Home » » Bisnis Makin Laris Berkat Internet, HP dan Axis

Bisnis Makin Laris Berkat Internet, HP dan Axis

Written By Planet Pengetahuan on Minggu, 28 Oktober 2012 | 10/28/2012 08:26:00 PM

Di malam yang agak tenang ini, aku yang baru saja pulang kuliah menyempatkan diri untuk online. HP di tangan kiri dan mouse computer di tangan kanan. Jadi sebenarnya apa yang sedang aku lakukan? Hehehehe Sekarang ini aku lagi sibuk download order pesanan kemeja dan kaos melalui emaiku. Jadi sebenarnya siapa aku? Ayuk kenalan sebentar biar lebih akrab dan mengerti alur cerita tentang bisnis yang aku jalani sekarang dengan internet dan Axis.

Namaku Agnes. Aku lulus tahun 2010 dari salah satu SMK Negeri di kota Semarang. 1 Tahun berjalan aku habiskan untuk mencari uang dengan bekerja sebagai salah satu staff di perusahaan swasta. Setelah kontrak habis, aku bekerja di salah satu usaha konveksi sebagai desain grafis. Itulah yang menjadi langkah awalku dan kunci utama keberhasilan bisnis kecil yang aku jalankan sekarang.

Saat aku bekerja sebagai desain grafis, aku mengimbanginya dengan melanjutkan study belajarku ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni sarjana. Ini baru awal semester. Untuk itu aku butuh uang tambahan untuk membayar uang kuliah. Tanpa sengaja, aku bertemu dengan teman SMK ku di fakultas Desain Grafis kampusku. Namanya Dita. Kami saling tukar pikiran dan ternyata tujuan kami sama yakni memulai membuka bisnis sendiri.

Awal mulanya, Dita menyarankan untuk membuka bisnis jualan Kerudung dan accesoriesnya. Semua perhitungan biaya telah kami rinci. Namun setelah melakukan study pasar akhirnya kami batalkan dan kami beralih untuk usaha baju. Tak jauh dengan bidang pekerjaan yang aku geluti sekarang. Jadi mungkin itu akan lebih mudah dan cepat aku mengerti.

Istilah “Kalo rejeki emang gak kemana” ternyata memang benar.
Tanggal 10 Juli 2012 aku dan Dita mendapatkan dana bantuan untuk modal usaha kami sebesar Rp 1.000.000,-. Itu kami peroleh dari seorang warga Negara asing yakni Malaysia yang tertarik mendengar ide kami. Kami mulai berinteraksi dengan dia melalui jejaring social Facebook. Di mulai perkenalan itulah, kami saling berbagi nomer HP. Memang sulit dipercaya, secepat itu dia mau bekerjasama dengan kami untuk membuka sebuah usaha konveksi. Tanggal 10 Juli 2012 itulah transferan dana dari dia sebesar 400 Ringgit Malaysia dan diubah ke dalam Rupiah kira-kira 1 juta kurang, masuk ke dalam rekening Dita.

Aku dan Dita mulai mencari informasi mengenai grosir baju yang murah. Hingga pasar tradisional Johar di kota Semarang pun tak luput dari incaran kami mancari baju grosir murah. Dan kami uji coba dengan menjualnya di rumah. Sayang usaha itu tidak mendapat respon yang terlalu bagus. Hingga secara tak sengaja aku mendapatkan ide untuk memulai jualan Online. Inilah awal mula usahaku dan Dita berjualan baju online.
Pada Bulan Juli 2012, aku mulai membuat Blog yang khusus digunakan sebagai sarana penjualan online kami. Kami beri nama “Distro Cerdas”. Tak lupa aku juga membuat sebuah Fanspage di Facebook. Dari sanalah penghasilan pertama mulai bisa kami rasakan.

Ini adalah Respon pertama dari konsumen kami setelah melihat baju yang kami pasang di Blog. Rasanya sangat senang sekali waktu itu. Tenyata memulai bisnis dengan dunia maya itu lebih cepat mendapat respon daripada hanya melalui pemasaran mulut ke mulut yang awal dulu aku gunakan. Segera setelah mendapat SMS itu, aku langsung balas. Komunikasi pun terjadi. Lumayan banyak mengirim SMS, baru akhirnya kata “Deal” terucap dari SMS. Tapi tak masalah, yang penting langkah jualan pertama sukses. Hehehehe. Beberapa hari aku dan temanku Dita sering mendapat SMS yang menanyakan baju yang aku jual di internet. Bahkan tak jarang ada juga yang telfon atau minta telfon balik karena merasa kurang jelas. Saat itulah aku mulai ngerasa pulsaku jadi boros banget.

“Dit, pulsaku jadi boros banget ik. Nanggepin SMS para konsumen. Gimana nih? Kamu juga gak?” tanyaku ke Dita.

“Aku gak tuh nes. Kan habis kirim 4 SMS aku dapat SMS gratis sepuasnya ke sesama operator dan puluhan sms gratis ke luar operator.” Kata Dita.

“Nomermu AXIS og ya? Apa mending aku ikut ganti AXIS aja ya? Kalo gini terus gak klop dong ma pemasukan.Gila, pake ini boros e minta ampun. Harus kirim 10 SMS dulu baru dapat SMS gratis. Itu juga Cuma ampe tengah hari.” Ujarku pada Dita.

“He’em. Coba aja nes. Aku gak terlalu boros kok. Buat telfon juga gak boros-boros amat.” Ungkapnya.
“Iya deh, ntar tak kabari lagi Dit kalo aku jadi ganti.” Kataku.

Setelah berkonsultasi ma Dita yang pengguna setia Axis sejak SMK, aku mulai berfikir untuk mengikuti jejaknya. Dan akhirnya aku membeli nomer Axis dan mengaktifkannya di HP ku. Nah mulai saat itulah aku ngerasa agak ngirit lagi. Mau konsumen Tanya panjang lebar lewat SMS atau telfon, udah gak masalah buatku.

Masalah pulsa HP udah teratasi. Dan sekarang karena order banyak sekali yang datang dari internet, aku mulai aktif menjalankan bisnis ini melalui online. Dita gak terlalu ngerti masalah blog, jadi yang menangani urusan di aplikasi digital yang satu ini adalah aku. Sedangkan untuk penanganan order yang udah deal dan sudah transfer uang aku serahin ke Dita.

Semua pesanan rata-rata dikirim Via email. Silahkan lihat SMS yang dikirim oleh beberapa konsumen kami di bawah ini.

  
   





Bisa dilihat bukan bahwa sebagian besar bisnis yang aku dan Dita geluti sekarang sangat memanfaatkan internet. Terutama Email, Blog dan Facebook. Tak lupa Internet Banking menjadi salah satu hal yang tak lepas dari bisnis kami. Gak mungkin kan aku sedikit sedikit pergi ke mesin ATM untuk ngecek apakah transferan sudah masuk atau belum. Jadi dengan Internet Banking inilah transaksi keuangan dan pembayaran lebih mudah di control.

Setelah menjual baju yang sudah jadi, aku mulai memberanikan diri menerima order dalam jumlah besar. Seperti Kaos oblong, kemeja, jaket, jamper, topi dan slayer. Model yang aku terima mulai dari sablon hingga bordir. Seluruh desain aku serahkan pada konsumen sendiri. Ini aku terima dengan minimal pemesanan 1 Lusin.
Dengan langkah yang aku tempuh ini, konsumen aku beri kesempatan untuk memilih jenis bahan mentahnya dulu, desainnya hingga bentuk atau modelnya. Alhasil ini menarik minat banyak konsumenku. Coba lihat beberapa bukti pemesanan di bawah ini :

      
Well, setelah satu bulan berjalan dan mulai menghitung pendapatan bulanan dengan Dita seusai pulang kuliah, OMG syok aku lihatnya. Pemasukan emang banyak tapi gara-gara biaya modem internet yang aku gunain buat internetan mahal banget jadi agak nyesel gitu pake kartu ini. Keuntungan kepotong lumayan gede.

“Katamu kamu dah ganti Axis nes?” Tanya Dita.

“Kan emang udah dit. Hla yang selama ini buat smsan n telfon-telfonan itu apa?” jawabku

“Itu kan HP agnes sayang. Ini kartu internet jeng. Aku kira kamu sekalian ganti kartu modemmu pake Axis. Kan Axis paling heboh kalo nawarin tarif internet. Haduh kamu ni ya. Lihat nih berapa biaya yang harus dikeluarkan buat beli pulsa internet.” ujar Dita sambil menunjukkan nominal angka yang masuk dalam kolom pengeluaran.

“Aku kan gak tau Dit. Ya udah ini kan bulan pertama. Yang penting kita masih untung ya walau pengeluaran terbesar buat internet hehehe. Maaf aku gak tau. Besok aku coba ganti kartu modemku juga deh dengan Axis.” Jawabku.

“Yadah kalo gitu. Soalnya tawaran terbaru nih internetan pake Axis gratis dan super duper murah.” Kata Dita.

“Siap bos, besok aku ganti Axis deh.” Jawabku.

Setelah kejadian itu aku mulai menggunakan Axis buat internatan. Dan ternyata bener kata Dita. Gila murah banget. Hahahahaha gak nyesel deh. 1 Bulan OKE gak ada masalah, 2 bulan gak ada masalah, 3 bulan gak ada masalah. Hingga akhirnya aku terus gunakan Axis sampai sekarang buat internetan hlo. Hehehehe Habis murahnya gak ketulungan. Untungku jadi lebih besar sekarang.

Mau lihat seperti apa desain-desain pesanan kemeja, jumper, kaos dari luar yang udah aku terima? Ini beberapa contoh yang konsumenku pesan dan di kirim via email. Barangkali tertarik hahahaha.

Pesanan Kaos Oblong

Pesanan Kemeja
Salah satu contoh desain sablon konsumen
Desain jumper Android
Usaha bisnis yang aku buat baru-baru ini memang sangat memanfaatkan perkembangan tehnologi. Sebab tanpa internet dan HP aku mengalami kesulitan dalam hal pemasaran. Berkat adanya Internet, aku bisa melakukan promosi dengan cepat. Silahkan lihat pemanfaatan Sosial Media yang aku lakukan untuk melakukan promosi dan penerimaan order di bawah ini :
Facebook
Penerimaan order pesanan dari konsumen melalui FB ku
Penerimaan order dari Konsumen Melalui FB

Promosi melalui FB satu persatu

Email
Pengiriman jumlah pesanan melalui email
Pengiriman desain kaos Via email
Pesanan terakhir via email
Makasih Axis, kamu jadi teman baikku mulai dari aku ngerintis usaha bisnis yang memanfaatkan internet ini dari awal hingga sekarang. Mau SMS, Nelpon, Internet semuanya bisa di atasi dengan Axis. Bener-bener nyenengin deh. Kini usahaku yang sangat bergantung pada kecanggihan tehnologi digital bisa lancar dan makin laris manis berkat kamu. Gak ada matinya deh murahnya Axis. Dengan Internet dan HP dibantu murahnya Axis dan jaringan internet yang berkualitas, kini keuntungan dari bisnisku mulai terasa. Apalagi buat aku ma Dita. Walau omset belum sampai jutaan dalam sehari, namun dalam satu kali pemesanan bisa menghasilkan hingga Rp 500.000,- Hahaha asiknya berbisnis dengan Axis dan internet.

Bagikan Artikel Ini :

13 komentar:

  1. belum tuntas saya bacanya. saya save dulu, ini penting buat saya. makasih sharingnya.

    BalasHapus
  2. Mantab dah punya bisnis online. Kapan2 boleh juga ajarin ya biar ibu2 juga bisa punya bisnis online :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha aku belum ibu2 mas.. masih 19 tahun..

      Hapus
  3. heemm bisnis seperti ini memang paling bisa dijalankan oleh anakmuda yang biasanya "menyibukkan diri"
    so, kerja keras mbak pasti berbuah hasil yang sangat bermanfaat nantinya

    BalasHapus
  4. berkunjung gan

    visit back ya

    BalasHapus
  5. weeee....
    selamat ya... ikut seneng saja
    sip! lanjutkan wis pokoknya....

    BalasHapus
  6. nice artikel e mbk. Ana jenenge mbk ku barang sisan dont forget visit back @

    www.riosankazi.blogspot.com

    BalasHapus
  7. wah bisa cetak kaos juga ya? bisa ecer gak tuh?

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger