Home » , » Gerakan Indonesia Go Open Source Bersama Linux

Gerakan Indonesia Go Open Source Bersama Linux

Written By Planet Pengetahuan on Rabu, 22 Agustus 2012 | 8/22/2012 11:28:00 PM

"Open Source" tahukah Anda dengan istilah yang satu ini? Tentunya istilah ini sudah tidak asing lagi bukan bagi para pecinta tehnologi? Namun mungkin untuk sebagian orang masih belum mengetahui tentang Open Source. Nah untuk itu, saya akan bahas sedikit mengenai istilah yang satu ini dan pentingnya menggunakan Open Source.



Open Source jika kita artikan langsung ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Sumber Terbuka.  Open Source  sendiri umunya di terapkan dalam dunia Software yakni yang sering kita dengar sebagai Open Source Software Open Source Software  adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka atau membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan salah satu yang menarik adalah bahwa  Open Source Software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi

Hasil dari penerapan pola  Open Source ini adalah adanya Software gratis. Biasanya untuk mendapatkan  Open Source Software dapat kita peroleh dari internet dan dapat kita download dengan gratis tanpa membayar sedikit pun uang kepada para pengembang software tersebut dan tentunya kita tidak melanggar hak cipta yang seperti sudah kita tahu bahwa Pencipta dari Program Komputer memiliki hak-hak eksklusif yang dilindungi oleh undang-undang, sebagaimana diatur pada Pasal 2 ayat (1) UUHC:
"Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau mamperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Seperti dalam kehidupan nyata, dalam dunia tehnologi pun kita juga harus menggunakan software yang ilegal. Agar tidak disebut sebagai pelanggar hukum tentunya. 

Meskipun gratis jangan memandang sebelah mata untuk  Open Source Software. Kita dapat mempercayai software yang dihasilkan dan sudah terbukti kehandalannya. 

"Kenapa sih harus memakai  Open Source Software?" Mungkin pertanyaan ini yang melayang-layang dipikiran Anda sekarang ya? Oke untuk menjawabnya saya akan mengulas 6 Alasan Kenapa harus Open Source Software
  1. Gratis
    Nah keunggulan yang satu ini tentunya tidak dapat disanggah lagi. Kita dapat menggunakan   Open Source Software dengan gratis. Benar-benar tidak dipungut biaya. Jadi bagaimana? tertarik?
  2. Tidak melanggar hukum
    Seperti yang telah kita ketahui, Undang-Undang hak cipta telah resmi di keluarkan oleh pemerintah. Jadi kita juga tetap harus mematuhinya. Ini hukumnya wajib. Agar kita tidak melanggar UU yang satu ini, menggunakan  Free Open Source Software adalah satu cara terbaik yang bisa dilakukan.
  3. Bisa diperoleh dengan mudah
    Free Open Source Software dapat kita peroleh dengan mudah. Seperti halnya Linux. Kita bisa mendownload Linux di internet dengan mudah.
  4. Hemat Biaya
    "Hemat biaya? kok bisa?" Bingung ya kok bisa? Ya bisa donk. Untuk alasan yang satu ini jawabannya adalah  poin pertama. Ya benar sekali "GRATIS"  hehehe jadi hemat kan karena kita tidak dituntut buat bayar sedikitpun.
  5. Bisa menggunakan software sesuai keinginannya
    Dengan   Free Open Source Software kita bisa bebas menggunakan software sesuai keinginan tanpa takut terjerat UU. Bisa juga digunakan untuk pribadi maupun bisnis.
  6. Bebas mendistribusikan software kepada pihak lain
    Kalau yang satu ini tentu Anda sudah mengerti bukan? Kita bisa bebas memberikan software ini kepada siapapun. 
Itu tadi 6 Alasan kenapa menggunakan  Free Open Source Software. Sekarang kita akan bahas 7 keunggulan  Free Open Source Software.


  1. Adanya hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada kode.
  2. Ketersediaan source code dan hak untuk memodifikasi
  3. Kesalahan (bugs, error) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki
  4. Kualitas produk lebih terjamin
  5. Hemat biaya
  6. Banyaknya tenaga (SDM) untuk mengerjakan proyek
  7. Tidak mengulangi development

Free Open Source Software memang sangat direkomendasikan untuk digunakan. Apalagi di negara tercinta kita ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Linux. Untuk mengetahui Linux berikut saya cuplik sedikit dari Wikipedia yang berbunyi :


Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux."
Linux sendiri merupakan salah satu perkembangan  Free Open Source Software yang sangat populer di kalangan orang-orang pecinta Open Source Software. Berbagai jenis Linux juga sudah muncul di pasaran. Berikut ini beberapa jenis Linux yang ada di antaranya :


  • Linux Debian
  • Linux Redhat
  • Linux Mandrake
  • Linux Caldera Open
  • Linux Slackware
  • Linux SuSe
  • Linux Corel
  • Linux Turbo
  • Linux Ubuntu
  • Linux Fedora

Banyak sekali bukan jenisnya? Kita bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Dan tentu saja secara gratis. Setelah mengetahui jenis-jenis Linux, sekarang kita akan membahas tentang keunggulan menggunakan Linux.




10 Keunggulan Linux adalah sebagai berikut :



  1. Dapat kita gunakan dengan gratis tentunya.
  2. Dilengkapi dengan puluhan lingkungan pengembangan aplikasi, termasuk C, C++, Fortran, Ada, toolkit seperti Qt dan beberapa bahasa script semacam Perl, Python, Awk, dan sed. Dapat kita lihat pada tabel di bawah ini bahwa Linux memiliki aplikasi yang lengkap seperti yang lainnya.
  3. Kestabilan sistem yang baik.
  4. Source code yang tersedia sehingga dapat dibuka dan dipelajari serta mendebugnya.
  5. Aplikasi yang tersedia banyak dan dapat diperoleh secara gratis dan legal.
  6. Sistem operasi yang mudah untuk diupgrade
  7. Dukungan perusahaan komersial seperti : Oracle, Netscape, IBM, Corel, Sun, Informix dan Adaptec.
  8. Mendukung banyak prosesor sebagai standar
  9. Tersedia pula software komersial, jika kebutuhan tidak terpenuhi dengan software yang gratis
  10. Bisa untuk sistem jaringan.
Kalau menurut pengalaman pribadi saya sendiri, sebelumnya saya juga tidak mengarti tentang Linux sama sekali. Kemudian saya mengikuti sebuah Pelatihan untuk mempelajari. Ternyata Linux sangat mudah digunakan. Selain itu, perkembangan yang terjadi sudah memuat Linux menyerupai OS yang lainnya namun tetap dalam pola awalnya yaitu Open Source. Satu kelebihan utama Linux yang membuat saya sangat menggemarinya adalah sampai sekarang, Virus tidak bisa berjalan disini. Jadi data-data saya aman dari serangan virus komputer.



Penggunaan  Free Open Source Software telah mulai digalakkan. Sekarang ini, sudah banyak sekali pengguna Open Source. Untuk pengguna Linux sendiri mencapai jutaan. Bahkan sekarang ada sebuah gerakan yang bernama "Indonesia, go Open Source" yaitu sebuah semangat gerakan untuk meningkatkan penggunaan dan pengembangan Open Source Software Di Indonesia. Gerakan Indonesia Go Open Source ini melibatkan seluruh pengguna TI semua kalangan di seluruh Indonesia. Diharapkan gerakan ini dapat diikuti oleh semua lapisan masyarakat agar menggunakan Program yang legal dan tidak melanggar Undang-Undang yang berlaku.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyukseskan gerakan ini. Pemerintah Indonesia juga mendukung Gerakan Indonesia Go Open SourceSesuai dengan Surat Edaran Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2005 tanggal 24 Oktober 2005, pemerintah meminta seluruh masyarakat menggunakan peranti lunak legal. Bahkan pemerintah juga sudah menerapkannya di lembaga pemerintahan. Semua ini dilakukan karena banyak manfaat yang akan di peroleh jika Gerakan Indonesia Go Open Source sukses dilaksanakan, yaitu :



