Home » » TIPS KULIAH TANPA BIAYA GRATIS

TIPS KULIAH TANPA BIAYA GRATIS

Written By Planet Pengetahuan on Rabu, 09 Mei 2012 | 5/09/2012 11:40:00 PM


KIAT PRAKTIS MENGATASI MASALAH UANG KULIAH

Solusi yang paling sering dilakukan berkaitan dengan kesulitan uang kuliah adalah dengan mencari beasiswa. Tapi masalahnya, kadang banyak mahasiswa atau calon mahasiswa yang belum mengetahui informasi tentang seluk beluk beasiswa ini. Ada banyak lembaga baik pemerintah maupun swasta jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan- yang memberikan beasiswa, yaitu antara lain :
  1. Beasiswa dari perguruan tinggi tempat kuliah. Biasanya di setiap perguruan tinggi ada anggaran khusus untuk beasiswa. Beasiswa yang berasal dari perguruan tinggi ini biasanya ada tiga macam, yaitu beasiswa berprestasi, beasiswa aktifis dan beasiswa kurang mampu.
  2. Beasiswa dari lembaga pemerintah. Lembaga pemerintah yang setiap tahun mengeluarkan beasiswa diantaranya adalah Departemen Pendidikan Nasional (Diknas) dan Departemen Agama (Depag). Hal ini bisa dipahami karena kedua departemen ini mengurusi masalah pendidikan. Kuota/jatah beasiswa yang disediakan biasanya cukup banyak sehingga diharapkan banyak mahasiswa yang terbantu. Selain itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) biasanya menyediakan anggaran untuk beasiswa.
  3. Beasiswa dari lembaga atau yayasan swasta. Selain dari instansi pemerintah, beasiswa juga banyak diberikan oleh lembaga atau yayasan swasta. Lembaga-lembaga pemberi beasiswa ini umumnya memberikan beasiswa melalui perguruan tinggi. Namun ada juga lembaga pemberi beasiswa yang menyalurkan beasiswanya langsung kepada mahasiswa tanpa melalui perantara perguruan tinggi. Lembaga pemberi beasiswa ini jumlahnya mencapai ratusan.
  4. Beasiswa Non Formal. Beasiswa ini biasanya berasal dari individu yang dermawan. Beasiswa atau bantuan studi dalam bentuk ini sangat bergantung pada keaktifan mahasiswa menjalin hubungan yang baik dengan pihak lain.
Penulis, A. Furqon, adalah dosen salah satu perguruan tinggi
terkemuka di Jakarta.
Penulis dapat dihubungi di
email : apikpublishing@gmail.com

Tambahan dari Admin Blog. Untuk para siswa dan siswi yang baru lulus dari SMA / SMK dan ingin melanjutkan kuliah namun tidak ada biaya, bisa mnedaftarkan diri melalui Program pemerintah yakni BIDIK MISI. Ini adalah salah satu program beasiswa prestasi untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia.

INFORMASI TERBARU LOWONGAN KERJA 2012, INFORMASI BEASISWA 2012, INFORMASI PELUANG USAHA, BISNIS ONLINE TERPERCAYA
Bagikan Artikel Ini :

1 komentar:

  1. Program yang sangat Profitable. Karena ada 3 keuntungan yang anda dapatkan jika join di Program PowerProfit!
    - Menghasilkan Profit PASTI hingga 150% selama 84 hari
    - Biaya Beli Posisi Rp.50.000,- murah dan terjangkau!
    - Adanya Fitur WiNaSYS membuat WisBux berumur panjang
    - Adanya Posisi Matrix yang profitnya hingga 300%
    DAFTAR GRATIS DAN DAPATKAN 50.000 secara cuma2
    http://www.wisbux.com/index.php?ref=jiwayangbahagia

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger