Home » , , » TRIK MENULIS INDAH DI BLOG

TRIK MENULIS INDAH DI BLOG

Written By Planet Pengetahuan on Rabu, 09 Mei 2012 | 5/09/2012 11:02:00 PM

Menulis Itu Apa Sih?


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, menulis adalah “membuat huruf atau angka dengan menggunakan alat tulis (pensil, pena, kapur, dan lain sebagainya)”. Tapi apakah itu arti menulis? Ya.. itulah menulis. Seiring dengan semakin kompleks nya kehidupan manusia, menulis bukan hanya sekedar membuat tulisan. Kini Menulis sudah menjadi suatu hobi, sarana maupun pekerjaan yang bermanfaat bagi kehidupan kita.
Penulis, wartawan, mereka adalah sebagian kecil golongan yang menggantungkan hidupnya pada tulisan. Menulis sudah menjadi hal umum dan setiap orang bisa melakukannya. Namun taukah Anda jika dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita dapatkan, antara lain:
- Menambah pengetahuan kita mengenai sesuatu.
- Menyalurkan hobi.
- Membangun “Brand Name”.
- Melatih kreativitas.
- Menghilangkan stress.
- Dll.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan belajar dan rutin menulis. Untuk itu saya akan mencoba berbagi tips mengenai bagaimana menulis yang bisa menyenangkan diri kita. Salah satu sarana publikasi tulisan yang murah dan pembacanya banyak adalah melalui blog. Yup, blog sudah menjadi fenomena di Indonesia. Dan memang nge-blog itu asyik banget loh… ☺. Selian itu, dengan menulis kita juga berbagi (sedekah) pengetahuan kepada orang lain. Untuk itu, ayo kita terus berlatih menulis supaya memperbanyak amal. Selanjtunya kita akan membahas mengenai berbagai artikel ringan yang akan membantu Anda untuk bisa menulis indah ☺. O iya, sebelum lanjut, tentunya kita harus tahu apa itu menulis indah. Menurut opini saya, menulis indah adalah kegiatan menulis yang bisa membuat kita dan orang lain menjadi gembira. Bagaimana caranya?


Fiksi Atau Non Fiksi

Sebelum kita mulai menulis, ada hal utama yang harus kita pahami. Yaitu bentuk tulisan kita. Secara umum jenis tulisan ada dua yaitu fiksi atau nonfiksi. Nah, silakan Anda pilih yang mana yang Anda sukai. Fiksi atau nonfiksi nih ☺? Menurut pendapat saya nih, membuat tulisan non fiksi itu cukup menantang dan membutuhkan kerja tapi dijamin tidak stress jika kita melakukannya dengan ikhlas dan tanpa paksaan. Sedangkan untuk fiksi itu cukup menantang kreativitas kita. Misalnya dalam menulis cerpen, gimana? Penulisnya pasti menatap notebook atau laptop sambil berhenti sejenak dan melihat sekeliling ☺.
Terlepas dari sulit yang mana, tapi dua-duanya asyik dan bisa bermanfaat jika kita menikmatinya. Sobat, kita bahas lebih jauh ya. Fiksi - Jenis karya tulis yang berisi hal karangan dari imajinasi penulis. Contoh karya fiksi antara lain novel, cerpen yang bergenre khusus. Misalnya cerpen tentang cinta, novel tentang horor. Pokoknya semua yang bersifat karangan dan rekaan penulisnya adalah fiksi. Hingga ebook ini ditulis, masih belum banyak blogger yang blognya berisi mengenai cerpen, novel atau karya fiksi lainnya. Jika kita hubungkan ke blog, akan menjadi tema yang menarik jika blog kita berisi hal mengenai cerpen, novel atau cerita tertentu. Untuk itu bagi Anda yang suka membaca dan menulis cerpen tidak ada salahnya terjun ke dunia blogging dan mulai menjadi blogger yang juga sekaligus cerpenis atau novelist di blog Anda. Pasti keren.. ☺


Non Fiksi – Jenis karya tulis yang berisi informasi mengenai hal yang nyata dan umumnya dibuat berdasarkan pengalaman atau pengetahuan dari penulisnya. Tujuan membuat karya non fiksi adalah digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi orang lain. Untuk blog yang mengusung tema non fiksi sudah banyak sekali di Indonesia, mulai dari yang membahas tutorial how to, motivasi, pengemangan diri, info produk, katalog bisnis, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tertarik dan menyukai jenis karya tulis non fiksi, tidak ada salahnya untuk menjadi blogger yang membahas mengenai non fiksi yang Anda sukai. Baiklah, sekarang silahkan Anda tentukan mana yang Anda sukai dan semua tergantung dari Anda ☺.

IDE Itu Nafasnya Penulis


Langkah pertama untuk mulai menulis adalah dengan menentukan IDE. Ide untuk sebuah karya tulis biasanya datang dari hal yang Anda sukai, misalnya jika Anda suka bermain game maka saya yakin Anda akan suka jika disuruh menceritakan mengenai game dalam bentuk tulisan. Iya kan? Meskipun Anda tidak hobi menulis maka saya yakin Anda akan suka dan bisa jika disuruh bercerita mengenai game dalam bentuk tulisan. Tentunya ini menjadi hal yang menarik. So, kesimpulannya bukan pada kemampuan tapi pada pikiran
kita. Jadi Anda tidak perlu malu dan takut untuk membuat suatu karya tulis karena tidak bisa menulis. Yakinkan dan buat pikiran Anda menyukainya maka Anda akan mulai menyukainya ☺. Dalam menulis sebuah karya tulis, baik itu cerpen, novel, puisi ataupun artikel hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menentukan ide/tema. Oke sobat. Segera tentukan ide Anda jika ingin membuat sebuah karya tulis.
Krisis Ide? Ini Dia Solusinya.
Semua penulis meskipun dia sudah expert dan master pasti pernah mengalami yang namanya krisis ide. Bahkan sering kali ya? Jujur saya sering mengalami krisi ide ketika hendak posting atau membuat artikel maupun karya tulis.

Jika Anda mengalami krisis ide, ada banyak cara untuk mengatasinya. Misalnya:

  • Jalan-jalan ke toko buku. Penulis mana sih yang nggak pernah ke toko buku? Toko buku bisa Anda jadikan sebagai tempat rekreasi untuk mencari ide segar agar bisa dijadikan sebagai sebuah tema untuk suatu karya tulis. Saya yakin Anda akan dengan mudahnya menemukan ide jika Anda datang ke toko buku lalu lihat dan perhatikan jajaran buku yang terpajang dengan rapi itu ☺.
  • Browsing di Internet. Ini yang paling saya suka, harganya murah tapi hasilnya maksimal. Jika Anda mengalami krisis ide, silahkan Anda nyalakan komputer, konek ke internet, buka browser, lalu ajak Mbah Google untuk menemani Anda mencari apa yang sedang Anda pikirkan saat ini. Maka dalam hitungan menit saya yakin ide bisa muncul dengan sendirinya di kepala Anda.
  • Dengarkan musik yang Anda sukai. Siapa sih yang belum pernah dengerin musik? Semua orang pasti pernah. Menurut pengalaman saya, ide untuk karya tulisan bisa muncul jika saya mendengar musik yang saya sukai. Apalagi ide fiksi maka untuk mendapatkannya saya suka dengerin musik yang tema nya saya sukai. So, musik juga bisa lho.. ☺
  • Nonton acara tv yang bagus. Acara yang bagus menurut Anda pasti akan Anda sukai. Untuk itu jika menonton acara yang Anda sukai, nikmatilah setiap detiknya dan saya yakin bisa mengobati penyakit krisis ide. Nggak percaya? Silakan dicoba deh.
  • Kunjungi situs “gudang artikel”. Ini beda dengan browsing lho. Jika browsing kita mencari sesuatu yang belum tentu artikel yang menarik. Nah jika Anda ingin mencari artikel menarik untuk mengobati krisis ide, maka situs berikut ini cocok untuk Anda. Dua situs ini disebut sebagai gudang artikel lho.. ☺. www.goarticles.com dan www.ehow.com.
Mungkin itulah kegiatan yang bisa mendatangkan ide untuk dijadikan sebagai sebuah karya tulis. Silakan Anda coba sendiri ☺.

Ide Segar Atau Yang Daur Ulang Ya?
Dalam membuat suatu karya tulis baik itu di blog atau bukan, saya yakin Anda pernah bertanya dalam hati, ide segar atau daur ulang? Hmm.. sama-sama menarik lho, baik yang daur ulang maupun ide segar. Menurut pengamatan saya, umumnya blogger (terkadang saya) menulis sesuatu yang merupakan daur ulang dari ide yang sudah ditulis oleh orang lain. Sebenarnya nggak ada yang melarang kita untuk mendaur ulang ide orang lain. Nggak percaya?
Coba deh Anda ke toko buku, datang ke suatu rak buku, lalu lihat. Berapa banyak buku yang temanya sama dan isinya juga hampir pasti sama. O iya nggak perlu jauh-jauh ke toko buku, browsing saja ke internet, berapa banyak blogger yang membahas tentang bisnis internet, tutorial blogging? Ribuan bukan? Itu menandakan bahwa mendaur ulang ide itu boleh asal tidak copas (copy and paste). Copas hanya membunuh kreativitas seorang penulis, maka dari itu janganlah Anda copy paste tulisan orang lain.
Tips Dalam Mendaur Ulang Ide
Mendaur ulang ide adalah suatu kegiatan yang asyik. Dan ingat mendaur ulang bukan berarti mejiplak sama persis lho. Harus selalu mengutamakan kreativitas. Berikut beberapa tips menarik untuk membantu Anda mendaur ulang ide:
  • Kelola dan ramu dengan “bahan-bahan” baru. Dengan menambahkan bahan atau sesuatu yang fresh dan baru di tulisan Anda maka ini akan menjadi nilai lebih. Yaitu membuat karya Anda menjadi up to date.
  • Gunakan bahasa Anda sendiri yang mungkin jauh lebih mudah dipahami oleh orang lain. Nilai tertinggi suatu karya tulis adalah kepuasaan pembaca. Jika Anda mampu membuat karya tulis yang mudah dipahami pembaca, maka rating dari karya Anda tinggi. Untuk mencapai itu tentunya harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang.

Bagikan Artikel Ini :

1 komentar:

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger