Home » , » KUNCI KEBERHASILAN SUATU BANGSA DIMULAI DARI SEORANG PENDIDIK

KUNCI KEBERHASILAN SUATU BANGSA DIMULAI DARI SEORANG PENDIDIK

Written By Planet Pengetahuan on Minggu, 08 Juli 2012 | 7/08/2012 08:09:00 PM


-- KUNCI KEBERHASILAN SUATU BANGSA DIMULAI DARI SEORANG PENDIDIK --
Menjadi pendidik ? Menurut kalian bagaimana? Pernahkah kalian berfikir tentang sulitnya menjadi seorang pendidik? betapa luhurnya hati seorang pendidik? Tidak semua orang bisa menjadi seorang pendidik. Tahukah Anda kenapa? Karena pendidik itu tidak cukup hanya dengan mengajar seorang murid namun lebih dari itu semua.

Menjadi seorang pendidik tidak bisa dilakukan hanya dalam 1 malam saja. Semua itu butuh proses. Kita ambil saja contoh nyata dalam kehidupan kita yakni guru. Guru yang sering kita sebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa.

Menjadi seorang guru tidak hanya sebatas dinding sekolah saja. Merekalah yang menjadi tolok ukur berhasil atau tidaknya suatu bangsa. Tahukah Anda kenapa? Alasan pertama, darimana ilmu itu kita dapat jika tidak dari seorang guru. Oke mungkin tidak semua ilmu itu dari guru namun sebagian besar iya bukan? Mereka mengajarkan kita banyak hal. Mulai dari informasi, ilmu, sebagai jembatan kita mengenal tentang kebudayaan negeri ini, mengarahkan kita dan lebih dari itu semua secara tidak langsung merekalah yang membentuk kepribadian kita sejak dini. Mereka telah mengajarkan kedisplinan kepada kita, mengarahkan mana yang baik dan yang buruk, memberitahu kita jika kita melakukan kesalahan dan memberitahu mana yang benar, mereka membentuk karakter pada diri kita sesuai dengan norma-norma pancasila. Jadi jangan pernah meremehkan para pendidik di negeri ini. Banyak sekali yang telah mereka lakukan untuk kita dan negeri ini.

Pernahkah kalian mendengar seorang guru yang rela dipindah tugaskan ke daerah terpencil di pelosok negeri ini? Mereka rela meninggalkan semua yang mereka miliki sekarang dan menetap di daerah yang bisa dibilang minim seorang pendidik. Mereka rela melakukan semua itu demi 1 tujuan yakni ingin memajukan negeri ini. Merekalah sosok pendidik sejati yang benar-benar patut di acungi jempol. Benar-benar sosok seorang pahlawan pada era yang modern ini.

Nah kembali lagi ke topik utama kita, MENJADI SEORANG PENDIDIK itu berarti juga harus siap MENJADI SEORANG PEMBIMBING. Indonesia masih butuh sosok seorang pendidik. Pendidik yang berkualitas dan berkompeten. Merekalah yang menjadi kunci keberhasilan negeri ini. Mau jadi apa negeri kita jika tidak ada sosok seorang pendidik? Pernah membayangkan seperti apa negeri ini tanpa adanya guru? Benar-benar tak bisa dibayangkan.

Marilah kita sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa, berusaha bersama-sama mengubah negeri kita menjadi negeri dengan kualitas pendidikan yang tinggi. Mulai detik ini, belajarlah menghargai sosok seorang pendidik. Mereka berusaha membimbing kita. Mereka berusaha membuat kita menjadi seseorang yang memiliki kepribadian baik. Jangan persulit jalan mereka. Karena kita tahu satu hal “Mereka sedang berjuang memajukan negeri ini”. Mari kita saling bahu membahu bersama para pendidik di Indonesia untuk memajukkan negeri tercinta kita ini. Jangan sia-siakan usaha yang telah para pendidik berikan untuk kita dan negeri ini. Kita harus ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan pendidikan di negeri ini. Teruslah membimbing kami para pendidik negeri. Jangan biarkan kami gagal menjadi generasi penerus yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Bagikan Artikel Ini :

6 komentar:

  1. Setuju sekali sobat, karena Guru/pendidik lah yang mencerdaskan bangsa sobat, tanpa guru kita tidak mungkin bisa berdiri seperti ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,, guru sebagai jembatan antara kita dan ilmu...^^

      Hapus
  2. Super sekali sahabatku, Postingannya sangat membangun dan membangkitkan kita semua, sudah sewajarnya, seharusnya, dan memang pendidik adalah bagian dari Pejuang atau pahlawan yg benar^ murni tanpa tanda jasa, saya sangat setuju sekali, ......
    Hanya permasalahan di Negeri ini sering meremehkan thd para pendidik, masih banyak para pendidik kita yang mengalami kesulitan dalam urusan disebabkan kurangnya perhatian Pemerintah, kalau saya perhatikan Pemerintah masih belum memperhatikan sepenuhnya: contohnya
    1. Kalau memang harus di persulit kenapa di permudah,
    2. Kalau memang harus dipermudah Kenapa di persulit

    contohnya:,
    1.masalah sertifikasi Guru, terkadang mempersulit bagi yg sudah seharusnya dapt, sebaliknya masih dipermudah padahal harusnya dipersulit
    2.Dalam masalah sertifikasi Masih ada sistim Nepotisme yg seharusnya tidak terjadi....
    3.Kalau Memang pemerintah komitmen berikan mereka kemudahan, mereka sudah jadi guru berarti sudah Lulus dalam Tes di segala^nya, inilah yg seharusnya dipikirkan oleh pemerintah, jangan hanya utk kepentingan proyek....Tapi Hargailah semua pendidik dg secara Profesional.....D.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini dia masalah yang sering dijumpai,,, semoga ada pembenahan agar pendidikan di negeri ini semakin maju... makasih ya atas pendapatnya yang sangat bermanfaat ini

      Hapus
  3. dalam kejadian seperti ini seharusnya kita bercermin kepada jepang, dimana ketika terjadi bom nagasaki dan hiroshima, yang pertama kali di cari adalah apakah masih ada guru yang hidup?? coba indonesia demikian!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener. semoga Indonesia bisa nyusul hehehehe

      Hapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger