Home » , » Lunpia Semarang Kaya Nilai Gizi dan Tak Hilang Oleh Jaman

Lunpia Semarang Kaya Nilai Gizi dan Tak Hilang Oleh Jaman

Written By Planet Pengetahuan on Senin, 13 Mei 2013 | 5/13/2013 09:50:00 AM

Lunpia Semarang Kaya Nilai Sejarah dan Nilai Gizi


Pernah mendengar makanan yang satu ini ? Rasa rasanya tentu sudah tidak asing lagi bukan di telinga para pembaca blog? Lunpia identik dengan Semarang. Ya memang seperti itulah hehehe. Mungkin karena inilah aku membuat artikel tentang makanan khas yang satu ini. Aku adalah orang asli Semarang. Tapi disisi lain, selain  rasanya yang memang sangat enak, ada banyak gizi di dalamnya hlo sobat. Selain nilai gizi tersebut, ternyata nilai sejarah pun tak luput dari makanan yang satu ini. Mari kita mengenal lebih jauh tentang Lunpia Semarang.

Sejarah Lunpia Semarang

Lunpia Semarang sebagai makanan khas daerah walaupun keberadaannya mendapat saingan dagang dari berbagai kota, namun mampu bertahan bahkan semakin digemari masyarakat. Keistemewaan lunpia yang sangat terkenal ini, bukan karena bentuk dan ukurannya tetapi dari kelezatanya rasa khas Semarang yang manis-manis asin.
Menurut sejarahnya, lunpia Semarang ini diciptakan dan dirintis oleh pasangan suami-istri China-Jawa sekitar satu abad yang lalu. Pasangan suami istri tersebut sebelum menikah memang merupakan penjual lunpia dengan rasa khas budaya dari masing-masing daerah. Pemuda China bernama Choa Taiyu yang berasal dari Fuking menyajikan lumpia dengan resep Hokiang, sedang Mbok Warsih sebagai orang pribumi mempunyai ramuan khas Semarang.
Dari perpaduan rasa Hokiang dan Semarang inilah, makanan lunpia menjadi kebanggaan warga Semarang.
Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Cara Membuat Lunpia

Bahannya nih:
  • 20-22 kulit lumpia ukuran 20x20 cm
  • 1 liter minyak goreng, untuk menggoreng
Bahan Isian:
  • 500 gram rebung, iris halus
  • 250 gram daging ayam cincang / udang kupas, cincang
  • 1 1/2 sdm ebi, rendam air panas, tiriskan
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 bawang merah, cincang halus
  • 2 sdm minyak
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam halus
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula merah sisir
Bahan Saus:
  • 350 CC air
  • 2 siung bawang putih, parut
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 50 gr gula merah, sisir halus
  • 2 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
  • Acar mentimun
  • Cabai rawit iris tipis
Caranya nih:
  1. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, tumis bawang merah cincang sampai harum, lalu masukkan bawang putih cincang dan tumis hingga harum. Masukkan Udang cincang atau Daging Ayam cincang, aduk rata hingga matang.
  2. Masukkan rebung dan bahan isian lainnya, aduk rata. Kecilkan api, lalu masak sampai isian kering atau hingga rebung tidak berkuah lagi atau hingga asat. setelah asat, angkat.
  3. Isi tiap lembar kulit Lumpia tadi dengan 1 sdm isian Lumpia, gulung sedikit lalu lipat sisi kanan kirinya sambil gulung kembali dan padatkan. Untuk ‘lem’ gunakan sedikit air, agar kulit lumpia dapat menempel dan menutup sempurna. sisihkan.
  4. Panaskan minyak goreng hingga panas betul dengan api sedang. goreng lumpia sampai kecokelatan, angkat dan tiriskan dari minyak.
Membuat Saus:
  1. masak semua bahan (kecuali tepung kanji) dengan api sedang hingga mendidih. Tuangi larutan tepung kanji, aduk-aduk saus sampai mulai mengental. Setelah mengental, angkat dan sisihkan sampai dingin.
  2. Nikmati Lumpia Khas Semarang kamu dengan saus dan cabai rawitnya!

Nilai Gizi Pada Lunpia

Setelah kita mengetahui sejarah dan cara membuat Lunpia, sekarang kita cari tau yuk tentang nilai Gizi yang terkandung dalam Lunpia itu sendiri berdasarkan bahan utama pembuatannya.

1. Rebung

Rebung atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Bung adalah tunas bambu muda yang tumbuh dari akar bambu yang teksturnya masih lembut (belum keras). Rebung paling sering dibuat menjadi sayur, baik dioseng ataupun dengan kuah santan.

Biasanya umur rebung yang masih bisa dikonsumsi atau dimasak adalah rebung yang berusia kurang dari dua bulan, karena kalau usianya sudah lebih dari itu biasanya rebung sudah keras sehingga tidak enak lagi kalau dikonsumsi.

Dalam satu cangkir irisan rebung terkandung 14 kalori, sepertiga lemak, 1,2 gram serat (setara dengan setengah porsi nasi merah). Oleh tubuh, serat dibutuhkan sebagai pelancar pencernaan dan mencegah munculnya berbagai penyakit kardiovaskular. Seperti penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung koroner, serta kolesterol berlebih.

Selain itu juga terdapat 640 mg kalium, jumlah ini setara dengan 1,5 kali lebih banyak kandungan kalium pada buah pisang. Kalium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menggerakkan otot, menjaga tekanan darah serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kekurangan kalium dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot.

Rebung juga diperkaya dengan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, seng, kromium dan zat besi. Kandungan lainnya yang ada pada rebung adalah vitamin. Seperti vitamin A, B6, dan E. Makanan ini juga mengandung 17 asam amino protein. Karena itu rebung bersifat sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas. Demikian menurut Amelinda Angela, STP, peneliti dari Nutrifood Research Centre.

2. Daging Ayam Cincang
Manfaat atau nilai gizi yang terdapat di daging ayam sangat banyak. 
  • Untuk membesarkan Otot
Daging ayam memiliki kandungan lemak sedikit dan lebih banyak protein.cocok untuk sobat sedaya yang sekarang lagi memperbesar otot ala binaragawan atau mungkin sekedar biar kelihatan Macho.rebus ayam yang sudah bersih campur dengan bumbu rempah-rempah sebagai citra rasanya.hindari dengan cara digoreng. Perbanyak mengkonsumsi ayam hasil rebusan.
  • Menjaga Tulang agar tetap Sehat
Daging ayam memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang berfungsi sebagai asupan bagi tulang.dengan ini membuat tulang Anda sehat. baik juga untuk digunakan bagi wanita yang rentan akan tulang keropos.
  • Meningkatkan Kekebalan tubuh
Daging Ayam mengandung banyak mineral di dalamnya yang memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu petumbuhan anak.
Daging ayam merupakan salah satu makanan terbaik bagi pertumbuhan anak. Ayam memiliki banyak kandungan asam amino yang membantu anak untuk tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat.
  • Menjaga Risiko Arthritis(radang tulang dan encok)
Daging ayam kaya selenium yang disebut amineral.selenium ini dapat mengurangi risiko arthritis yang biasanya berkembang pada tahap akhir kehidupan.
  • Sebagai Pereda Stres
Daging ayam memiliki kandungan vitamin B 5 atau asam pantotenat yang memiliki efek penenang pada saraf.
  • Mengurangi Resiko Serangan Jantung.
Daging ayam mencegah dari resiko serangan jantung karena kaya akan vitamin B 6. Vitamin ini menurunkan kadar homosistein. Jika Anda memiliki homosistein,ini dapat menyebabkan serangan jantung.
  • Mengurangi rasa nyeri akibat mentruasi.
Daging ayam memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu Anda mengatasi stres dan nyeri saat menstruasi.sehingga mentruasi dapat berjalan lancar sesuai waktunya karena adanya Magnesium levelsinnya.
  • Meningkat hormon (testosteron)
Daging ayam memiliki manfaat kesehatan khusus bagi pria.karena zat yang dikandungnya membantu mengatur dan meningkatkan testosteron (hormon pria).

Jika di atas adalah manfaat dari bahan atau isi utama Lunpia, tentunya sekarang kalian bertanya-tanya bukan "Bagaimana dengan Kandungan Gizi Lunpia itu Sendiri ?" Oke deh akan aku kasih tau kok. Selain rasanya yang sangat enak dan bahan utamanya yang tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan, Lunpia yang sudah jadipun juga memiliki nilai gizi yang tinggi.
  • Jumlah Kandungan Energi Lumpia = 133 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Lumpia = 3,43 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Lumpia = 0,47 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Lumpia = 28,14 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Lumpia = 8 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Lumpia = 44 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Lumpia = 0,49 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Lumpia = 1 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Lumpia = 0,04 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Lumpia = 1 mg

Lunpia Basah

Lunpia tak hanya disajikan dengan di goreng saja lho sobat. Karena Lunpia sendiri ada 2 macam cara penyajian yakni Lunpia Kering dan Lunpia Basah. Jika yang di awal tadi aku memberikan resep untuk membuat Lunpia kering alias yang digoreng, kali ini aku akan kasih tau tentang Lunpia Basah.
Tak kalah dengan Lumpia Goreng, Lumpia basah pun mampu diperhitungkan baik dari segi rasa dan teksturnya. Makanan kecil khas Semarang yang tak diragukan lagi ketenarannya. Nah  segera saja simak resepnya yang berikut ini, Cara Membuat Lumpia Basah Khas Semarang Special.

Bahan-bahan untuk Kulit Lumpia Basah :
  • 25 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung singkong cassava
  • 2 btr telur
  • 300 ml air
  • Garam secukupnya
Bahan-bahan untuk isian Lumpia Basah :
  • 2 sdm minyak goreng untuk tumis
  • 2 sdm daun bawang dicincang
  • 100 gr wortel diserut
  • 1 sdm bawang putih diiris tipis
  • 150 gr daging ayam, digiling
  • 100 gr kol dirajang halus
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air kaldu
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdm seledri dicincang
Cara Membuat Lumpia Basah Khas Semarang Special :

Cara Membuat Kulit Lumpia : Campurkan tepung terigu dengan tepung singkong cassava, aduk-aduk, lalu masukkan telur, aduk-aduk lagi, lalu tuanglah air sedikit demi sedikit dan sambil tetap diaduk-aduk hingga rata sampai habis, tambahkan garam, aduk-aduk hingga rata. Siapkan wajan dadar besar (16cm) anti lengket, panaskan. Buatlah dadar kulit tipis kira-kira menjadi 10 lembar, lalu sisihkan.

Cara Membuat Adonan Isi Lumpia : Tumislah dengan minyak bahan-bahan daun bawang serta bawang putih, tambahkan daging ayam giling beserta sayuran segar, tuangkan kaldu, masak hingga layu, tuangkan saus tiram, garam, lada bubuk, dan seledri yang dicincang, aduk-aduk hingga rata, masak sampai air meresap habis, lalu angkat.
Ambil Kulit Lumpia, berilah bahan-bahan isi lalu lipat dan gulung rapi kulit lumpia.
Siapkan piring saji, sajikan Lumpia Basah Special di atas beserta saus pelengkap sajian.

Perkembangan Lunpia Semarang

Lumpia Semarang dengan isi rebung ini mulai populer tahun 1950an, setelah dirintis (diciptakan) oleh Tjoa Thay Yoe. Ia seorang imigran China, yang menikah dengan Wasih, perempuan Jawa. Pasangan ini tinggal di Gang Lombok, dan hanya dikaruniai seorang puteri Tjoa Po Nio. Puteri tunggal Tjoa Thay Yoe dengan Wasih ini, menikah dengan Siem Gwan Sing. Pasangan anak dan menantu pencipta lumpia semarang, ini beranak tiga orang. Siem Swie Kiem, tetap tinggal di Gang Lombok, dan lumpianya dikenal sebagai lumpia gang lombok.
Lunpia Gang Lombok
Siem Swie Hie tinggal di Jl. Pemuda, hingga lumpianya disebut lumpia jalan pemuda. Siem Hwa Nio, yang tinggal di Jl. Maratam dikenal dengan lumpia jalan mataramnya.

Lunpia Pemuda
Lunpia Mataram
Mereka yang pernah bekerja pada Siem Swie Hie, setelah keluar kemudian menciptakan lumpia mereka sendiri, yang sama sekali berbeda dengan lumpia jalan pemuda. Hasilnya adalah lumpia ekspres, Phoa Kiem Hwa, dari Semarang International Family.
Lunpia Ekspres
Belakangan mereka yang sama sekali tidak terkait dengan lumpia gang lombok, jalan pemuda, dan jalan mataram, mencoba menciptakan lumpia baru, hasil dari perbaikan dari lumpia-lumpia yang sudah ada.  Hasilnya antara lain lumpia Garden Restaurant di Jalan Gajah Mada. Hingga sekarang ada lima variasi lumpia semarang, yang semuanya tetap berisi rebung.

Meski Lunpia banyak macam dan tempat pembelinnya tapi tetap masih satu generasi kok. hehehehe. Rasanya memang berbeda namun ke khas annya tetap sama.

Lunpia Gang Lombok

Lunpia Mataram

Lunpia Express

Lunpia Express

Bagaimana sobat? Tertarik dengan makanan yang satu ini? Aku punya tips menikmati lunpia biar lebih enak lho sob. Mau tau gak?

  1. Siapkan Lunpia hangat-hangat
  2. Siapkan sambalnya atau lombok juga boleh
  3. Tunggu suasana lagi hujan
  4. Nikmati bersama keluarga atau teman-teman karena lebih rame lebih ayikk
  5. Makan lunpia nya
Hahahaha asiiiikk kan? Tapi sebenarnya lunpia cocok di waktu apa aja kok. Mau itu hujan atau panas. Gak perlu nunggu musiman buat menikmatinya. Sudah rasanya enak kandungan gizinya juga lengkap. Walau termasuk makanan jaman dulu tapi tidak lekang oleh waktu. Cielaaah hehehehe...


Jelajah Gizi

Referensi :
Bagikan Artikel Ini :

3 komentar:

  1. Cemilan yang sangat mantap ..
    Saya paling suka dengan lumpia basah yang isinya daun bawang emmhh,..rasanya enak banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enak tuh.. :D bikin ngiler kan ,,, menuju jam makan siang... :D

      Hapus
  2. sungguh sangat enak lunpia khas semarang.
    bila Anda ingin mencoba lunpia khas semarang, bisa menghubungi saya untuk pemesanan. pengiriman akan saya kirim lewat ekspedisi.
    Priyo - 081805965149 - 2A716559

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger