Home » » Apa itu SketchUp ?

Apa itu SketchUp ?

Written By Planet Pengetahuan on Sabtu, 08 Desember 2012 | 12/08/2012 09:15:00 AM

Tentang SketchUp

 
Sketchup merupakan salah satu dari sekian banyak software yang berfungsi untuk membuat gambar 3D (3 dimensi). SketchUp dapat digunakan oleh praktisi-praktisi dibidang arsitektur, sipil, pembuat film, pengembang game, desainer grafis, bahkan ilustrator untuk menciptakan gambar 3d sesuai kebutuhan. Perbedaan SketchUp dibanding software-software 3D lain adalah user friendly, artinya SketchUp didesain familiar dan mudah digunakan oleh siapapun tanpa harus menguasai teknik-teknik yang rumit dan penuh perhitungan. Selain itu software ini tersedia dalam versi gratis yang dapat didownload. Versi gratis ini pun tidaklah mengecewakan karena memiliki banyak fungsi yang memungkinkan kita untuk membuat gambar dengan kualitas baik dan kerumitan cukup tinggi. Keunggulan lain adalah output yang dapat dihasilkan SketchUp dapat kita ubah menjadi beraneka ragam karakter gambar. Mulai dari gambar 2D vector, 3D realistis, ataupun gambar yang sangat menyerupai sketsa tangan.

Awalnya SketchUp dikembangkan oleh @Last Software yang berlokasi di Boulder, Colorado yang didirikan pada tahun 1999 oleh founder Brad Schell dan Joe Esch. Rilis SketchUp pertama kali adalah pada Agustus 2000 dengan mengedepankan slogan "3D for Everyone" dan mengupayakan agar para desainer profesional dapat menuangkan karyanya semudah menggunakan pensil dan kertas, dan memiliki kebebasan berekspresi melalui gambar dengan interface yang mudah.


Pada tradeshow pertama tahun 2000 SketchUp memenangkan penghargaan Community Choice Award yang merupakan awal kesuksesan yang diraih SketchUp dalam waktu cukup singkat dibanding software 3D lainnya.
Pada 14 Maret 2006 Google mengakuisisi @Last Software sebagai ketertarikan Google setelah @Last Software mengembangkan plugin untuk mengeksport hasil 3D ke Google Earth.

Pada 9 Januari 2007, Google merilis SketchUp 6, dengan berbagai fitur tambahan seperti "follow me" tool, dan SketchUp LayOut. Pada rilis ini terdapat tool yang memungkinkan kita untuk mengupload gambar ke 3D Warehouse, sebuah website yang memberikan sarana bagi pengguna untuk saling berbagi objek 3D. Pada rilis ini juga ditambahkan fitur navigasi yang memungkinkan pengguna untuk mensimulasi tampilan objek seolah-olah kita berjalan di area gambar untuk kemudian melihat sekeliling sesuai sudut pandang manusia.


Pada 9 February 2007, Google merilis update untuk maintenance dan memperbaiki beberapa bug. Kali ini Google tidak menambah satupun fitur baru. Kemudian pada 17 Nopember 2008, SketcUp 7 dirilis, memperkenalkan pengembangan yang berslogan "ease-of-use" serta Integrasi dengan browser komponen dan 3D Warehouse.

Jadi, cukup menarik bukan untuk sebuah software gratis? Tunggu apa lagi, segera download SketchUp versi 7 di sketchup.google.com. Have fun..!


Bagikan Artikel Ini :

3 komentar:

  1. Sekedar info gan. Applicad Indonesia akan mengadakan Event BIM Conference 2015 di bali.. Di Event ini akan dibahas tentang Software Design 3D Archicad

    buat kamu yang tinggal di sekitar sini bisa hadir (GRATIS!!), untuk info lengkapnya bisa hubungi

    08118253831 (Ondhal)

    informasi selengkapnya >> http://www.applicadindonesia.com/bim-2015/

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat infonya gan..

    bagi agan yang ingin belajar 3D untuk interior & exterior bisa dilihat di situs berikut http://www.computer-course-center.com/kursus-3d.html

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk pengetahuan tentang aplikasi sketch upnya ya :D

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Postingan Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger