Home » , , » SUARA RAKYAT : MENDAMBAKAN JAKARTA YANG AMAN DAN NYAMAN

SUARA RAKYAT : MENDAMBAKAN JAKARTA YANG AMAN DAN NYAMAN

Written By Planet Pengetahuan on Senin, 30 Juli 2012 | 7/30/2012 11:32:00 AM


“Jakarta” siapa sih yang gak tahu kota yang satu ini? Kota yang merupakan jantung negara Indonesia ini sekarang di kenal sebagai kota metropolitan. Dapat kita lihat bagaimana kondisi ibukota Indonesia ini sekarang. Kemacetan yang terjadi, Tindak kriminal yang sering di lakukan, populasi yang semakin tidak terkendali bahkan hukum yang bisa dibeli. Semua itu menghiasi aktifitas sehari-hari kota padat penduduk ini.

Banyak sekali yang mendambakan Jakarta yang aman dan nyaman. Perlu dilakukan pembenahan besar untuk mengatasi semua masalah yang terjadi di kota ini. Mulai pembenahan infrastruktur kota hingga hukum yang ada. Tahukah Anda Bahwa Jakarta masuk ke dalam 10 kota paling dibenci di dunia? Bisa langsung di baca di Tempo.co bahwa Jakarta menempati posisi ke 7.

Berikut ini 10 masalah kota Jakarta yang harus segera di benahi

1.       Kemacetan lalu lintas
Sumber : www.google.com
Salah satu artikel di Tempo.co juga mengangkat masalah yang satu ini. Langsung saja baca di Tempo.co yang berjudul NKOTBSB tentang Jakarta yang Macet
Ya, macet. Siapa yang tidak tahu masalah Jakarta yang satu ini? Banyak orang yang menghabiskan waktu di tengah-tengah kemacetan kota ini. Tak jarang semua proses bisnis dan produksi semakin menurun akibat adanya masalah yang satu ini. Memang telah dilakukan beberapa upaya untuk mengatasi masalah ini, misalnya dengan adanya Busway. Tapi bisa kita lihat sendiri bukan bagaimana hasilnya?
Walaupun sebagian penduduk sudah mau beralih alat transportasi dengan menggunakan busway, namun kemacetan tetap tidak bisa dihindarkan. Pertumbuhan kepemilikan sepeda motor dan mobil yang setiap tahun meningkat, menjadi salah satu penyebab masalah yang satu ini.
Langkah kedua yang telah di coba oleh pemerintah adalah dengan dibuatnya kereta api listrik. Alat transportasi yang satu ini sempat menjadi incaran para penduduk. Selain anti macet, juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menempuh jarak tertentu. Namun ada solusi ada lagi masalah yang ditimbulkan. Kereta api listrik ini sering mengalami gangguan. Mulai dari kerusakan di kabel listriknya hingga tidak mampu memuat jumlah penumpang sehingga sering terjadi pembludakan hingga ada yang naik ke atas gerbong. Bukankah ini hal yang sangat berbahaya?

2.       Populasi yang semakin tidak terkendali
Dapat kita lihat sekarang, seberapa padat kota Jakarta ini. Banyaknya jumlah pendatang setiap tahun membuat Jakarta tidak mampu menampung seluruh penduduk yang ada. Banyaknya bangunan liar menjadi salah satu akibat yang timbul karena masalah yang satu ini. Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi hal ini. Misalnya saja dengan melakukan razia penduduk pendatang ini.

3.       Tindak kriminal yang marak terjadi
Ini yang menjadi masalah yang membuat tinggal di kota Jakarta menjadi tidak aman. Banyaknya tindak kriminalitas yang terjadi menyebabkan penduduk tidak nyaman. Banyak terjadi pencurian, perampokan, pemerkosaan, dan masih banyak lagi. Bukannya tidak ada cara yang dilakukan untuk mengatasinya. Namun terlalu banyaknya tindak kriminal membuat pemerintah terkesan lambat dalam menanganinya.

4.       Kasus suap yang banyak terjadi
Kasus suap yang terjadi dapat sering kita lihat di televisi. Bahkan saat ini pun kasus ini masih hangat diperbincangkan. Dari satu tersangka, menjadi 2 tersangka, dan merambat seterusnya. Benar-benar membuat penduduk resah.

5.       Penerapan hukum yang bisa dijual beli
Untuk masalah yang satu ini, tidak usah jauh-jauh. “Asal ada uang, hukum tidak berlaku”. Benarkah kata-kata ini? Bagi kalangan yang berduit dan terjerat masalah hukum, sepertinya mereka tenang-tenang saja. Berbeda dengan rakyat kecil yang terkesan seperti disisihkan.

6.       Banjir
Bencana tahunan yang sering menimpa kota Jakarta. Apalagi disaat musim hujan. Hampir seluruh Jakarta tergenang banjir. Banyak penduduk yang terpaksa mengungsi dan tidak beraktivitas seperti biasa dikarenakan masalah yang satu ini. Pembuangan sampah di sungai menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana ini. Hampir di setiap hilir sungai dapat dengan mudah ditemukan sampah. Salah satu contoh bencana banjir yang dialami oleh Kampung Pulo

7.       Banyaknya pengangguran dan anak jalanan
Jumlah pengangguran, anak jalanan dan pengemis makin banyak. Ini semua disebabkan banyaknya pendatang yang mau beradu nasib di kota besar ini. Namun, lowongan pekerjaan dan pemukiman yang tidak memadai untuk menampung mereka menjadi salah satu penyebab masalah yang satu ini. Ya memang semua masalah saling berhubungan. Ada sebab dan ada akibat.

8.       Bangunan ilegal
Ini juga merupakan salah satu dampak dari banyaknya pendatang ke Jakarta. Di sepanjang perlintasan kereta api menjadi tempat pemukiman, di bawah jembatan hingga di sekitar aliran sungai. Benar-benar membuat pemandangan kota Jakarta menjadi terkesan semrawut.

9.       Kasus korupsi
Sebenarnya bukan hanya di Jakarta untuk masalah yang satuini. Namun untuk mewujudkan kota Jakarta yang aman dan nyaman, masalah ini memang perlu penanganan serius dari berbagai kalangan. Ini penyebab banyak anak putus sekolah karena hak yang semestinya untuk orang lain dimakan oleh pihak tertentu.

10.   Infrastruktur kota
Berbicara tentang Infrastruktur kota tidak terlepas dari poin-poin sebelumnya. Semoga kelak Jakarta menjadi kota yang indah. Mnjadi cermin sebuah ibukota dari negara tercinta kita.

Untuk menangani semua masalah di atas, tidak cukup hanya dari satu pihak saja yaitu pemerintah. Namun, masyarakat juga harus aktif berpartisipasi untuk menangani masalah ini. Pemerintah memerlukan dukungan dari masyarakat begitu pula sebaiknya. Jika hanya dari satu pihak saja,saya rasa sampai kapanpun berbagai persoalan yang terjadi di Ibukota ini akan tetap ada.

Kali ini Jakarta sedang berusaha melakukan pembenahan besar yakni dengan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru. Semua berharap banyak agar Gubernur yang baru dapat mengatasi hal-hal di atas. 

Ini salah satu hasil pemilu 5-11 April 2012
www.PoliticaWave.com
Bagi yang ingin melihat lebih detail tentang perolehan hasil di PoliticaWave. Data hasil bisa langsung di download disini. Mulai dari awal hingga akhir, PolicaWave menyediakan informasi seputar pemilu yang selalu di update. Silahkan langsung Download informasi terkini tentang Pemilu di Jakarta.

Bagikan Artikel Ini :

45 komentar:

  1. jakarta meng jadi pusat 7an smua orang, padahal d dlam nya pnuh dngan 1000 mcam ancaman yg mengintai, N tank dah brkunjung ke blog Q, blog U jga keran

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksih... semoga gubernur yang baru dapat mengubah jakarta menjadi aman dan nyaman. ^^

      Hapus
  2. semoga adanya gubernur baru bisa berubah

    BalasHapus
  3. semoga gubernur terpilih benar-benar mengikuti suara rakyat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin... semoga harapan rakyat terpenuhi...

      Hapus
  4. Siapapun yg terpilih menjadi gubernur DKI nantinya setidaknya bisa membawa perubahan di atas, walau melakukan itu semuah bukan perkara mudah paling tidak permasalahan yg ada sedikit terselesaika wala dgn secara bertahap

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget cik... ^^ berharap ibukota negara kita menjadi kota yang aman dan nyaman...

      Hapus
  5. Itulah Jakarta, kota yg memiliki sejuta masalah, bukan kota Jakarta kalo gk macet.
    Sbnernya bkn hnya Jakarta saja yg bermasalah, tp Indonesia jg bermasalah.
    Karena masih bnyk pengangguran, bnyk koruptor, dan segudang mslh yg dimiliki Indonesia.

    BalasHapus
  6. Jakarta yg jauh dr angan-angan saya kali pertama menjejak di JKt. Smemoga pemimpin yg terplih bisa membawa angin segar bagi jakarta

    BalasHapus
  7. waw....itulah Jakarte...penuh dengan berbagai........heheheh
    salam kenal,sambil berbahi G+ :)

    BalasHapus
  8. yang macet bisa ko di atasi kalau pemerintah mau tegas. kaya naikin harga bbm setinggi tingginya biar pada beralih ke moda yang lain, dan juga perbaiki dulu transportasinya. klo perlu bikin kreta dalam kota juga bisa, kaya di luar negri tu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha bener juga tu,, mungkin bisa jadi masukkan buat pemerintah^^ harus tegas

      Hapus
  9. . . wachhhhhhhhhhhhhhhhhh,, aq bukan warga jakarta. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha ndak papa kan buat ibukota negara kita...

      Hapus
  10. wahhh, walau saya bukan warga jakarta, tapi tolong lah,,,
    saya pengen banget bisa liat jakarta bisa lebih baik lagi dan lebih maju... seperti TOKYO

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,, jadi kota yang disiplin, banyak tempat dan ruang untuk pejalan kaki, wah pasti nyenengin ya?? ^^

      Hapus
  11. moga harapannya tercapai yee

    BalasHapus
  12. wah mantab share Sis....
    semoga kota jakarta menjadi kota yang diharapkan ya... dan tidak hanya kota jakarta aja, tetapi seluruh kota di indonesia tentunya... amin..

    Salam Blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,,, mksh ya ^^ salam blogger...

      Hapus
  13. Saya kurang tidak tahu banyak tentang detailnya Jakarta.
    Tapi memang dari dulu begitulah gambarannya, seperti yang mbak jelaskan dalam postingan ini.
    Semoga Jakarta semakin jaya ke depannya.
    macetnya ini loooh..
    hehehe

    Pernah hampir ketinggalan pesawat gegara macet di tol :)

    Semoga suatu hari bisa mengunjungi Jakarta lagi.

    Salam dari anak Sumut, Medan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih nih ya komentarnya, sekarang saya mulai mengerti bagaimana Jakarta di mata para blogger..semoga Gubernur yang baru mampu mengatasi 10 poin permasalahn yang terjadi di Jakarta jadi Jakarta bisa menjadi kota yang aman dan nyaman. aamiin

      Hapus
  14. fenomena seperti ini memang menjadi suatu fenomena yang bisa dikatakan wajar dan biasa terjadi di kota-kota besar di negara indonesia tercinta,,,,

    kemacetan yang tidak terkendali karena banyaknya penduduk yang menurut saya terlalu egois terutama penduduk kalangan menengah ke atas, karena faktor utama yang menyebabkan macet pastinya roda 4..

    seandainya saja mereka tidak egois dan rela menyimpan kendaraan mewahnya dan beralih ke roda 2 atau bahkan sepeda, maka kemacetan pati akan menurun..

    sedangkan untuk populasi yang tidak terkendali, ya betul sekali mbak.. imigran adalah penyebab utamanya yang mengadu nasib di ibukota..

    maaf komentarnya kepanjangan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe iya ndak papa... saya malah berterima kasih jadi mulai ada pandangan nih... ^^ bener ndak sih penduduk pendatang ini di sebut imigran? saya masih ragu buat sebutan ini. hehehe nanti cari di google ah... mksh ya atas komentarnya.

      Hapus
  15. sebagai warga negara indonesia, saya mendo'akan semoga masalah2 yang ada dikota ibu kota indonesia yakni kota jakarta bisa cepat2 dbenahi dan terselaikan.. aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,, semoga doa kita semua bisa dikabulkan ^^, jangan sampai Jakarta lumpuh hanya karena salah satu masalah di atas. Banyak yang berharap kepada Gubernur Jakarta yang baru..

      Hapus
  16. Jakarta-jakarta gak ada habis-habis nya kalo ngomongin kota yang satu ini.....siapapun pemimpinnya kota jakarta....yang penting salam kenal sob....bahagia itu indah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe salam kenal juga ya ^^

      Hapus
  17. Jakarta .....Jakarta ...kasian siapun yang akan memimmpin jakarta akan mendapat beban tugas yang sangat berat ...nice info :D

    BalasHapus
  18. Kalau ngurus orang banyak rada susah sih.. Jakarta terlalu padat mungkin masalahnya bukan hanya mengurusi Jakarta tapi bagaimana membuat daerah di luar Jakarta bisa menarik seperti Jakarta sehingga tidak banyak penduduk yang ingin pindah ke Jakarta dan bahkan sebaliknya membuat orang Jakarta pindah ke daerah lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini saran yang bagus,,, saya bener2 gak kepikiran,,, bener juga ya? mungkin dengan menjadikan kota-kota lain menjadi indah seperti Jakarta (dulu) apalagi dalam hal lapangan kerja mungkin akan sedikit demi sedikit mengatasi masalah-masalah yang ada. Bener2 ide yang bagus... ^^.. andai saja ada pemerintah yang membaca saran ini... ^^

      Hapus
  19. sebaiknya memang seperti itu, jakarta sebagai ibukota negara mestinya aman sobat dan tentunya nyaman untuk warganya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget hehehehehe... semoga pemimpin yang baru mampu membuat Jakarta menjadi aman dan nyaman

      Hapus
  20. Saya pernah beberapa kali ke Jakarta, perkembangan sangat cepat. bahkan saya sudah lupa jalan2 yang 2 tahun pernah aku lewati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,sebuah perkembangan bear dan sangat pesat sekali, apalagi sama jumlah penduduknya...

      Hapus
  21. BTW ini orang Semarang ape orang Jakarte ya?, ... tapi salud artikelnya bagus banget, bakat jadi jurnalis nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya asli semarang hehehehehe ^^

      Hapus
  22. @ asis sugianto : hehehehe iyaps... maaf ya bales nya ndak langsung di bawah komen sobat,,, lagi agak eror jaringan internetnya ^^

    BalasHapus
  23. Yah begitulah banyak pengaharapan terhadap ibukota... mang sekejam-kejamnya ibu tiri tidak lebih kejam ibukota.. moga kedepannya makin baik ...lam kenal yaa..

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger