Home » , , » Fasilitas Laptop Termurah di Dunia Khusus Pelajar Indonesia

Fasilitas Laptop Termurah di Dunia Khusus Pelajar Indonesia

Written By Planet Pengetahuan on Selasa, 13 November 2012 | 11/13/2012 12:49:00 PM

Apa yang kalian pikirkan jika aku mengucapkan  kemandirian di Indonesia? Apa ada yang sama dengan ku yakni dengan membuat inovasi terbaru untuk Indonesia yang lebih mandiri? Hahahaha beda ya ? Atau sama? Siapa yang pemikirannya sama denganku?

Ketika aku berdiri di tengah lapangan depan kampusku, mulai dari kanan dan kiri mataku memandang yang terlihat adalah para kaula muda mahasiswa dan mahasiswi yang sedang sibuk menggunakan gadget yang mereka miliki. Mulai dari laptop, I-Pad, hingga HP Android mereka. Setelah aku jumpai salah satu temanku yang sedang menggunakan Androidnya, ternyata aku lihat dia sedang sibuk mencari referensi untuk mengerjakan tugas kuliahnya. Yups namanya juga anak kuliah tentunya tak pernah lepas bukan dari tugas?



Di sudut lain kampus, aku lihat ada yang mengerumuni sebuah laptop yang setelah aku dekati, mereka adalah teman-temanku dari Semester 2 Jurusan S1 Desain grafis yang sedang mengerjakan tugas desain di sebuah laptop secara bergantian.


“Hei mas bro, emang pada belum ngerjain tugas desain dari Bu Sindhu ya?” tanyaku kepada salah satu temanku yang sedang ikut asik berkerumun di depan laptop tersebut. 

“Belum nih. Banyak yang gak punya computer dengan spesifikasi yang tinggi. Kalo pake computer di rumah serasa bercengkrama sama jangkrik. Lemot gila. Tugas gak kelar-kelar gara-gara computer gak kuat sama software yang dipake nes.” Jawabnya.

Well, jadi seperti ini kondisinya. Hmm susah juga kalo kayak gini terus ya? Kapan tugas bisa kelar tepat waktu kalo 1 laptop dipake buat 7 anak.

Membuka ingatan sebentar agar kalian lebih mengerti kondisi Fakultas Desain Grafis di kelasku. Aku kuliah di sebuah Sekolah Tinggi Komputer. Dalam 1 kelas ada 18 anak desain. Sebenernya semua materi kuliah membutuhkan computer untuk mengerjakannya, namun perlu aku ingatkan kembali, untuk sebuah fakultas desain ada beberapa mata kuliah yang memang membutuhkan computer dengan spesifikasi yang tinggi untuk mengerjakan tugasnya.
Coba lihat gambar di bawah ini tentang tabel jadwal mata kuliahku selama 1 minggu.

Hari
Jam
Mata Kuliah
Dosen Pengampu
Senin
16.30 WIB
Internet
Pak Rusito
Selasa
18.30 WIB
Desain Grafis
Bu Sindhu
Rabu
18.30 WIB
Animasi
Pak Setyo
Kamis
18.30 WIB
Editing Video
PakHaryo
Jumat
18.30 WIB
Aplikasi Pengolah Data
Pak Rusito

Lihat pada bagian mata kuliah. Dalam mata kuliah yang ada, semuanya membutuhkan computer dalam mempelajarinya. Aku kategorikan menjadi seperti di bawah ini :

Internet & APD : Dapat menggunakan computer spesifikasi standart
Desain Grafis, Animasi, Editing Video : Membutuhkan computer spesifikasi yang tinggi

Tentu kalian berfikir “Mengapa harus computer spesifikasi yang tinggi?”
Jawabannya tentulah karena software yang digunakan adalah software yang membutuhkan spesifikasi yang memang harus tinggi. Jika itu tidak digunakan sesuai kemampuannya maka computer akan sering mengalami eror dan lemot jika dipakai.

Nah inilah yang menjadi pemikiranku sekarang. Jika masalah seperti di atas terus dibiarkan maka proses pembelajaran serta pengerjaan tugas kuliah akan sangat terkendala. Jadi apakah inovasi untuk Indonesia Mandiri?

Inovasi tersebut adalah menciptakan computer / laptop dengan  spesifikasi khusus dengan harga yang sangat murah khusus pelajar. Bahkan bisa disebut sebagai computer termurah di dunia.


Dengan menciptakan computer / laptop ini, diharapkan dapat membantu pelajar dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Dengan spesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang super murah bagi pelajar diharapkan mampu membuat pelajar Indonesia lebih mandiri dalam hal pendidikan.

Aku rasa ini akan sangat bermanfaat bagi pendidikan Indonesia. Jika kita mau melihat sedikit sistem pendidikan di Luar Negeri bahkan sudah menerapkan sistem pembelajaran "One Laptop per Child" atau yang bisa disebut dengan OLPC.


Sejak tahun 2007 lalu, aku dengar ada sistem pembelajaran seperti ini di Amerika. Bahkan anak kecilpun sudah memiliki laptop sendiri-sendiri untuk belajar. Jadi dengan sistem ini di harapkan tak ada sikap ketergantungan satu pelajar ke pelajar lain. Entah sistem ini berjalan dengan baik atau tidak di luar negeri, namun aku berfikir jika saja semua pelajar Indonesia termasuk anak-anak IT yang bergelut dengan pelajaran yang membutuhkan komputer/ laptop dengan spesifikasi tinggi bisa memilikinya tentu akan memperlancar proses pembelajaran.

Seperti yang kita ketahui bersama terkadang yang menjadi kendala adalah masalah biaya. Oleh karena itu dengan adanya Fasilitas Laptop termurah di dunia bagi Pelajar Indonesia diharapkan mempu membantu para generasi bangsa dalam proses belajar dan mengerjakan tugas di sekolah ataupun kampus.

Bayangkan jika laptop tersebut dapat dibeli pelajar dengan harga cuma Rp 500.000,-. Ini khusus Pelajar hlo. Maka pelajar Indonesia juga akan lebih melek tehnologi tentunya. Apalagi bagi mahasiswa yang masuk ke bidang komputer seperti aku.

Untuk proses pembeliannya juga harus diperiksa agar tidak terjadi penyimpangan dalam realisasinya. Dengan menunjukkan kartu identitas berupa Kartu pelajar atau mahasiswa dan surat yang diterbitkan oleh sekolah asal, maka laptop ini dapat dibeli pelajar dengan harga khusus.

Apakah di antara kalian ada yang berfikir tentang ketidakmungkinan inovasi ini? Mungkin ada kali ya hehehehe seperti "Kok gak logis ya?".

Tapi semua yang aku lakukan tentu memiliki dasar sebagai referensi bukan?
Di New Delhi India, pemerintah India meluncurkan Aakash 2, komputer tablet dengan harga yang sangat murah : US$ 20 atau sekitar Rp 192,2 ribu. Gadget berbasis Android ini pun menyandang julukan komputer termurah di dunia.
(Sumber : http://id.berita.yahoo.com/india-pasarkan-komputer-tablet-termurah-di-dunia-234725387--finance.html)

Ini dibuat sebagai perangkat pendukung kegiatan mahasiswa dan pelajar. Semua ini demi pengembangan teknologi yang menjadi aspek paling penting dalam pendidikan.

Coba banyangkan padahal alat ini memiliki prosessor yang sangat canggih, namun demi dunia pendidikan, pemerintah rela mengeluarkan dana subsidi agar sikap mandiri dapat tumbuh dalam diri para pelajar.

Nah setelah mengetahui hal itulah, aku membandingan dengan apa yang terjadi di kampusku. Dengan sedikit perubahan, jika saja bisa menjual laptop dengan harga yang super murah khusus pelajar.

Coba lihat beberapa status FB yang aku intip dari teman-teman kuliah ku yang memang mengaku bahwa laptop dengan spesifikasi tinggi itu diperlukan dalam dunia pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran.


Dapat kita lihat bersama, beberapa dari para mahasiswa ini mengeluh karena kesulitan mengerjakan tugas kuliah hanya karena laptop / komputer yang dimiliki tidak bisa memenuhi tuntutan dunia pendidikan. Hahahaha kalo status yang paling bawah itu aku juga gak terlalu ngerti. Sebenarnya dia ngomongin laptop nya yang kayak jangkrik atau emang jangkrik beneran ya? :)

Inilah inovasi yang ingin aku lakukan. Namun untuk terwujudnya usaha ini diperlukan dana yang memang tidak sedikit. Jadi di Hari Ulang Tahun Bank Mandiri yang ke 14 ini aku berharap Bank Mandiri bisa ikut membantu kelangsungan inovasi ini. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama, Bank Mandiri bersama programnya Wirausaha Muda Mandiri telah banyak membantu para generasi muda dalam memulai bisnis dan berwirausaha.

"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya pribadi dan bukan merupakan jiplakan.“
Bagikan Artikel Ini :

51 komentar:

  1. selamat ulang tahun bank mandiri.

    BalasHapus
  2. wah, kalo ada laptop murah aku beli ah...
    :D

    semoga menang ya...

    BalasHapus
  3. wiih keren .. nih
    tapi ane uda ngga pelajar, gimana donk :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha gak boleh... ini khusus pelajar.. :)

      Hapus
  4. wiiihh semoga menang ya mbak buat kontesnya semangat
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. terima kasih ya buat doanya.. :)

      Hapus
  5. met sore mbk. trmksih,ni informasinya mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 sobat.. silahkan kalo mau ikut berpartisipasi...

      Hapus
  6. hare gene ga punya leptop? hehehe... sukses yaa untuk lombanya :)

    BalasHapus
  7. weh 500 ribu murah ya, oh ya alexa udah saya review.

    BalasHapus
  8. nice post...asalkan khusus untuk pelajar, dan demi pendidikan Indonesia aku dukung hahahaha

    BalasHapus
  9. Hay-hay wah nice post sob..
    Perlu dengar post lain ni..
    Bagus banget..:)
    kunjungi my blog jga y..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke deh... tadi dah aku kunjungi... mksh ya

      Hapus
  10. isi postingan ini menjadi inspirasiku dimalam ini..

    terima kasih..
    aku suka dengan postingan ini sobat..

    BalasHapus
  11. Di Indonesia kapan bisa kek gitu?

    BalasHapus
  12. bagus mba artikelnya, semoga menang kontesnya yaa :)

    BalasHapus
  13. Pengen deh sya pux laptop.tapi hrgx mahal.
    jdi hrus k warnet deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D besok ya kalo ada laptop murah khusus pelajar

      Hapus
  14. Pengen deh sya pux laptop.tapi hrgx mahal.
    jdi hrus k warnet deh.

    BalasHapus
  15. wah kerennnnn... kpan ya buat mahasiswa dpet leptop yg murah tapi bgus cocok d kantong pelajar?

    BalasHapus
  16. Kapan ya dapet leptop baru gratissss,,,
    :) :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya... :D masih dalam perencanaan...

      Hapus
  17. pasti laris manis kya kcang goreng
    sukses postnya :)

    BalasHapus
  18. 500 ribu? mau dong :)
    sayangnya dah ga pelajar jg niy

    BalasHapus
  19. wah pengen nih pengan buat ponakan aku .
    caranya begimana yak ?

    BalasHapus
  20. Mampir Ahh Biar Gak DiBilang Sombong heheheh..

    Izin Duduk-Duduk Di Blog Mu Yang Cantik Ini SOb..


    #Don't Forget Coment Back..

    BalasHapus
  21. kapan akan direalisasikan oleh pemerintah indonesia. Aku butuh laptop . Budayakan visit.dan comen. Back
    @

    www.riosankazi.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Laptop sejuta umat, pemerintah kita belum mikir yg begituan..

    btw salam kenal & follback ya

    BalasHapus
  23. nice post
    berkarya terus sob:)
    Berkunjung juga ya ke my blog :)
    Sebelum nya Makasih:)

    BalasHapus
  24. semoga terwujud, amin.
    saya senang dengan blog mbak,semoga blog saya bisa sebagus dan sebermanfaat seperti ini.

    BalasHapus
  25. Nice Post Jangan Lupa Kunjuni Blog Saya
    http://sewa-laptop-surabaya.blogspot.com/

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger