Home » » Bakti Sosial di Panti Asuhan Cacat Ganda Saat Bulan Ramadhan

Bakti Sosial di Panti Asuhan Cacat Ganda Saat Bulan Ramadhan

Written By Planet Pengetahuan on Kamis, 16 Agustus 2012 | 8/16/2012 06:08:00 PM


Awal Ramadhan kemarin, aku dan teman-teman kampus membuat acara buka bersama. Acaranya tidak seperti buka bersama pada umumnya. Sebelum buka bersama, kami melakukan Bakti Sosial. Yakni bakti sosial bersama anak yatim piatu yang bisa dibilang mengalami keterbelakangan mental. Mungkin inilah pengalaman di Bulan Ramadhan yang tidak akan pernah terlupakan.

Malam itu seusai jam pelajaran, sekitar jam setengah 9 malam di kampus, semua anak semester 1 berkumpul di satu ruangan guna membahas acara buka bersama yang akan diselenggarakan. Pembahasan acara berlangsung agak sedikit susah karena bingung menentukan jadwal acara. Sampai sekitar jam 9 lebih akhirnya keputusan yang di ambil adalah sebagai berikut :
  1. Iuran untuk Bakti Sosial sebesar Rp 30.000,-
  2. Buka bersama yang diselenggarakan bersamaan dengan bakti sosial dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2012
  3. Tujuan bakti sosial berada di daerah Semarang Timur tepatnya di Panti Asuhan Cacat Ganda Al-Rifdah Tlogomulyo Semarang
Sedikit informasi kenapa teman-teman saya memilih Panti Asuhan tersebut.
Awalnya salah satu temanku melihat cuplikan video di internet. Berikut bisa langsung kita simak video yang pertama kali membuat teman-teman mengetahui informasi tentang Panti Asuhan ini.




Setelah melihat tayangan video tersebut, salah satu temanku berusaha mencari informasi lebih lengkap mengenai Panti Asuhan ini. Mulai dari tempatnya, awal mulanya, hingga kondisinya sekarang. Setelah beberapa jam mencari informasi, akhirnya temanku merekapnya menjadi satu kemudian membahasnya dengan teman-teman yang lain. 

Berikut adalah informasi yang diperoleh oleh temanku :
Pengurus Panti bernama lengkap Rahma Faradila. Letak Panti Asuhan ini berada di Tlogomulyo Semarang. Ditempati oleh 17 orang yakni anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental dan pengurusnya yaitu Ibu Rahma. Semua informasi itu ia dapat dari salah satu artikel di internet.

Setelah membahas semua itu, akhirnya kami putuskan untuk mengadakan acara bakti sosial di panti asuhan tersebut. Ada 3 fakultas yang ikut dalam acara Baksos, dan di setiap fakultas ada wakil yang ikut menuju Panti untuk melihat keadaan panti secara langsung. Dari Fakultas saya sendiri ada 3 orang teman yang ikut kesana. Semua yang dijumpai oleh temanku yang menjadi wakil ke panti diceritakan dengan seksama. Mulai dari keadaannya, pengurusnya dan lingkungan sekitar. Hatiku teriris ketika aku mendengar ceritanya. Apalagi ketika ia menceritakan bahwa Bu Rahma (pengurus sekaligus pendiri panti) sempat diusir dari kampungnya karena menampung anak-anak yang memiliki keterbelakangan mental. Akhirnya ia menggunakan uangnya sendiri untuk membeli sebuah rumah yang bisa dibilang sangat sederhana dan digunakan untuk panti asuhan ini.

Tanggal 5 Agustus 2012 tiba. Siang itu yang bisa dibilang lumayan panas, aku dan teman-temanku menuju ke lokasi Panti. Betapa tertegunnya kami semua ketika sampai disana melihat kondisi tempat yang digunakan untuk mereka hidup sehari-hari. Apalagi rumah tersebut ditempati oleh 17 orang.





Tak sampai disitu, ketika kami sampai di depan pintu air mata tak terbendung lagi. Melihat mereka yang masih sekecil itu dibuang oleh orang tua mereka. Sebelum masuk ke dalam panti, kami disapa oleh Ibu Rahma. Sebuah sapaan hangat. Kami langsung dipersilahkan masuk untuk melihat keadaan anak-anak panti tersebut. Kali ini tak hanya satu, namun beberapa di antara temanku tak bisa menahan tangisnya. Bagaimana tidak? Coba lihat anak-anak manis yang tak berdosa ini dibuang oleh orang tua mereka. Bahkan tak sedikit di antara mereka yang masih sangat kecil. 




Selama beberapa jam kami sempat bercanda bersama mereka semua. Sebuah senyum manis di wajah mungil mereka membuat hati ini ikut bahagia. Sama sekali tak ada guratan kesedihan di wajah mereka.



Sore pun menjelang. Akhirnya kami semua pamit pulang. Sebelum pulang, salah satu perwakilan dari kami memberikan sedikit bantuan kepada Bu Rahma demi kelangsungan panti. Walaupun tidak seberapa namun kami berharap semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi mereka semua.





Hari itu menjadi hari yang tak terlupakan bagi kami semua, sebuah tali silaturahmi yang terbangun, semoga akan tetap ada sampai kapanpun. Aku berharap, semoga mereka bahagia. Jangan ada tangis kesedihan di wajah mereka.
   

Hasil video shoot yang telah di buat pada saat acara berlangsung bisa kita lihat langsung tayangannya di bawah ini :
Ini ada video dari awal acara hingga akhir acara. Silahkan klik untuk melihatnya.



Banyak pelajaran berharga yang dapat dipetik dari pengalaman tanggal 5 Agustus 2012 tersebut. Kalau dari saya pribadi, saya lebih bersyukur atas apa yang saya peroleh sekarang. Semoga Anda juga mendapat pelajaran yang bermanfaat dari artikel yang saya buat ini. Terima kasih.

Bagikan Artikel Ini :

67 komentar:

  1. berbagi bersama alangkah indahnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini, kegiatan yang patut ditiru, terus semangat ya kak ?

      oh iya, kunjungan perdana ni kak, dari Gita, main ketempat aku juga ya !

      Hapus
    2. iya,,, habis ini saya main hehehehe

      Hapus
    3. lanjutkan berbagi sesama,apa yg dia rasakan apakah kita merasakan ?.... sungguh menyedihkan bagi kami,awal yg kita lakukan ,lakukanlah selagi kita bisa melakukan,sebelum kita diperlakukan seperti mereka....

      Hapus
  2. alhamdulillah, senang mengetahui masih ada yang memberikan perhatian terhadap sesama...apalagi di bulan suci Ramadhan ini :)

    BalasHapus
  3. Subhanallah mulianya mreka bisa berbagi ke panti asuhan..
    100 jempol aku berikan kepada mereka.. ^_^...
    btw apakah kamu salah satu dari mereka..? heheee

    BalasHapus
  4. semoga jerih upayanya mendapatkan pahala dari Allah SWT...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,,, ^^ sikap yang patut diteladani dari bu Rahma

      Hapus
  5. Berbagi itu indah....
    met mlm sob

    BalasHapus
  6. kunjungan balik nona, salam blogger ..salam damai..salam sejahtera..maaf belum bisa komentar banyak dan pas....

    BalasHapus
  7. semoga saja klo qt d beri umur panjang bisa melaksanakan baksos seperti ini lagi... gak hnya d bulan puasa tapi di hari2 biasa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyups,, aamiin ^^ semoga masih ada kesempatan...

      Hapus
  8. kmaren tanya domain dot com yg gratis

    BalasHapus
  9. Semoga diberkahi semua amal baiknya sob... Amin...

    BalasHapus
  10. sungggu..... rasanyaaaaa kita haruuus turuut membantuu,... dan bersyukuur kita dilahiirkan dengan sempuurnaaaaaaa.....

    BalasHapus
  11. jadi kepengen ikutan acara bakti sosialnya sobat...

    BalasHapus
  12. wahahh keren nih.. bakti sosial di bulan suci ramadhan :)

    BalasHapus
  13. indahnya kala kita bisa berbagi dengan sodara-sodara kita yang kurang beruntung ya...

    BalasHapus
  14. lanjutkan,,,,,,dorongan smangat,,,,sangat membantu sesama umat,,,,,kita harus lebih bersyukur, terlahir sempurna,,,,,

    BalasHapus
  15. luar biasa.. :)
    salah satu media untuk bersyukur di tengah sempurnanya kondisi kita.. :)

    BalasHapus
  16. Tangan di atas tentu lebih baik
    Semoga mendapat rejeki berlimpah

    BalasHapus
  17. semoga semakin bertambah orang-orang seperti sobat yang sangat sayang dan peduli kepada anak-anak yatim.. salut ::thumb::

    BalasHapus
  18. Maaf OTT,
    Teruntuk semua Sobat Muro’i El-Barezy, diri ini hanyalah manusia biasa yang tak luput dari segala khilaf dan dosa serta prasangka. Di penghujung bulan yang penuh berkah ini saya selaku Admin blog Muro’i El-Barezy, memohon maaf atas perkataan lewat tulisan baik yang disengaja maupun tidak. Semoga amal ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini diterima oleh Nya dan semoga kita kembali di pertemukan dengan bulan yang penuh berkah ini.
    Selamat hari raya Idul Fitri 1433 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
    تَقَبَلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ
    Semoga Allah menerima segala amal ibad kita. Amin.

    BalasHapus
  19. Sealamat Hari Raya Idul Fitri
    Minal Aidin Wal Faidzin

    BalasHapus

  20. maaf lahir bathin dari saya sahabatku..
    Taqabbalallaahu minna wa mingkum..
    Taqabbal yaa kariim...

    BalasHapus
  21. minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. .

    BalasHapus
  22. Numpang Komentar disini, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    ketika akhir Ramadhan berlalu berganti fajar Syawal, izinkanlah saya mengucapkan salam dan doa,
    Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
    Semoga ALLAH menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan ,
    dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
    SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA KEMENANGAN IDUL FITRI,
    bila ada salah dan khilaf selama ini, baik yang disengaja atau tidak disengaja, mohon dimaafkan lahir dan bathin,
    Wassalam

    BalasHapus
  24. mulia banget kegiatannya mbak.

    selain dapat kegembiraan dapet pahala juga ya :)

    BalasHapus
  25. wah, baksos bersama anak cacat ya, kemarin gw juga ikut baksos bersama anak2 panti. Kalo baksos gitu jadi lebih berasa kekeluargaannya dan kita bisa mensyukuri apa yang telah kita miliki skr ya,

    Mohon Maaf Lahir Batin ya :)
    Salam Kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,, maaf lahir batin ya? ^^ mbak nya dari jurusan apa?

      Hapus
  26. keren dan angkat topi dan kasih juga jempol dua, contoh bagus untuk pemuda negeri ini, untuk berupaya dapat menjadi manfaat bagi lingkungan sekitar...mari lebih banyak lagi kita berbagi dalam segala hal yang positif.
    salam sehat, salam kenal dan mohon maaf lahir batin.

    BalasHapus
  27. moga aktifitas positif seperti ini berkelanjutan dan menjadi contoh yang bisa ditiru untuk yang lainnya

    BalasHapus
  28. Balasan
    1. telat ngomen e,,, hehehehe lomba ini udah pengumuman... ^^

      Hapus
    2. Gek sempet,,kui ae gara2 ak weruh poto ku neng kono,,hahaha
      ndi kei pulsane ahhhhhhhh

      Hapus
  29. selamat gan atas kemenanganya.
    lumayan dpet 250ribu :D

    BalasHapus
  30. jasa penambah followers murah hanya Rp.150.000 anda mendapatkan 10.000 followers !!!!!!
    minat ??????????? hub: 083840412248 !!!!!!!!!!!
    buruan !!!!!!!!!!!!!!!
    http://jasamenambahfollowers.blogspot.com/

    BalasHapus
  31. Maaf kak mo nnya ini lokasi n ancer"nya klo dr tlogosari sebelah mn?
    Mkasih seblumnya

    BalasHapus
  32. videonya sangat menggetarkan... T-T
    makasii udah berbagi info di sini..

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger