang dapat aku lakukan untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia ya cuma ini. Berwirausaha kecil-kecilan bersama beberapa temanku daripada nganggur hehehehe. Kami bekerjasama memanfaatkan jaringan internet untuk membuka usaha konveksi. Baik itu melalui jejaring sosial, email, blog dan masih banyak lagi Hehehehe Usaha yang aku maksud adalah dengan menerima pesanan kemeja, kaos, jaket baik itu di bordir maupun sablon dengan minimal pemesanan 1 lusin.

Ini salah satu pesanan jaket yang aku terima dari usaha yang aku lakoni sekarang. Hasilnya lumayan kok hehehehe bisa buat bayar kuliahku bersama teman-temanku. Sebagai penerus bangsa harus memiliki keberanian donk buat berwirausaha. Itu akan bermanfaat tak hanya untuk diri sendiri juga orang lain.

b. Manfaatin Internet buat belajar dan dapetin informasi yang lebih banyak
Gak tahu caranya? Misalnya berkunjung ke  Lintas.me. Disitu ada banyak sekali informasi yang sangat bermanfaat untuk kita. Walau kita tidak bisa berkeliling dunia, namun dengan membaca artikel di Lintas.me rasanya kita mengenal dunia ini. Bagi rakyat Indonesia sendiri, hal ini akan sangat bernilai positif sebab tidak akan ketinggalan informasi terbaru dari seluruh penjuru dunia.

6. Menggunakan Produk Dalam Negeri

Hari gini masih sering pake produk luar negeri? Kenapa gak nyoba produk dalam negeri? hehehehe. Kualitasnya gak kalah kok. Misalnya saja buah-buahan. Aku lebih suka beli buah-buahan lokal untuk di konsumsi di rumah. Lebih seneng aja sama yang lokal hehehehe.

Ini masih berbicara makanan ya? Di rumahku juga banyak menggunakan alat elektronik buatan dalam negeri sebagai bentuk aksi "Cintai produk dalam negeri" hehehehe Seperti hal nya kipas angin di dalam kamarku. 
Jadi produk buatan Indonesia apa yang sudah kalian gunakan di rumah sebagai wujud cinta kita terhadap Indonesia? Kalitasnya Oke Oke kok. Gak perlu kuatir. Sebagai penerus bangsa, kita wajib menghargai hasil produksi dalam negeri tak hanya punya luar aja. :)

7. Membayar Pajak Tepat Waktu
Pajak itu apa sih? Ada yang gak tahu ya? Jadi pajak itu kewajiban yang harus kita bayar kepada negara untuk sesuatu yang memeng wajib kena pajak hehehehe bingung ya? Yang jelas seperti halnya kalau kita punya motor itu wajib membayar pajak. hehehehe Dan satu hal lagi, hindari pungli ya?
Pajak itu penting hlo buat pembangunan negera Indonesia.



Ini adalah pajak yang paling sering aku bayar  sebagai bentuk kewajibanku sebagai warga negera Indonesia yang taat hukum hehehehe. Jadi apakah kalian sudah melakuakn kewajiban kalian untuk membayar pajak? Ayo segera bayar kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Nah itu tadi adalah 7 langkah mudah untuk Indonesia yang lebih baik. Aksi-aksi yang sudah aku lakukan untuk kemajuan negara kita ini. Walaupun terbilang sederhana, jika semua orang dapat melakukannya, pasti Indonesia akan menjadi negera yang sangat baik tentunya. Jadi tunggu apalagi? Ayo segera ikut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa melakukan hal-hal ringan seperti itu baru menginjak ke hal-hal yang lebih kompleks. Oke? Belajar mengubah kebiasaan di mulai dari diri sendiri.

Tulisan ini dibuat untuk ikut berpartisipasi dalam Lomba Blog Aksi untuk Indonesiaku yang diselenggarakan oleh http://www.lintas.me . Like FanPage Lintas.Me facebook.com/LintasMe yuk dan Follow Twitternya di  @SobatLintas
Bagikan Artikel Ini :

94 komentar:

  1. ya deh, ikutan 10 kali mengibas-ibaskan, hehe

    BalasHapus
  2. aku suka banget sama blog ini
    postingannya keren2, bermanfaat pula ,,
    keep posing yak :)

    BalasHapus
  3. di mulai dr sesuatu yg kecil untuk mewujudkan indonesia yg baru.. ayo bersama mengibaskan tangan 10 x.. hehehehehehe

    BalasHapus
  4. Saya setuju semua yang ditulis dengan apik di sini. Membayar Pajak kendaraan bermotor adalah salah satu kebiasaan yang sering saya lupakan. Ujung ujungnya kena denda

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe siap.. mksh ya.. apa perlu saya ingatkan terus hihihihi

      Hapus
    2. wah kalau diingatkan terus sama kamuh ih mau donkkkkkkkkkkkkk.

      Hapus
  5. wah bener banget jeng, kalo ngibas-ngibas 10 kali kan nggak keluar biaya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha yang penting berdampak besar bagi Indonesia hijau

      Hapus
  6. lebih hematx lgi pkai koran elektronik,sehingga mengurasi pemakaian kertas nih sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmmh.. bener banget sob.. ide yang bagus.. thanks ya?

      Hapus
  7. Mantap, tetapi yang terpenting bukan tidak membayar pajak dengan alasan menghematpengeluaran!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha iye bener banget tuh sob,,, maunya ngirit malah ngorot ntar

      Hapus
  8. keren blognya....hehe sukses ya buat lombanya..:)

    BalasHapus
  9. ikut nyimak aj
    yang jelas nice post

    BalasHapus
  10. 7 langkah diatas jika dilakukan dengan benar akan mewujudkan Indonesia jauh lebih baik sepertinya:}

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha iya bener banget.. rumahku sekarang juga terlihat lebih sejuk hehehe

      Hapus
  11. met sore mbk. knjngan perdana salam knal dlu mbk'y. kpn2 mmpr mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. met sore juga sobat.. iya tadi saya baru berkunjung hehehehe

      Hapus
  12. Sukses ya dengan kontesnya, Semoga tulisannya jadi yang terbaik sis... :)

    BalasHapus
  13. saya setuju dngan semua bahasan diatas...

    semoga kdepannya bisa dilakukan oleh semua pihak masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,, mksh ya dah mau berkunjung dan berkomentar

      Hapus
    2. sekain cara diatas, mengubah mental bangsa terutama dikalangan pejabat yang kerjaannya ngabisin duit anggaran juga perlu dilakukan dan harus di prioritaskan

      Hapus
  14. Ikut Nimbrung dan Salam Kenal.. Btw, tq atas pertanyaan sohib di Pandawa Lima dan sudah saya jawab... bolehlah dilihat kembali http://pandawalimamedan.blogspot.com/2012/11/kiat-pasang-ereferrer.html

    BalasHapus
  15. nice blog...salam kenal ya

    BalasHapus
  16. WoW 7 Langkah Yang SImple..

    Tapi SUsah Di Perbuat...

    Jangan Lupa Koment Back Ya....

    Klik Disini..

    Salam Blogwalker... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget,, padahal simpel banget hlo hehehehe

      Hapus
  17. Simple dan manfaatnya besar nih sob..

    BalasHapus
  18. Semoga Indonesia nantinya bisa seperti yang kita harapkan,gemah ripah loh jinawi..hahahyy

    BalasHapus
  19. Memilih pemimpin yang baik dan berkualitas juga ya.. Kalo pemimpinnya bagus, Indonesia juga akan lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe iya itu juga salah satu faktor yg berpengaruh

      Hapus
  20. Nice Postingan kaka =))
    salam Blog walking , koment balik ya ke Sini Tutorial Hacking,Deface DLL

    BalasHapus
  21. ada satu lagi gan.... TIDAK MEMBEDA BEDA KAN ANTARA SUKU, AGAMA, ALIRAN AGAMA, BAHASA DLL

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih yang lagi panas akhir2 nih ya.. SARA

      Hapus
  22. hahahahaha. setuju mbak. kadang tangan masih basah kuyub udah pake tisu. jadi banyak deh tisu yg kepakek

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener tuh bikin boros tisu sekaligus boros pohon

      Hapus
  23. point ke 6 dan 7 sudah saya laksanakan sobat. semoga indonesia lebih maju dan lebih baik...? merdeka indonesiaku

    BalasHapus
  24. postingan yang sangat bermanfaat sobat..
    I like it..
    karena telah mengingatkan kita ini.
    terima kasih telah berbagi sobat

    BalasHapus
  25. Nambah satu mbak, kita harus banyak baca buku. Buku kan terbuat dari kertas dan kertas terbuat dari kayu, kasihan kalau cuma ditumpuk aja di perpustakaan. Dengan banyak baca buku maka pengetahuan pun akan bertambah. Dengan pengetahuan kita bisa menghijaukan bumi dengan berbagai macam cara, bukan untuk merusaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah betul banget tuh.. udah diproduksi dari segitu banyak pohon masak gak dimanfaatin.. thnsk sob

      Hapus
  26. ini kontes ya mbak?
    sebuah kontes yang sangat jarang ada di Indonesia, merujuk pada suatu perubahan hehehe
    semoga sukses ya mbak kontesnya amminn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener.. kontes yg bagus.. tak hanya berpromosi tapi bener2 real untuk Indonesia.. mau ikutan sob?

      Hapus
  27. Sukses ya Mbak..., semoga ke kreatifan dalam mengupayakan Indonesia Terdepan terealisasi dengan baik...! Merdeka. :D

    BalasHapus
  28. mudah2n apa yang dituliskan diatas memberi inspirasi orang lain u/ mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi :)

    BalasHapus
  29. Salut sama Mbak yang satu ne..., I Like.

    BalasHapus
  30. Keren ne pemikiran Mbak..., Semoga sukses ya Mbak...!

    BalasHapus
  31. sebagai sesama wirausahawan sya doakan moga sukses dalam lombanya :) amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wirausaha apa nih??? :D semoga sukses ya?

      Hapus
  32. 7 Langkah Mudah Untuk Indonesia
    yang Lebih Baik harus bebas dari korupsi dulu gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo korupsi itu butuh penanganan yang agak besar hehehehe soalnya yang terkena bukan dari pihak kecil tapi banyak pihak besar

      Hapus
  33. Perlu kesadaran diri untuk bisa melaksakan hal hal yang diatas. Dimulai dari diri kita sendiri dan saat ini jug.

    BalasHapus
  34. waeh ya bnr kalo menurt saya sih hal-hal yang disebutkan diatas itu bisa memajukan bangsa indonesia tercinta....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh.. itulah aksi ku untuk Indonesia yg lebih baik..

      Hapus
  35. ternyata hal hal sepele terkadang tidak terpikirkan ya seperti tisu itu, terima kasih sudah berbagi...

    BalasHapus
  36. Izin Singgah Di Blog Mu Yang Keren ini Ya Kawand..


    #Don't Forget Coment Back..

    BalasHapus
  37. kayu dari kertas, kalau penggunaan kertas boros berarti penggundulan hutan

    BalasHapus
  38. Memsng si mbak lita yg satu ini...rajin bgt ikutan kontes...hehe

    Cuma bisa support n god luck ya :)

    BalasHapus
  39. yang paling susah mengunakan Produk dalam negri, masalahnya dariluar sangat mengiurkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener tuh,... tapi asalkan ada niat pasti bisa kok. hehe

      Hapus
  40. wah mantapp sobat artikelnya sangat berguna thanks ea
    di tunggu kunjungan baliknya http://senjahitam.blogspot.com/

    BalasHapus
  41. Nice Posting nih , untuk indonesia lebih maju

    Salam blog walking GIFT

    BalasHapus
  42. Hello bro/sis, Ikutan SEO Contest dari ASUS yuk dan dapetin hadiah menarik. Kontes dimulai 15 Oktober 2013 dan berakhir 15 Desember 2013. Kontes terbuka untuk umum dan untuk info lebih lanjut klik: http://bit.ly/GZbMWa

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger