Home » » Jangan Pernah Berprasangka Buruk

Jangan Pernah Berprasangka Buruk

Written By Planet Pengetahuan on Minggu, 12 Agustus 2012 | 8/12/2012 05:37:00 PM

Ada sebuah kisah antara Supir Bajaj, Penumpang sebut saya Bu Rani, dan pengemis laki-laki. 

Ketika Bu Reni turun dari Bajaj, ia hendak membayar kepada sang supir. Tiba-tiba  muncul seorang pengemis yang usianya mungkin kepala 4. Ia meminta sedekah kepada sang supir. Sang supirpun menggelengkan kepalanya.  Kemudian  pengemis meminta kepada Bu Rani. Bu Rani langsung memberikan sedekah kepada pengemis tersebut. Setelah pengemis pergi agak jauh kemudian
Bu Rani : "Pelit amat sih bang? Buat ngasih sedekah aja gak mau? Dasar!" 
Sang supir hanya diam. Kemudian Bu rani memberikan Rp 100.000,- kepada sang supir.

"Wah besar banget sih bu? Gak ada yang lebih kecil? Saya baru narik. Gak ada kembaliannya bu" ucap sang supir lirih.
"Usaha donk! Lihat tadi pengemis aja mau usaha minta-minta kok. Abang malah gak mau. Tuker sana ke warung!" bentak Bu Rani

Sang supirpun turun dari Bajaj dengan tertatih-tatih sambil membawa tongkat. Betapa terkejutnya BuRani melihat sang supir tidak memiliki kaki. Bu Rani menyesal, pengemis yang tadi memiliki badan yang lengkap dan normal malah hanya meminta-minta dan tak mau bekerja. Berbeda dengan supir bajaj yang walaupun cacat namun masih mau berusaha bekerja.

Setelah memberikan uang kembalian, Bu Rani langsung memberikan sembako yang ada di tangannya kepada pak supir bajaj. "Ini pak, semoga bermanfaat buat keluuarga di rumah, saya juga minta maaf atas ucapan saya tadi" kata Bu Rani dengan nada lembut.
"Alhamdulillah, tidak apa-apa bu." kata sang supir sambil tersenyum.
Ketika bajaj telah pergi, Bu Rani mendengar di belakangnya ada ibu-ibu berteriak maling. Ternyata pengemis yang tadi ia temui adalah seorang pencuri.

Jadi pelajaran apakah yang dapat sobat petik dari cerita di atas? Semoga bermanfaat ^^
Bagikan Artikel Ini :

12 komentar:

  1. jangan menilai seseorang dari tampilan luarnya saja

    BalasHapus
  2. tapi nilai jiga dari dompetnya.... :D

    BalasHapus
  3. jika jiwa ini penuh nur cahaya-Nya
    Maka hati akan jernih..
    bening dalam iman..
    raga kian berseri..
    bahagia pun terasa dalam Islam..
    fikiran pun kan bersih..
    bijaksana dalam ihsan..
    Hingga sikap kembali berarti..
    alhasil hatinya selalu berbaik sangka pada siapapun.. :)

    met berbuka yah..:)

    BalasHapus
  4. pelajaran yg saya dapat, kalau nggak tau mending bertanya dulu biar gak salah paham

    BalasHapus
  5. positive thinking...oh iya tombol scrol nya dah di update sis, dicobain deh, mampir ya sis. . .

    BalasHapus
  6. Bener karna orang yang mukanya serem juga nga pasti buruk aja kelakuannya kunjung balik ya ^^

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar demi kemajuan blog ini. Komentar Anda akan sangat bermanfaat bagi Planet Pengetahuan. Terima Kasih.

Entri Populer

 
Support : Planet Pengetahuan | ADRPro | Planet Pengetahuan
Copyright © 2013. PLANET PENGETAHUAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Planet Pengetahuan
Proudly powered by Blogger