  1. Menghemat anggaran
  2. Independensi
    Penggunaan peranti lunak open source ini akan menguntungkan pengguna, khususnya dalam hal ketergantungan (independensi) dan keamanan data. 
Mari kita sebagai pengguna TI, ikut andil bagian dalam Gerakan Indonesia Go Open Source ini. Kita bisa memulainya dengan menggunakan Linux. Jangan sampai kita melanggar Undang-Undang dengan melakukan tindakan ilegal. Kita masing-masing sudah mengetahui tentang keunggulan penggunaan Open Source Software, jadi tunggu apalagi? Ayo budayakan menggunakan Software legal. Ikuti Gerakan Indonesia Go Open Source dan rasakan manfaatnya. 


Bagikan Artikel Ini :

39 komentar:

  1. OK makasih banyak untuk penetahuan baru ini. saya hanya manggut-manggut aja

    BalasHapus
  2. betul sis.. sy tertarik dgn linux..untuk saat ini belum ada virus nya.. tapi sy jg masih pengen beljr make linux hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih saya juga lagi nyoba hehehehe,,, biar data2 aman...dan tidak melanggar UU

      Hapus
  3. wooow
    saya suka linux,,
    tp blom pernah pake
    hehehehe

    BalasHapus
  4. saya sudah hampir hijrah semua ke open source, dari Win ke Ubuntu
    GO OPEN SOURCE

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeee,,, lanjutkan !! hehehehe

      Hapus
    2. mbak sendiri gimana?

      Hapus
    3. linux apa nih? ubuntu kah? :)

      Hapus
    4. iya hehehehe,, soale yang lebih populer ubuntu, n dapetinnya juga gk susah,,,^^

      Hapus
  5. saya juga sedang menggalakkan gerakan open soure nih sobat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, ayo kita berusaha bersama-sama hehehe...

      Hapus
  6. open source emang asik cuy, sy ja skrang lagi snengnya mengutak atik Linux...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu'um,, kmrn baru nginstall linux saya,,,, ^^

      Hapus
  7. sip,mantaf sis.ditunggu kunbalnya.

    BalasHapus
  8. saya sekitar 3 tahun pake linux, dan sangat senang dengan kabar igos, tapi kok kayaknya pemerintah setengah hati ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengandalkan pemerintah sama aja memerintah "raja"

      Hapus
    2. hehehehehe ... ^^ mungkin semua itu bisa di mulai dari diri kita sendiri..

      Hapus
  9. Semoga linux cepat berkembang sehingga kita bisa menikmati OS gratis yang lebih baik dari OS berbayar.'
    Mohon maaf lahir batin juga sob

    BalasHapus
  10. ups, saya cuma mau nambahin
    linux itu bisa kita modif dengan mudah, yah karena open source
    lalu, linux juga bisa digunakan untuk pentes :3

    BalasHapus
  11. saya juga sudah pake linux lo.. :)
    cuma saya belum mendapatkan alternatif yang bagus untuk beberapa software dari wiindows yang cocok untuk dipasang ke linux.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,, semoga nanti ada penyuluhan lebih lengkap...

      Hapus
  12. keren nih infonya, makasih ya :)

    BalasHapus
  13. pake open source terutama linux dan cs2'y lebih aman, gak pake kuatir di sweaping klo pake bajakan, tapi agak repot bagi pemula yang baru belajar seperti saya karena udah dimanja pake windows dan kroni2'y, tapi kudu bisa dan harus bisa....he.he.he

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaps,,, semuanya memang butuh proses kalo mau yang aman hehehehe

      Hapus
  14. sebenarnya sekolah ane udh nyaranin supaya pake linux , tp ane blom pande -_-

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. apanya yang panjang? artikelnya ya? heheheehe keasikan nulis, tiba2 pas di publish jadi sepanjang ini hahahaha

      Hapus
  16. ehm, kalau di terjemahkan ke indonesia jadi jelek ya, mending open source aja. jelas. tapi kelemahannya satu, kita belum terbiasa aja. itu doang, yang lain bagus ko.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip bener banget,, kalo dah terbiasa pake open source juga asik kok.. :)

      Hapus
  17. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger