Home » , » Roti Ganjel Rel Selalu Jadi Rebutan

Roti Ganjel Rel Selalu Jadi Rebutan

Written By Planet Pengetahuan on Senin, 13 Mei 2013 | 5/13/2013 11:14:00 AM

Hallo sobat, apa yang terlintas pertama kali ketika kalian mendengar "Ganjel Rel"? Tentu buka Rel kereta api. Ganjel Rel merupakan sebuah nama roti khas Semarang yang sekarang sudah jarang kita temukan di jalanan. 

Roti Ganjel Rel
Roti Ganjel Rel atau Roti Gambang adalah roti yang Rasanya legit, sedikit empuk setelah memakan bagian atas. Rasanya, cukup enak. Apalagi yang pertama kali makan. Ganjel Rel, makanan khas Semarang yang sekarang menjadi kue paling dicari oleh mereka yang ingin mendapatkan sesuatu yang menarik dari Semarang.

Datang ke Semarang, tak afdol rasanya jika anda tidak membawa buah tangan seperti roti ini. Biasanya memang lumpia dan bandeng yang selalu menjadi primadona. Tapi tunggu dulu, ganjel rel, makanan yang harus anda bawa pulang juga.

Bentuk kue Ganjel Rel sebenarnya sangat mirip dengan bentuk roti khas Prancis, yang biasanya berbentuk panjang dan bertekstur padat keras. Tahu tidak anda kalau ternyata bentuk tekstur yang panjang ini menurut para ahli roti, kalau roti Ganjel Rel sangat baik bagi pencernaan.

Dikarenakan roti ini mengandung banyak serat dan sangat baik buat sarapan, apalagi jika di tambah dengan minum susu di musim hujan seperti ini, terasa “Mak Nyossss..!!!”.

Ganjel rel atau yang biasa disebut kue gambang yang selalu menjadi rebutan masyarakat Kota Semarang saat perayaan Dugderan. Momen pembagian kue ganjel rel di tengah tradisi menjelang Ramadan menjadi acara yang dinanti warga.

Ribuan warga bahkan rela berdesakkan untuk memperoleh kue tersebut, karena dipercaya mampu memperkuat diri ketika menjalankan ibadah puasa. 

Sejarah Roti Ganjel Rel

Roti ini merupakan salah satu peninggalan Belanda. Resep yang digunakan dari dulu sampai sekarang tidak pernah berubah, masih aseli dari jaman Belanda dulu. Nama aslinya adalah roti gambang tapi masyarakat Semarang lebih mengenalnya dengan nama “ganjel rel”. Kenapa disebut ganjel rel, hal ini tak lain karena selain teksturnya yang bantat, dan juga bentuknya yang seperti ganjel rel (bantalan rel). Rasanya manis karena menggunakan campuran gula aren. Cocok sekali untuk teman minum teh seperti nonik-nonik Belanda, dan juga karena roti ini padat jadi sangat cocok sekali untuk sarapan.

Cara Membuat Roti Ganjel Rel

Bahan :

  • 400 g g tepung terigu protein sedang (Cap Segitiga Biru)
  • 150 g gula merah/aren, iris halus
  • 100 g mentega/margarin
  • 50 g gula pasir
  • 150 ml air
  • 1 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue
  • 2 sdt bubuk kayu manis
  • 2 tetes pewarna cokelat
  • 3 sdm biji wijen sangrai
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdt garam halus
Cara Membuat:

  1. Didihkan air, rebus gula merah dan gula pasir hingga gula larut. Angkat, saring dan dinginkan.
  2. Di tempat terpisah, campur tepung terigu dengan gula pasir, susu bubuk, baking powder, soda kue, garam dan bubuk kayu manis. Aduk rata.
  3. Masukkan telur, pewarna cokelat, margarin dan rebusan gula merah ke dalam adonan tepung. Aduk dan uleni dengan tangan sebentar hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung/dibentuk.
  4. Masukkan adonan ke dalam kom adonan. Tutup menggunakan serbet basah dan diamkan selama 30 menit.
  5. Potong dan timbang adonan, masing- masing seberat 40 g. Bentuk bulat panjang dan agak dipipihkan. Letakkan adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin.
  6. Olesi atasnya dengan air menggunakan kuas kue. Taburi biji wijen yang telah di sangrai.
  7. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  8. Simpan kue di dalam stoples kedap udara. Sajikan.
Untuk 600 g
Tip: Gunakan mentega agar aroma kue lebih harum. Pilih gula merah berwarna gelap agar warna kue lebih cokelat dan bagus.

Cara Menikmati Roti Ganjel Rel
Ada banyak cara menikmati roti yang satu ini. Umumnya Roti langsung dimakan. Namun untuk roti yang satu ini, ada banyak cara unik dan lebih menambah nilai gizi yang ada dari roti ini.


  1. Langsung dimakan
  2. Sebagai teman minum teh atau kopi
  3. Cocolkan kue ini saat minum susu hangat maka rasanya akan tambah nikmat.

Manfaat Bahan Utama Roti Ganjel Rel Bagi Kesehatan

Ada berbagai bahan dalam pembuatan roti ganjel rel. Dan semua bahan tersebut bermanfaat bagi tubuh baik dari nilai gizi maupun dampaknya.

1. Gula Merah
  • Untuk Diet : Kalori dalam gula merah tergolong lebih sedikit ketimbang gula pasir. So, pastinya itu bagus untuk dikonsumsi orang-orang yang tidak mau atau tidak boleh mengonsumsi gula pasir terlalu banyak terutama bagi yang sedang berdiet.
  • Pencegah Anemia : Kandungan zat besi pada gula merah tergolong cukup dan mampu untuk mencegah seseorang terkena anemia atau di Indonesia lebih dikenal dengan kurang darah.
  • Mengandung Antioksidan : Seperti pada secangkir teh, gula merah mempunyai kandungan antioksidan yang tentunya bagus untuk tubuh karena bisa mencegah datangnya beberapa penyakit ringan.
  • Memiliki kandungan mineral.
  • Memiliki kandungan zat gula (sukrosa) yang lebih sedikit.
  • Sangat baik untuk meredakan gejala batuk yang dibarengi demam.
  • Untuk penderita penyakit typus, disarankan mengkonsumsi makanan awal gula merah.
  • Memiliki manfaat seperti madu lebah.
  • Memiliki kandungaan vitamin yang sangat baik untuk untuk diet, mengurangi panas pankreas, menguatkan jantung, membantu pertumbuhan gigi sehingga kuat.
2. Biji Wijen

Selain gurih, ternyata biji wijen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Wijen atau Wars merupakan tumbuhan yang berasal dari Afrika Khatulistiwa yang berada pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Tumbuhan wijen saat ini sudah banya tersebar, bahkan telah sampai di Indonesia. Giji wijen biasanya diolah menjadi penyedap bumbu, ekstrak wijen atau dijadikan sebagai pemanis hidangan berbentuk roti atau kudapan.
Menurut ilmu medis modern, biji wijen mengandung kalsium tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, wijen mengnadung asam amino esensial yang baik serta mengandung vitamin B.

Manfaat Biji Wijen.
  • Pereda Nyeri.
Pada zaman Rasulullah SAW, biji wijen pun sudah dikenal bahkan dijadikan obat untuk beberapa gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini.

Dari Zaid bin Arqam, Rasulullah Muhammad SAW pernah menggambarkan tentang minyak zaitun, wars atau wijen sebagai obat sakit pinggang.
(HR. At-Tirmidzi).

Qatadah menjelaskan, lebih rinci apa yang dimaksudkan dalam hadits tersebut.
"Diusapkan kepada penderita sakit pinggang dari arah yang sakit."

  • Mencerahkan Wajah.
Selain untuk meredakan sakit pinggang, biji wijen ternyata sangat ampuh untuk mengembalikan kecantikan wajah. Dalam buku metode pengobatan Nabi, BAB MANFAAT WIJEN, dijelaskan bahwa ada hadits shahih yang menjelaskan bahwa di zaman Rasulullah SAW, para wanita biasanya berhenti beraktivitas ibadah selama 40 hari ketika nifas.

Bahkan diantara para wanita itu, menggunakan wijen sebagai masker di wajahnya karena berwarna merah kehitaman. Dengan menggunakan wijen diharapkan mampu mengembalikan kecantikan wajah para wanita yang sedang nifas tersebut. Kulit wajah yang merah kehitaman dapat pulih setelah dimasker rutin menggunakan biji wijen yang diolah.

  • Baik untuk Kulit.
Tanaman wijen tumbuh baik di daerah panas. Kualitas terbaik dari biji wijen berciri warna merah, lebut di tangan dan memiliki sedikit gabah.

Wijen juga berguna untuk mengatasi beberapa gangguan kulit seperti gatal-gatal, eksim, panu,urap dan jerawat di permukaan kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan biji wijen setelah dihaluskan.

Roti Ganjel Rel Berperan Dalam Tradisi Semarang



Percaya tak percaya roti yang satu ini selalu menjadi incaran bahkan rebutan masyarakat Semarang. Yakni Tradisi Dugderan.

Tradisi ini diselenggarakan sehari sebelum puasa untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan 1433 H. Kue "ganjel rel" adalah simbol tak ada gangguan. Maksudnya, dengan memakan kue ini, pelaksanaan puasa tidak ada ganjalan sehingga pikiran jernih dan tenang. Kue khas Kota Semarang ini berbentuk kotak berwarna coklat bertabur wijen yang cukup melegenda. Sedangkan air khatam Alquran adalah air yang dipecayai warga bisa memberi keberkahan.


Ini dia bukti kecintaan masyarakat Semarang terhadap makanan khas yang ada di daerahnya. Selain legit, manis dan enak, roti ganjel rel menjadi salah satu roti yang wajib ada di salah satu tradisi di kota Semarang.
Bagikan Artikel Ini :

7 komentar:

  1. weaaah..baru tau ada kue ini, musti nyobain kalo ke Semarang ni

    BalasHapus
  2. Wah salut deh mbak.. kayaknya nie pejuang banget.. tiap ada kontes ato lomba diikuti..

    BalasHapus
  3. Salam Kenal...
    Terimakasih atas liputan anda tentang ganjel rel.
    Kebetulan kami adalah si pembuat kue itu. Tiap menjelang Romadhon, Takmir Masjid Agung Semarang selalu menyediakan lebih dari 5000 potong untuk dibagikan kepada warga Semarang.
    Insya Allah kami akan praktekkan pembuatan kue itu di kawasan kota lama Tgl 21 & 22 September 2013.
    yuk rame-rame menjaga tradisi !!
    :D

    BalasHapus
  4. makasih gan buat infonya dan salam sukses

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger