Home » , , » Mandiri untuk Negeri Bersama Bank Mandiri

Mandiri untuk Negeri Bersama Bank Mandiri

Written By Planet Pengetahuan on Minggu, 28 Oktober 2012 | 10/28/2012 12:06:00 AM

Ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam kehidupan terutama dalam pencarian jati diri dan pengubahan sikap meuju kedewasaan menjadi lebih mandiri? Bagiku, sikap mandiri itu diperlukan bahkan sangat penting. Apalagi membuat Indonesia menjadi negeri yang mandiri hehehehe. Tapi itu bukanlah hal yang mustahil kok. Hal tersebut dapat terwujud jika dari diri masing-masing individu dalam masyarakat Indonesia menerapkan dan belajar mandiri dalam kehidupan sehari-hari.

Guru adalah pengalaman yang paling berharga bukan? Seperti halnya yang aku alami dalam menerapkan sikap mandiri dalam diriku bersama Bank Mandiri. Bingung ya kenapa aku bilang begitu? Sebab dalam hal ini, Bank Mandiri menjadi jembatan bagiku untuk merealisasikan sikap tersebut. Kenapa aku bilang begitu? Ayuk simak pengalaman pribadiku menjadi seseorang yang mandiri bersama Bank Mandiri.

Menuju Kemandirian Bagian Pertama
Penerapan sistem uang saku bulanan

Ketika aku masih di bangku sekolah, aku masih menerima uang saku dari orang tuaku. Tepatnya ketika SMP. Saat itu aku mulai di ajarkan untuk dapat mengatur keuangan dalam keseharianku. Cara yang diterapkan oleh ayahku saat itu sedikit unik. Aku diberi uang saku setiap tanggal 1. Kalo tidak tanggal 1 ya aku gak dapat uang saku hehehehe. Lalu bagaimana sistem yang dilakukan agar rencana ayahku untuk membuat mandiri dalam mengatur keuangan ini berhasil? Penasaran? Jadi begini alurnya.

  1. Setiap tanggal 1 uang saku dari ayahku turun. Ketika aku kelas 1 SMP aku diberi Rp 100.000,- setiap bulannya. Entah mau ada berapa tanggal merah ataupun hitam ya pokoknya jatah uang saku 1 bulanku ya segitu.Cukup atau tidak cukup harus cukup hehehehe termasuk buat ongkos naik angkutan umum, kegiatan ekstrakuliler, pengerjaan tugas sekolah dan sebagainya.
  2. Dari uang saku bulanan tersebut aku diharuskan bisa mengatur berapa target jajanku setiap hari, berapa ongkos naik angkutan umum, dan berapa yang harus di tabung. Itu harus bisa aku perhitungkan setiap hari. Jika tidak, maka saat akhir bulan aku udah kehabisan uang hehehe.
Jadi seperti itulah cara yang dilakukan oleh ayahku untuk membantuku dalam menjadi seoarang anak yang mandiri. Bisa mengatur keuangan itulah yang terpenting. Dengan cara seperti itu, aku diajarkan untuk hidup hemat dan dapat mendisiplinkan diri termasuk dalam hal keuangan dan menahan hawa nafsu untuk menghambur-hamburkan uang.
Bagi yang ingin mengajarkan anaknya untuk displin dalam keuangan sejak dini, mungkin ada baiknya mencoba cara ini hehehehe. Siapa tahu berhasil. Tapi ingat tetap harus tegas dan konsisten ya? Itulah yang dilakukan oleh ayahku. Walau aku akhir bulan terkadang merengek gara-gara kehabisan uang, tapi ayahku tetap pada pendiriannya. Itulah uang yang aku dapat dan hanya itu yang aku miliki. Jadi bener-bener harus hemat.

Menuju Kemandirian Bagian Kedua
Penerapan sistem uang amplop

Ini terjadi ketika aku duduk di bangku SMK. Masih dengan sistem yang sama diterapkan oleh ayahku yaitu uang saku bulanan. Aku sudah tidak bermasalah dengan hal itu. Terkadang agar aku tidak memakai uang melebihi target jajan yang aku miliki (misalnya memakai jatah uang saku untuk transportasi) aku mulai menerapkan cara yang aku sebut sistem amplop. Aneh ya? Tapi memang seperti itulah yang aku lakukan. Walau cara ini terdengar aneh tapi berhasil kok. hehehehe. Jadi caranya seperti ini.
  1. Aku membeli amplop 4 buah amplop. Terkadang aku buat sendiri dari kertas bekas.
  2. Pada masing-masing amplop aku tulis "Uang Jajan", "Uang Transpot", "Uang Pulsa", dan yang terakhir "Uang darurat"
  3. Aku mulai menghitung tanggal pada kalender untuk memastikan kebutuhan uang masing-masing amplop. Jika sudah maka masukkan tiap uang ke dalam amplop masing-masing.
Hehehehe 3 cara itulah yang aku lakukan untuk mengatur uangku. Hingga akhirnya aku mulai aktif mengikuti lomba mewakili sekolah untuk mencari uang tambahan membayar SPP sekolahku. Aku ingin membantu orang tuaku dan tidak hanya bergantung pada mereka. Jadi aku coba cari penghasilan tambahan dari lomba. Dan alhamdulillah hadiah paling besar yang aku peroleh adalah 5 juta yang dibagi untuk 3 orang. Karena lombanya saat itu berkelompok.

Dengan uang yang diperoleh itu, aku gunakan untuk membayar uang sekolahku. Lumayan 9 bulan aku tak perlu meminta uang pada ayahku untuk membayar uang sekolah hehehehe. 

Menuju Kemandirian Bagian Ketiga
Penerapan sistem pembukaan rekening di Bank Mandiri

Inilah awal mulai aku benar-benar mandiri yaitu ketika aku sudah lulus dari SMK dan mulai memasuki dunia kerja. Disitu aku berusaha mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidupku sendiri. Senang ketika menerima gaji pertama. Saat itulah kakakku bilang "mending buka tabungan aja nes di bank. Soalnya kalo kamu simpen sendiri gak aman. Ntar juga pasti kepake buat ini itu kalo di dompet"
Benar katanya. Ketika awal bulan aku gajian, aku hanya simpan di dompet, terkadang tanpa sadar uangku menipis karena terlalu banyak aku gunakan dan terkadang malah hilang. Akhirnya aku putuskan untuk membuat rekening di bank. Tapi bank apa ya? hehehehe itulah yang pertama kali ada di pikiranku.
Setiap aku kemana-mana yang paling sering aku lihat adalah ATM Bank Mandiri. Bahkan di tempat biasa aku beli bensin juga ada. Jadi untuk mempermudah proses pengambilan uang di bank, aku putuskan membuka rekening di Bank Mandiri.
Nah inilah pengalaman pertamaku pergi ke sebuah Bank besar yang terletak di pusat kota Semarang.

Ketika pertama kali masuk ruangan semilir AC membuatku begitu nyaman hehehehe. Sapaan yang hangat dari satpam yang berjaga di depan pintu masuk. Sambil membukakan pintu ia berkata "Selamat pagi ibu, ada yang bisa dibantu?"

"Ini pak saya mau buat rekening baru" jawabku agak kikuk karena baru kali ini dipanggil ibu hehehehe.

"Owh buat tabungan ya? Ibu bawa KTP atau tanda pengenal?" tanya sang satpam.

"Iya ni pak. Bawa kok" jawabku lagi.

"Kalo begitu, ini nomer antriannya ibu. Silahkan sekalian di isi data-datanya disini ya? Silahkan duduk dan menunggu giliran" Kata sang satpam sambil menyerahkan formulir dan tersenyum.

"Oke makasih ya pak?" kataku sambil menuju tempat duduk.

"Iya sama-sama ibu."

Aku pun mencari tempat duduk untuk mengisi formulir yang diberikan oleh satpamnya tadi. Setelah selesai aku isi dan menunggu sebentar, akhirnya nomor antrianku di panggil ke CS. Segera aku menuju ke CS yang memanggilku.

"Selamat pagi ibu, ada yang bisa saya bantu?" tanya CS yang seoarang wanita.

"Ini saya mau buat tabungan buk" jawabku.

"Boleh saya minta formulirnya ibu? Apakah ibu membawa KTP atau tanda pengenal lainnya?" tanya CS lagi

"Bawa buk. Ini" kataku sambil menyodorkan KTP dan formulir.

Setelah itu CS langsung menerangkan semua jenis tabungan yang da di Bank Mandiri. Muali dari berapa minimal untuk pembukaan rekeningnya, biaya administrasi bulanan dan lain sebagainya. Nah ketika pertanyaan muncul dari CS "Mau yang kuning atau silver buk?"
Akupun menjawab "silver".
Tahu apa bedanya? Kalo kuning itu buat bisnis kalo silver aku rasa cocok untuk pegawai seperti aku hahahaha.
"Mau yang Atas Nama atau Instan buk?" tanya CS

"Bedanya apa buk?" tanyaku balik.

"Kalo instan itu langsung jadi. Tapi kalo Atas nama sekitar 10 hari. Jadi nanti di kartu ATM ibu ada nama ibu." terangnya.

"Yang pake nama aja buk" jawabku

"Baik buk."

Nah disitulah aku di tanya kembali tentang informasi-informasi dalam formulir tersebut dan ada formulir satu lagi yang harus aku isi. Sambil aku mengisi formulir yang satu ini, CS sedang mengetik untuk menginput data-dataku ke komputernya.
"Nanti ada biaya materai Rp 6.000,- ya ibu?" tanya CS.
"Iya buk."

Setelah selesai, CS minta waktu sebentar untuk Fotokopi KTP ku.
Setelah beberapa menit berlalu, aku diminta tanda tangan dan semuanya sudah selesai. Saatnya menuju ke Teller untuk menabung pertama kali dan 10 hari kedepan kartu ATM ku sudah jadi.


Itulah pengalamanku pertama kali membuka rekening di Bank Mandiri. Demi kemandirian keuanganku aku belajar mandiri bersama Bank Mandiri.


Setelah banyak cara aku lakukan untuk menjadi seseorang yang mandiri terutama dalam hal keuangan, akhirnya sekarang aku temukan cara yang lebih asyik untuk bersikap mandiri yakni menabung di Bank Mandiri.
Jadi kenapa harus melalui Bank Mandiri?
Okey sebagai seorang nasabah di Bank Mandiri ada banyak kelebihan yang aku rasakan. Apa saja kah itu?
  1. Mudahnya mencari mesin ATM Mandiri
    Hehehehe ini alasan yang paling sering aku ucapkan. Dengan adanya poin yang satu ini aku benar-benar nyaman dengan pilihanku yang satu ini. Sebab semua transaksi kini lebih mudah dilakukan darimana saja. Mau ambil uang juga tinggal gesek di Pom bensin deket rumah hehehehe gak perlu bingung nyari mesin ATM.
  2. Transfer Dana Secepat Kilat
    Nah dengan mnejadi nasabah Bank Mandiri, aku merasa transfer dana melalui Bank yang satu ini lebih cepat dan jarang terjadi masalah. Aku udah buktikan dengan puluhan kali transfer dan sampai sekarang aku belum pernah kok ngalami masalah.
  3. Mau nabung? Gak perlu ngantri
    Nah lho bingung ya? Nasabah Bank Mandiri itu kan banyak banget ya? Bahkan di Bank nya sendiri sering terjadi antrian yang panjang menuju Teller. Ini kadang yang bikin aku males nabung. Tapi setelah aku tahu bahwa nabung gak perlu ngantri di Teller, aku jadi seneng banget. Gimana caranya? Mudah kok. Tinggal dateng aja ke mesin ATM bertanda khusus. Disitu kita tinggal masukin uang ke alatnya, ntar uang yang kita masukin itu udah masuk ke rekening kita lho. Gak usah khawatir takut uangnya kemakan mesin. Sebab, jika uang gak terdeteksi maka akan langsung dikeluarkan lagi kok dan kita disuruh nyoba lagi jadi aman. Aku dah sering nabung lewat mesin pintar yang satu ini di Mandiri Pahlawan dan samapi sekarang aku juga gak pernah ngalami masalah hehehehe.

    Okey kira-kira seperti itulah Bank Mandiri menjadi cara baru yang aku gunakan untuk melatih kemandirianku masalah keuangan. Tertarik mau nyoba? Langsung aja daftar jadi nasabah Bank Mandiri.
Lalu seperti apa partisipasi Bank Mandiri menciptakan Inovasi Untuk Indonesia Mandiri?
Waduh waduh belum tahu ya buat yang satu ini? Baik menurut kacamataku sebagai seorang rakyat biasa dan sebagai nasabah Bank Mandiri yang sedikit mengetahui tentang kegiatan aktif yang dilakukan Bank Mandiri dalam memberikan inovasi bagi Indonesia, ada sedikit yang bisa aku beritahukan disini yaitu :
  1. Pemberian beasiswa untuk pendidikan
    Jadi inilah salah satu wujud partisipasi dari Bank Mandiri untuk membuat Indonesia lebih mandiri. Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan banyak pelajar dan generasi muda yang dapat menuntut ilmu kemudian berwirausaha dan sukses. Dengan begitu, Indonesia akan memiliki generasi-generasi muda berbakat yang bisa menjadikan Indonesia lebih mandiri dengan membuka usaha sendiri dan tidak berpangku tangan kepada negara lain.
  2. Wirausaha Muda Mandiri
    Hayo ada yang tahu tentang program Bank Mandiri yang satu ini? Sepertinya sudah tak asing lagi ya? Jadi inilah salah satu bentuk partisipasi Bank Mandiri untuk melahirkan generasi penerus bangsa dengan jiwa kepemimpinan dan dilatih untuk berwirausaha. Mulai dari sekolah biasa hingga pesantren bahkan khalayak umum juga diberikan pelatihan tentang berwirausaha. Terkadang juga mengadakan seminar tentang hal yang satu ini. Baiklah daripada aku harus berbelit-belit menjelaskan yang satu ini, kalian bisa langsung kunjungi website resminya kok. Banyak hal yang bisa kita pelajari disitu tentang program yang satu ini. Silahkan kunjungi Situs Wirausaha Muda Mandiri.
  3. Mandiri Bersama Mandiri
    Program apa nih ya? Ini adalah bentuk kepedulian Bank Mandiri terhadap pertumbuhan jumlah wirausaha untuk menunjang perekonomian di Indonesia. Mau tahu lebih lanjut tentang yang satu ini? Langsung aja ya kunjungui situs resminya agar kalian lebih ngerti betul. Langsung aja klik Situs Mandiri Bersama Mandiri
  4. Fasilitas Ramah Lingkungan
    Penghijauan itu penting lho karena itulah ini menjadi salah satu program yang dilakukan oleh Bank Mandiri sebagai inovasi untuk Indonesia lebih mandiri. Ini adalah keinginan Bank Mandiri untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri melalui program penghijauan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat melalui penciptaan lingkungan yang asri dan nyaman. Mau tau lebih lanjut tentang program ini? Kunjungi yuk Situs Fasilitas Ramah Lingkungan Bank Mandiri
  5. Bank Mandiri peduli kesehatan
    Dalam hal ini, Bank Mandiri perduli tentang kesehatan masyarakat Indonesia khususnya dalam hal pemberantasan penyakit TBC.
  6. Bank Mandiri Peduli Masyarakat Indoesia
    Nah ini adalah segala bentuk dukungan dan inovasi untuk Indonesia mandiri yang dilakukan oleh Bank Mandiri. Tak hanya 5 poin di atas, Bank Mandiri juga perduli terhadap bencana alam yang terjadi di Indonesia, sarana temapat ibadah dan masih banyak lagi lainnya. Semua itu dilakukan demi mewujudkan Indonesia yang mandiri.
Aku ngerasa Mandiri menjadi terobosan utama menjadikan Indonesia menjadi mandiri. Mulai dari individunya dan meluas hingga negaranya. hehehehe Apalagi setiap promo yang di adakan oleh Bank Mandiri selalu menjadi inovasi terbaru lho. Seperti halnya dengan menggunakan alat yang bisa digunakan nabung tanpa harus melalui teller di Bank tadi hehehehe. Jadi intinya kita tidak perlu bergantung kepada orang lain disini. Iya kan? Bank Mandiri benar-benar mengajarkan Indonesia belajar untuk bersikap mandiri terutama tak bergantung kepada negara lain.

Aku ada beberapa inovasi yang mungkin bisa dilakukan oleh Bank Mandiri untuk menjadikan negara Indonesia lebih Mandiri. Walau mungkin ada beberapa yang agak aneh tapi mungkin bisa dipertimbangkan hehehehe. Tak apakan sedikit menyumbangkan pemikiran sebagai nasabah setia Bank Mandiri? Lalu apa saja itu?
  • Kenapa Bank Mandiri tidak mencoba mendirikan Sekolah Tinggi Mandiri? Jadi ini bisa menjadi salah satu terobosan dalam mendidik anak negeri menjadi jiwa-jiwa pemimpin dan berwirausaha. Dalam Sekolah tersebut akan diajarkan mulai dari mengatur keuangan, mempersiapkan diri untuk masa depan, melatih jiwa kepemimpinan, hingga memberikan pelatihan langsung cara menjadi wirausaha yang sukses.
  • Sekali kali coba Bank Mandiri menerbitkan buku yang berjudul "Indonesia Mandiri? Kenapa Tidak?" jadi kalau cara yang pertama tadi hanya untuk mahasiswanya kini dengan cara yang kedua bisa untuk masyarakat umum. Disitu akan diberikan ide-ide menarik tentang wirausaha dan membantu sesama. Sekalian aja angkat kisah kisah sukses dari WMM yang udah sukses hehehe. Jadi siapa aja yang baca tu buku akan jadi termotivasi untuk maju.
  • Sering-seringin aja buat seminar atau kunjungan ke sekolah-sekolah untuk memberikan materi pelatihan kepada anak-anak muda penerus bangsa ini. hehehehe agar sejak dini mental mereka sudah mental wirausaha. hahahaha keren.
Aku rasa dengan ketiga inovasi tersebut bisa menjadikan Indonesia lebih mandiri hehehehe. Tetap aja dengan bantuan Bank kesayanganku yang satu ini yakni Bank Mandiri. Aku udah belajar mandiri dari Bank Mandiri dalam hal keuangan secara tidak langsung. Dan sekarang aku akan belajar berwirausaha dengan bantuan Bank Mandiri juga ah. hehehehe. Makasih Bank Mandiri.


"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya pribadi dan bukan merupakan jiplakan.“

Bagikan Artikel Ini :

15 komentar:

  1. dulu juga aku pake mandiri tapi sekarang uda pake BCA

    BalasHapus
  2. aku sangat terkesan dengan paragraf pertama tentang kalimah mandiri..
    Pokoknya i like it.. ^_^..

    btw banknya sama sobat.. Bank mandiri.. hehehe

    BalasHapus
  3. gret posting ..
    semoga semua anak bangsa bisa berfikir seperti ini .aduuh adem kek nya indonesia yak . hehe

    BalasHapus
  4. Kalau aku punya bank akan kuberi nama Bank Bersama, bukannya Bank Toyib yang tak pernah pulang! Selamat berlatih untuk mandiri demi masa depan, betapa beruntungnya nanti calon suaminya apabila istrinya bisa mandiri.

    BalasHapus
  5. kalau nabung tinggal masukin uang via atm memang enak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget sekarang gak perlu antri..

      Hapus
  6. min jgn lupa kunjungin juga ya blog saya dan beri komentar, di tunggu loh sukasukangeblogs.blogspot.com
    bersaing secara sportif dan saling mendukung akan jauh lebih baik kan :)

    BalasHapus
  7. Hey bro / sis, yuk ikutan JuraganFollowers.com SEO Kontes. Pendaftaran dimulai hari ini. Berhadiah uang tunai.

    klik www.juraganfollowers.com/2012/12/seo-kontes.html

    BalasHapus
  8. Kunjungan malam sob :)

    http://freezher.blogspot.com/2013/01/inilah-rahasia-mendapatkan-ribuan.html

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger