Home » » DISKUSI ONLINE "MENGINGAT KEMATIAN"

DISKUSI ONLINE "MENGINGAT KEMATIAN"

Written By Planet Pengetahuan on Kamis, 26 Juli 2012 | 7/26/2012 01:40:00 PM


Assalamu’alaikumWr. Wb
Selamat siang sahabat Blogger. Masih kuat kan dalam menjalankan ibadah puasa hari ini ? (bagi Anda yang menjalankan).
Pada kesempatan siang hari ini , saya ingin membuat tema berbeda dalam posting artikel saya. saya sebut ini sebagai  “Diskusi Bareng Kawan Blogger”. Diskusi ini terbuka untuk siapa saja yang ingin masuk. Tema diskusi kali ini tidak jauh-jauh dari bulan suci ini. Tema diskusi yang akan saya ambil adalah “Mengingat Kematian”.
Sedikit serem ya? Tapi ingatlah, kelak kita semua akan mengalami yang namanya mati.
Oke langsung masukke tema pembahasan ya?

“Kematian” ? Apa sih sebenarnya kematian itu dan kenapa harus ada yang namanya mati? Kenapa kita tidak hidup selamanya di dunia ini?Hayo ada yang tahu gak? Nah biar diskusi kali ini mudah di mengerti, saya akan bagi menjadi butir – butir pertanyaan. Jadi bagi para sahabat yang ingin ikut ambil bagian dalam diskusi ini, langsung bisa berkomentar.
1.       Apa sih kematian itu ?
2.       Kenapa sih harus ada kematian ?
3.       Takut sama mati ?
4.       Bagaimana cara kita mempersiapkan kematian ?
5.       Mempersiapkan kematian tapi tetap bisa menikmati hidup ? Gimana ya ?
6.       Sakaratul Maut ?
7.    Apa yang harus kita lakuin kalo kita sedang berada di sebelah orang yang mendekati sakaratul maut ?

Jawaban menurut saya :


1.       Apa sih kematian itu?
Mati itu di cabut. Cabut cabutcabut. Yang namanya dicabut raanya sakit lho. Liat aja tu cabut gigi. Yah hanya itu yang bisa saya bilang. Ada saran lain? Mohon komentarnya agar bermanfaat bagi teman-teman yang lain.

2.       Kenapa sih harus ada kematian ?
Kematian itu ada sebagai batas. Batas antara dunia dan akherat. Setuju kah Anda?

3.       Takut sama mati ?
Untuk yang satu ini, sebagian orang pasti takut mati bukan? Berbeda halnya dengan takut di dunia ini. Misalnya takut sama binatang buas jadi harus menjauhi binatang buas, takut terbakar jadi harus menghindari main api. Tapi beda dengan takut sama mati. Kita jangan maah lari dari ini. Sebaliknya kita seharusnya mempersiapkan segala sesuatu untuk kematian. Maksudnya bukan nyiapin batu nisan, liang lahat dll. Namun menyiapkan amal ibadah kita selama hidup di dunia.
Setuju kah Anda untuk poin ini? Atau ada jawaban lain?

4.       Bagaimana cara kita mempersiapkan kematian?
Ya untuk yang satu ini sebenarnya banyak. Saya Cuma bisa bilang, untuk hal ini yang diperlukan adalah “Senantiasa mengingat mati”. Bagi umat Islam yang ingin Sholat nya khusuk “Anggaplah bahwa itu adalah holat terakhir kita”. Yang ingin puasanya khusuk “Anggaplah bahwa itu adalah puasa terakhir kita”.

5.       Mempersiapkan kematian tapi tetap bisa menikmati hidup ? Gimana ya ?
Nah ini dia yang jadi pertanyaan. Kalo kita Cuma nginget mati aja, semua orang gak akan beraktivitas. Mereka pasti memilih untukdiam dan berdoa sambil nunggu kematian datang. Jadi gimana?Ada yang tahu?

6.       Sakaratul Maut ?
Ini yang akan kita hadapi ketika kematian datang. Setahu saya sakaratul maut itu rasanya sakiiiit banget.

7.    Apa yang harus kita lakuin kalo kita sedang berada di sebelah orang yang mendekati sakaratul maut ?
Kalian duduk di sebelah kanan orang tersebut.Disebelah telinga ya? Jangan di tegah-tengah(perut). Tahukenapa? Karena disitulah malaikat duduk ketika akan mencabut nyawa kita.Dia akan menarik roh kita dimulai darikaki kemudian naik. Bantu orang tersebut untuk mengucapkan kalimat shadat.

Nah sekian yang dapat saya kasih taukan. Saya mohon komentar dan ketersediaan sahabat untuk ikut andil bagian dalam diskusi ini. Karena satu kalimat dari anda sangat bermanfaat bagi yang lain. Syukur-syukur menjadi pahala. Aamiin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bagikan Artikel Ini :

14 komentar:

  1. Setiap yang berjiwa akan merasakan mati.. Jadi mati hukumnya pasti tidak bisa di tawar lagi, semuahnya berpulang dari masing2 individu untuk mempersiapkan hal itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. bener banget. mati hukumnya wajib? hehehe semoga kelak kita semua selamat dunia dan akherat ya... :) aamiin

      Hapus
  2. masuk filsafat banget ya bicara soal mati.
    belum pernah merasa siap jika bicara soal itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ya habis setiap yang hidup itu kan pasti akan mati... :)

      Hapus
  3. nice share sob . . .
    mati itu emang takdir . .
    di tunggu follow baliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan mksh ya? habis ini saya meluncur,,,,,

      Hapus
  4. Kunjungan perdana sobat,
    artikel di blog ini sangat bermanfaat semua sobat, penuh informasi dan inspirasi...
    sangat beruntung saya bisa berkunjung di sini..
    salam persahabatan, dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seharusnya saya yang berterima kasi, sobat sudah menyempatkan diri membaca artikel saya ini. :) semoga bermanfaat kalo ada koreksi langsung aja komentarnya ya? hehehe mungkin ada yang tidak setuju dengan kata-kata yang saya muat..

      Hapus
  5. kematian adalah sustu hal yang pasti akan dialami setiap orang......

    BalasHapus
  6. 1 Apa sih kematian itu?
    Kematian itu salah satu proses untuk melanjutkan hidup yang sebenarnya nanti di akhirat, dengan cara diambil ruhnya dalam diri manusia
    2. Kenapa sih harus ada kematian ?
    karena ada kehidupan, ada hidup ada mati.. :) simple kan. :)
    3. Takut sama mati ?
    tergantung kepada iman kita, jika kita mempunyai iman yang kuat, mati salah satu nikmat karena kematian salah satu perantara utk berjumpa bertemu dengan Allah. Sebalikya jika orang itu imannya lemah, pasti akan merasakan takut akan kematian. karena takut disiksa oleh adzab Allah..
    4.Bagaimana cara kita mempersiapkan kematian?
    dengan mencari Ridho Allah, apa itu ridho Allah, jangan melihat dulu ridho, tapi apa sih sebab kita dirihoi Allah, itu yg harus kita cari, karena ada dalam keridhoan Allah, kunci masuk surga.. aamii
    5. Mempersiapkan kematian tapi tetap bisa menikmati hidup ? Gimana ya ?
    caranya, selalu bersyukur atas nikmat-Nya. bagagaimana cara bersyukur, ibadahlah sesuai dg yang diperitahkan Allah lewat Rasul kita yakni Nabi Muhammad saw..
    6. Sakaratul Maut ?
    sakaratul maut salah satu malaikat pencabut nyawa, kemana pun kita pergi, dimanapun kita ada, pasti akan di ikuti oleh malaikat itu. konon dalam kitab, malaikat sakaratur maut itu wajahnya menyejukkan bila mau mencabut manusia yang sholeh sholehah, mencabut nyawapun sangat hati2 agar tidak merasakan sakit,
    tetapi jika mau mencabut nyawa orang yang berdosa, musyrik atau kafir, dia akan menampakkan wajah yang menakutkan, sehingga mencabutnya pun sadis sekali. Na'udzubillah..
    7. Apa yang harus kita lakuin kalo kita sedang berada di sebelah orang yang mendekati sakaratul maut ?
    aku pernah mengalami sperti ini berada disamping kakeku yang sedang sakaratul maut, aku membacakan ayat alquran dengan tangisan yang mengalir, kmdudian aku bisikkan lapad Lailaaha illallah. supaya yang ia dengarkan bisa di ikutinya,
    demikian pendapatku yang singkat.. ^_^..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini nih omentar yang bagus banget. bener2 bermanfaat dan semoga buat yang baca dapat ilmu baru. :) makasih ya dah mau sharing ilmu...

      Hapus
    2. ^_^.. kan itu pertanyaan sahabat..
      jadi aku jawab semuanya. menurut yang aku tahu..
      bila ada yang salah mohon dimaafkan. maklum masih belajar..

      Hapus
  7. bila shalat ingatlah seakan kita akan mati esok n ketika kita mencari rezki anggaplah kita akan hidup sampai seribu thn lagi... jangan sampai dibalik perumpaannya :)
    waktu shalat seakan hidup seribu thn »shalatnya jadi expres 1 menit selesai..
    ketika cari rezki ingat mati » ga ada semangat,lemes2an apalgi seperti bulan puasa ini... hehe
    sy hanya mencoba beri tambahan untk point 4&5 moga bisa di trima ya sis.. :)

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger